Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dewa Kipas dan Perkembangan Teknologi Catur

dewa kipas dan perkembangan teknologi catur, perkembangan teknologi catur, catur, teknologi catur, kecerdasan buatan teknologi catur, teknologi komputer catur
Ilustrasi bermain catur. (Unsplash.com/Jeshoots.com)

Polemik Dewa Kipas telah membuat catur jadi isu santer di Indonesia. Catur tak pernah jadi topik semeriah ini. Muasal semua kemeriahan tersebut bisa ditelusur dari teknologi yang membuat akun Dewa Kipas viral. Teknologi itu adalah catur daring. Dewa Kipas jadi polemik setelah mengalahkan pecatur dari Amerika Serikat bernama GothamChess dan akunnya dihapus oleh platform main catur Chess.com yang menuduhnya telah bermain secara curang.

Satu orang yang perlu mendapat pujian karena memeriahkan catur ini adalah Deddy Corbuzier. Lewat tayangan di saluran YouTubenya, polemik Dewa Kipas menjadi topik yang menghujani seluruh Nusantara. Bahkan dalam salah satu tayangan itu, Deddy mengklaim telah terjadi lonjakan penjualan papan catur di pasar daring.

Tapi bagaimana sebenarnya teknologi catur ini berkembang dari mulai papan catur hingga menjadi catur di komputer? Bahkan ketika dunia internet menggila, catur komputer juga merambah menjadi permainan antar individu lintas benua secara daring dan muncul banyak sekali aplikasi catur yang digemari?

Berikut ini teknolemper.com mencoba untuk mengungkap perkembangan teknologi catur, sejak dari catur komputer ditemukan hingga kemudian menjalar lewat internet yang membuat orang beda benua bisa saling tanding secara daring.

Sejarah singkat permainan catur

teknologi catur, perkembangan teknologi catur, penemu catur, sejarah permainan catur, catur timurlenk
Catur Timurlenk yang jauh lebih kompleks dan rumit. (history.chess.free.fr)

Catur adalah permainan lama. Bahkan bisa disebut sebagai permainan arkais. Asal-usulnya tidak begitu jelas tapi diketahui mulai digunakan di India pada abad ke-7 Masehi. Dari India, catur kemudian menyebar ke Persia.

Ketika Islam muncul dan menyebarkan wilayah kekuasaannya, Persia menjadi salah satu daerah yang ditaklukkan. Budaya catur itu kemudian merasuk dalam dunia Muslim dan menjadi salah satu permainan favorit para sultan dan kaum ningrat.

Sejarah perkembangan Islam yang legendaris dan telah mengubah dunia menjadi maju dan berinteraksi dengan peradaban Eropa. Interaksi itu lintas bidang, dari mulai adu kebencian melalui perang atau lewat perdagangan, pendidikan dan pertukaran budaya. Catur kemudian dikenal Eropa Selatan lewat interaksi tersebut. Dari Eropa Selatan kemudian menyebar ke seluruh Eropa. Catur jadi bentuknya seperti saat ini mulai terjadi pada abad ke-15 di benua Eropa.

Apakah catur pernah memiliki bentuk lain? Ya, tentu saja. Seorang pemimpin Muslim bernama Tamerlane atau Timurlenk bermain catur dengan bidak yang jauh lebih kompleks. Dengan jumlah bidak yang lebih banyak, tentu permainan catur Timurlenk juga jauh lebih rumit.

The Mechanical Turk

teknologi catur, the mechanical turk, perkembangan teknologi catur, mesin catur, catur, dewa kipas
Ilustrasi The Mechanical Turk karya Karl Gottlieb von Windisch (Wikimedia.org)

Inilah titik dimana sebuah mesin mekanis teknologi catur menjadi pemula. Teknologi catur tersebut dinamakan oleh The Mechanical Turk atau dalam bahasa Jerman Schachturke. Alat catur mekanis tersebut ditemukan oleh Wolfgang von Kempelen dari Hongaria.

Von Kempelen menemukan sebuah "robot" catur mekanis pada tahun 1770 dan menunjukkannya kepada Ratu Hongaria yang bernama Maria Theresa. Semua orang di kerajaan terkejut melihat mesin ciptaan Kempelen.

The Mechanical Turk adalah ukiran seorang pria dari kayu dengan pakaian oriental, duduk di belakang lemari besar dengan papan catur di atasnya. Kempelen mempertunjukkan mesin tersebut dalam penampilannya dengan membuka pintu lemari untuk menunjukkan kepada penonton mesin jam di dalamnya.

