Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kini Bitcoin Dapat Digunakan untuk Beli Tesla

tesla dapat dibeli dengan bitcoin, beli tesla pakai bitcoin, mobil listrik tesla, tesla elon musk
Mobil listrik buatan Tesla. (Unsplash.com/Vlad Tchompalov)


CEO Tesla Elon Musk mengumumkan lewat media sosialnya bahwa kini pelanggan dapat membeli mobil Tesla dengan menggunakan cryptocurrency Bitcoin. Pengumuman mengejutkan itu dilakukan oleh Musk pada hari Rabu, 24 Maret 2021.

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dianggap mudah menguap. Nilai mata uang digital tersebut dinilai tidak tetap dan harganya berubah-ubah sepanjang waktu. Saat ini, Bitcoin dianggap sebagai cryptocurrency paling mahal. Satu Bitcoin dihargai mencapai 41 ribu euro atau setara dengan Rp701 juta.

Keputusan yang diumumkan oleh Elon Musk telah membuat banyak orang terkejut. Namun itu berarti bahwa kepercayaan terhadap cryptocurrency semakin meningkat di tengah banyak keraguan tentang mata uang digital tersebut.

Layanan pembelian Tesla dengan Bitcoin baru tersedia di Amerika Serikat

Nilai cryptocurrency khusus Bitcoin yang mudah naik dan mudah turun akan berimbas kepada harga cryptocurrency mobil. Meski begitu, secara jelas dan padat Elon Musk mengatakan bahwa pelanggannya kini dapat membelinya dengan cryptocurrency Bitcoin.

Elon Musk memberitahukan bahwa Tesla akan menjalankan perangkat lunak internal sendiri untuk menangani pembayaran Bitcoin. Peralatan itu akan berfungsi sebagai alat yang "mengoperasikan node Bitcoin secara langsung."

Node, dalam pengertian ini, adalah komputer yang memproses transaksi Bitcoin.

Melansir dari laman BBC, setelah pengumuman mengejutkan tersebut, harga Bitcoin langsung melesat naik.

Namun sementara ini pembelian mobil listrik Tesla dengan Bitcoin baru bisa dilakukan di Amerika Serikat. Fasilitas itu akan segera diluncurkan ke negara lain dalam beberapa bulan mendatang atau akhir tahun. Tidak disebutkan secara rinci negara mana yang akan segera mendapatkan fasilitas tersebut.

Kepercayaan terhadap cryptocurrency

Langkah yang dilakukan oleh Tesla tersebut, dengan membuat pelanggan dapat membeli mobil listrik canggih dengan Bitcoin akan membuat cryptocurrency semakin dipercaya. Melansir dari laman Sky News, wakil presiden di perusahaan riset cryptocurrency Messari yang bernama Eric Turner mengatakan "saya pikir kita akan melihat percepatan perusahaan yang ingin mengalokasikan ke Bitcoin sekarang, setelah Tesla membuat langkah pertama."

Komentar lainnya berasalah dari Daniel Ives, seorang analis di Wedbush. Melansir dari laman CNBC, ia mengatakan “ini adalah momen penting untuk Tesla dan untuk dunia kripto dengan Musk sekarang memotong pita merah pada transaksi Bitcoin dalam ekosistem Tesla yang lebih luas.”

Ives dan perusahaan riset cryptocurrency di mana ia bekerja telah memperkirakan kurang dari 5% transaksi akan melalui Bitcoin selama 12 hingga 18 bulan ke depan. Tapi langkah Tesla bisa membuat perkiraan tersebut bergerak lebih tinggi dari waktu ke waktu karena penerimaan kripto mulai meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

Mekanisme pembelian dengan Bitcoin membuat Tesla dapat mengambil keuntungan dalam perubahan harga

bitcoin digunakan beli tesla, tesla dapat dibeli dengan bitcoin, tesla beli bitcoin
Ilustrasi Bitcoin. (unsplash.com/Dmitry Demidko)

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa harga cryptocurrency selalu berubah-ubah dan tidak tetap. Karena itu, ada banyak pertanyaan mengenai mekanisme pembelian mobil Tesla dengan Bicoin tersebut.

Menurut laman The Verge, pelanggan yang akan membeli mobil Tesla memiliki opsi untuk memindai kode QR atau menyalin dan menempel alamat dompet Bitcoin untuk memulai pembayaran. Pelanggan yang memilih akan membayar nilai yang setara dalam Bitcoin dengan harga mobil.

Tesla memperkirakan bahwa setoran $ 100 yang dibayarkan hari ini sama dengan 0,00183659 BTC. Nilai itu akan dapat berubah seiring perubahan harga yang terjadi di Bitcoin. Karena itu, Tesla masih tetap menghargai mobilnya dengan dolar AS dan harga Bitcoin akan didasarkan pada nilai tukar dolar AS. Pelanggan yang melakukan pembelian dengan Bitcoin harus setara dengan nilai tukarnya pada saat dilakukan proses pembelian.

Tesla juga memiliki kebijakan pengembalian dana. Tesla memperingatkan pembeli bahwa jika mereka berusaha mengembalikan mobil listrik dan mendapatkan pengembalian dana, perusahaan dapat memilih untuk membayar mereka kembali dalam dolar AS atau Bitcoin. Tesla berhak untuk mengembalikan dana pelanggan dalam dolar AS dengan harga yang tepat untuk Bitcoin pada saat pembelian.

Ini akan memungkinkan Tesla mendapatkan keuntungan dari perubahan harga dalam cryptocurrency atau mata uang fiat.

Meski begitu, ada juga keraguan yang berkembang di antara para penggemar Bitcoin. Mereka ingin melihat ekosistem Bitcoin terus berkembang tetapi langkah Musk dinilai bisa membekukan ekosistem yang berkembang itu.

Melansir dari laman BBC, dalam upaya untuk meredakan ketakutan para penggemar Bitcoin Musk mengatakan bahwa "Bitcoin yang dibayarkan ke Tesla akan dipertahankan sebagai Bitcoin, tidak dikonversi ke mata uang fiat (yang dikendalikan pemerintah)."

Posting Komentar untuk "Kini Bitcoin Dapat Digunakan untuk Beli Tesla"