Setelah itu pintu ditutup, dan menggunakan sebuah kunci untuk memutar mesin. Seorang penonton kemudian akan maju dan duduk menghadap robot untuk bermain catur. Mesin dengan patung ukir kayu akan menggenggam bidak-bidak itu dan bergerak. Orang-orang yang melawan mesin itu mengakui The Mechanical Turk adalah lawan yang kuat dan mesin ciptaan Kempelen memenangkan sebagian besar permainan.

Mesin Kempelen dibawa keliling Eropa untuk dipertunjukkan kepada publik hingga tahun 1800an. Banyak spekulasi dari publik yang memikirkan bagaimana cara kerja mesin tersebut. Ada yang menilai mesin itu dimasuki roh jahat, atau ada monyet terlatih yang bersembunyi dan menggerakkan bidak.

Faktanya, itu adalah sebuah mesin yang cerdas dan di dalam lemari, memang ada seseorang yang mencatat gerakan bidak catur, dan menggunakan tuas untuk menggerakkan patung ukir kayu untuk melawan para penantang.

Banyak buku-buku terbit untuk menganalisis cara kerja The Mechanical Turk dan menggambarkan diagram cara penggunaannya. Tapi banyak pula dari analisa itu yang salah dan keliru. Faktanya, The Mechanical Turk telah menjadi sejarah teknologi mesin catur yang mengguncang pada saat itu.

Kecerdasan buatan Catur atau Chess Artificial Intelligence

Teknologi catur daring seperti saat ini adalah perkembangan luar biasa dari upaya merumuskan kecerdasan buatan sejak dahulu. Saat ini, teknologi catur telah berkembang dengan beragam, baik itu antara manusia melawan mesin atau manusia melawan manusia dengan menggunakan media mesin, seperti yang dilakukan oleh Dewa Kipas.

Lalu kapan kecerdasan buatan catur ini mulai dibuat?

Tentu saja sejak komputer diciptakan. Komputer dibuat pada Perang Dunia II ketika negara-negara saling bersaing untuk "membunuh" yang lainnya. Jerman membuat sebuah mesin pengirim pesan rahasia bernama Enigma dan Inggris selalu kalah telak. Kemudian Alan Turing dari Inggris membuat mesin untuk menerjemahkan Enigma sehingga bisa memecahkan kode rahasia tersebut.

Selain Alan Turin, ada juga ilmuwan dari Amerika Serikat bernama Von Neumann, dari Institute for Advanced Study di Princeton. Neumann telah membantu mengembangkan komputer elektronik (pertama ENIAC, kemudian MANIAC) yang digunakan untuk tujuan lain yang penting dalam upaya perang: menganalisis ledakan nuklir. Kecerdasan buatan yang "ditanam" dalam sebuah mesin kemudian menjadi senjata baru di dunia modern.

Berpijak dari komputer awal ciptaan ilmuwan Alan Turin, Von Neumann dan Claude Shannon yang mengembangkan komputer Turin, kemudian di Inggris ada sebuah perusahaan yang menciptakan teknologi komputer. Perusahaan tersebut bernama Ferranti. Perusahaan tersebut memproduksi komputer untuk komersial pertama di dunia bernama Ferranti Mark 1.

teknologi catur, komputer catur pertama, kamputer catur modern, penemu komputer catur, perkembangan teknologi komputer catur
Dietrich Prinz bersama dengan komputer caturnya (computerhistory.org)

Berdasarkan komputer Ferranti Mark 1, seorang Yahudi-Jerman yang melarikan diri ke Inggris bernama Dietrich Prinz, mengembangkan kecerdasan buatan bermain catur. Dietrich Prinz terinspirasi dari Turin dan mengembangkan catur komputer secara terbatas.

Maksud dari catur komputer secara terbatas adalah, permainan catur tidak bisa dilakukan secara penuh seperti bermain di papan catur luring konvensional. Program buatan Dietrich Prinz adalah dua langkah mati atau Mate-in-Two. Tapi dari Dietrich Prinz tersebut, Claude Shannon mengembangkan program catur lain dari para pendahulunya seperti Turin dan Von Neumann untuk menyempurnakannya dan terus berkembang hingga tahun 1980an.

Pertandingan catur di era ini pernah membuat publik terpana dengan mempertandingkan mesin catur Chess 4.7 yang dibuat oleh Larry Atkin dan David Slate. Mesin catur Chess 4.7 melawan David Levy, seorang pemeganggelar Master Catur Internasional. Mesin itu dibuat berdasarkan program yang dibuat oleh Shannon yang dikembangkan. Meski sempat menang, tapi Chess 4.7 kalah dari Levy.

"Curangnya" teknologi catur

Salah satu manusia cerdas dalam bidang catur adalah Garry Kasparov dari Rusia. Dia adalah seorang pemain catur handal dan memegang gelar Grandmaster catur internasional. Sebagai salah seorang yang sulit atau mustahil dikalahkan, Garry Kasparov ditantang oleh sebuah komputer buatan IBM yang bernama Deep Blue. Deep Blue adalah perkembangan kecerdasan buatan catur komputer yang luar biasa sekaligus kontroversial.

IBM mengeluarkan jutaan dolar AS untuk membuat superkomputer hanya untuk bermain catur dan menantang sang juara dunia. Gelaran tanding itu terjadi pada tahun 1996, di mana Kasparov berhasil memenangkan pertandingan tersebut.

Deep Blue disebut mampu menganalisis 100 juta langkah hanya dalam waktu satu detik. Faktanya, superkomputer itu dikalahkan oleh Kasparov. Usai pertandingan, Kasparov berkomentar, meskipun teknologi catur itu mampu mengimbanginya, tapi Kasparov bisa mendikte jalannya pertandingan. Kasparov menyebut Deep Blue tidak mengerti permainan posisional. Kasparov juga menyebutkan bahwa superkomputer buatan IBM itu memiliki kecerdasan aneh, tidak efisien dan tidak fleksibel.

Tim ilmuwan IBM yang membuat Deep Blue meradang. IBM akhirnya kembali menantang Kasparov untuk pertandingan ulang pada tahun 1997. Dalam superkomputer yang terbaru, kemampuan Deep Blue telah ditingkatkan dan disebut mampu menganalisis 200 juta langkah dalam satu detik. IBM menghabiskan dana 20 juta dolar Amerika dengan 30 prosesor dan 480 sirkuit terintegrasi yang dibuat hanya untuk bermain catur.

kasparov melawan ibm, teknologi catur ibm, superkomputer deep blue, komputer catur deep blue, komputer catur ibm
Kasparov meraih juara dunia catur pada tahun 1985. (Wikimedia.org)

Hari itu, pada 11 Maret 1997, akhirnya sang juara dunia Kasparov kalah dari Deep Blue. Tapi Kasparov menilai bahwa Deep Blue bermain curang karena bisa melangkah seperti cara berpikir manusiawi. Kasparov menilai bahwa Deep Blue juga digerakkan oleh seorang Grandmaster seperti dirinya, yang bergerak lincah layaknya manusia.

Kekalahan Kasparov menimbulkan beberapa analisis. Beberapa di antaranya adalah adanya bug yang membuat Deep Blue bertindak layaknya manusia. Tapi Miguel Illescas, salah satu pelatih Deep Blue mengatakan bahwa mesin IBM itu dirancang untuk membuat keputusan lambat hanya untuk langkah mudah, dan sebaliknya, membuat keputusan cepat untuk langkah yang sulit. Deep Blue juga dirancang untuk bergerak terserah meskipun itu melawan program.

Selain itu, IBM mengakui bahwa sebelum pertandingan, mereka mengganti penjaga yang bisa berbahasa Rusia di kamar hotel Kasparov sebelum bertanding, untuk menguping strategi yang bakal digunakan oleh Kasparov dan timnya. Dari informasi tersebut, tim IBM dapat mengubah program untuk mengantisipasi sebelum bertanding.

Lebih jauh, IBM mengatakan bahwa mereka benar-benar tidak melakukan kecurangan ketika Kasparov bertanding dengan Deep Blue. Pertandingan itu murni antara Kasparov melawan Deep Blue. Kasparov akhirnya menyampaikan permohonan maaf karena sudah menuduh Deep Blue curang. Tapi IBM setelah itu, mematikan Deep Blue dan tak lagi menghidupkan superkomputer tersebut.

Fakta lainnya adalah, selain IBM berhasil memenangkan pertandingan melawan Kasparov dengan Deep Blue, salah satu produsen komputer terbesar di dunia itu sahamnya mengalami lonjakan harga hanya dalam beberapa minggu setelah pertandingan itu terjadi. IBM memenangkan sekaligus dua pertandingan.

Saat ini, teknologi permainan catur telah berkembang pesat. Internet telah turut membuat permainan catur berkembang lintas benua. Satu orang di negara lain dapat bertanding secara real time dengan orang lain di benua lainnya. Berbagai aplikasi dan platform pertandingan catur juga banyak tersedia dan dimainkan baik itu oleh para amatir maupun oleh para Grandmaster.

Posting Komentar untuk "Dewa Kipas dan Perkembangan Teknologi Catur"