Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perumahan Ini Dibangun dengan Teknologi Printer 3D

teknologi printer 3d, perumahan, rumah, amerika serikat, mighty buildings, palari group, rumah dibangun printer 3d, teknologi
Ilustrasi (unsplash.com/Ralph (Ravi) Kayden)

Sudah sejak tahun 2000an yang lalu, bangun rumah dengan printer 3D sudah berkembang. Berbagai perusahaan rintisan melakukan terobosan dan inovasi. Bahkan makanan pun juga sudah melibatkan teknologi printer 3D. Kini, teknologi printer 3D bergerak dan berambisi untuk membuat perumahan. Semua rumah akan dibangun dengan teknologi printer 3D.

Perusahaan yang akan mewujudkan ambisi tersebut bernama Palari Group. Perusahaan tersebut bekerja sama dengan Mighty Buildings. Lokasi yang dijadikan perumahan yang dicetak dengan teknologi printer 3D berada di California Selatan, tepatnya di kota Rancho Mirage, Lembah Coachella.

Lokasi tersebut adalah sebuah gurun seluas lima hektar. Di sekitar lokasi yang akan mereka bangun sebagai perumahan, adalah wilayah komunitas kalangan atas. Kota tersebut dikenal sebagai "taman bermain para presiden" dan juga disebut sebagai salah satu pusat desain modern.

Siapa itu Mighty Buildings?

Hal pertama yang paling penting dalam proyek perumahan di mana rumahnya dibangun dengan teknologi printer 3D adalah Mighty Buildings. Perusahaan rintisan ini berbasis di Oakland, California. Perusahaan tersebut menggunakan gabungan teknologi konstruksi percetakan 3D, robotika dan otomatisasi.

Mighty Buildings didirikan pada Agustus 2017 oleh empat orang. Mereka adalah Slava Solonoitsyn, Dmitry Starodubtsev, Alexey Dubov, dan Sam Ruben. Mereka ingin memanfaatkan teknologi untuk menciptakan rumah yang indah, terjangkau, dan berkelanjutan menggunakan pencetakan 3D, robotika, dan otomatisasi.

Mighty Buildings dimulai di garasi seluas 733 meter persegi di Redwood City, California. Perusahaan terus berkembang mencapai 10X lebih besar dengan fasilitas produksi seluas 7.339 meter persegi di Oakland.

Pada bulan Februari yang lalu, Mighty Buildings berhasil mengumpulkan pendanaan seri B sebesar 40 juta dolar AS atau setara Rp576,6 miliar. Tahun 2028, Mighty Buildings berkomitmen mencapai Net-Zero karbon yang itu berarti mereka berkomitmen terhadap lingkungan yang bersih dan berkemajuan.

Kualitas rumah yang dibangun dengan teknologi printer 3D di perumahan seperti apa?

Palari Group dan Mighty Buildings telah memetakan rumah-rumah yang akan dibangun dengan teknologi printer 3D mereka. Rencananya, rumah itu akan dibangun dengan model satu lantai dan luasnya 134,7 meter persegi.

Rumah akan dicetak dari panel modular oleh Mighty Buildings di fasilitas Oakland lalu dirakit di lokasi pembangunan "seperti balok-balok Lego." Bahan yang dijadikan bangunan rumah adalah campuran komposit batu yang kuat, tahan api, tahan air dan anti rayap,

Rumah akan dibangun dengan tiga kamar tidur, dua kamar mandi dan kolam renang. Mighty Buildings juga bisa mencetak panel untuk rumah sekaligus membangun jalan, pondasi, dan memasang utilitas di lokasi perakitan.

Pembangunan rumah teknologi printer 3D sangat minim limbah

teknologi printer 3d, minim limbah, rumah 3d printer, teknologi printer 3d
Ilustrasi (Unsplash.com/Henry & co.)

Salah satu misi utama Mighty Buildings adalah pembangunan berkelanjutan yang itu termasuk memastikan untuk mengurangi emisi karbondioksida. Selain itu, mereka juga berusaha semaksimal mungkin meminimalisir jumlah limbah yang dihasilkan dari proses konstruksi.

Karena metode pembangunan yang serba dilakukan secara otomatisasi dan dengan bahan inovatif cetak teknologi printer 3D, mereka dapat meminimalisir limbah. Proses konstruksi dari Mighty Buildings disebut mampu mengurangi limbah hingga 99 persen.

CEO Palari Group yang bernama Basil Starr mengatakan "dalam konstruksi rangka kayu, ada limbah signifikan yang dihasilkan untuk rumah yang sedang dibangun. Dan dengan pencetakan 3D, ini adalah cara membangun yang revolusioner yang sepenuhnya menghilangkan pemborosan yang tidak perlu," katanya seperti dikutip dari CNN.

Fasilitas canggih yang ada di setiap rumah

Karena berambisi ramah lingkungan, setiap rumah dari perumahan yang ditawarkan oleh Palari Group dan Mighty Buildings akan sepenuhnya dilengkapi dengan fasilitas canggih. Jadi tidak hanya proses rumah yang dibangun dengan teknologi printer 3D canggih, tapi perlengkapan pendukungnya juga tak kalah canggih.

tesla powerwall, tesla, baterai dinding, teknologi baterai tesla, sinar surya, listrik sinar surya
Wikimedia.org/ Raysonho)

Rumah-rumah tersebut akan dilengkapi dengan tenaga surya. Mereka bekerja sama dengan Tesla Powerwall, sebuah teknologi baterai dinding penyimpan listrik yang didapat dari konversi sinar matahari.

Selain itu, rumah juga akan memiliki solusi kecerdasan kesehatan. Kualitas udara, air serta lampu sirkadian akan mengontrol solusi kesehatan dengan perangkat teknologi pintar. Khusus lampu sirkadian adalah lampu yang mengatur cahaya listrik sehingga dapat digunakan untuk mendukung kesehatan manusia dengan meminimalkan efek cahaya listrik pada ritme sirkadian manusia.

"Proyek ini bertujuan untuk meminimalkan dampak lingkungannya dan menawarkan rumah yang cerdas dan sehat kepada pembeli yang berpikiran berkelanjutan," kata Mighty Buildings seperti dikutip dari Business Insider.

Harga rumah yang ditawarkan

Dengan semua kecanggihan yang ditawarkan dan misi masa depan yang bertujuan ramah lingkungan, berapa harga rumah-rumah yang dicetak dengan teknologi printer 3D tersebut? Apakah mahal atau murah?

Mighty Buildings mengklaim bahwa tekonologi konstruksi yang mereka upayakan memiliki tingkat kecepatan pembangunan yang lebih cepat. Mereka juga mengklaim 40 persen lebih murah biaya yang harus dikeluarkan.

Namun berapa sesungguhnya harga yang kemudian ditawarkan oleh Palari Group, sang pengembang?

Sebagai perumahan di kota "taman bermain para presiden," harga yang ditawarkan oleh Palari Group untuk setiap rumah adalah 595.000 dolar AS atau setara Rp8,5 miliar. Jika pembeli berkeinginan untuk membangun tempat tinggal sekunder di sisa tanah, akan dikenakan biaya tambahan sebanyak 255.000 dolar AS atau setara Rp3,6 miliar.

Mungkin itu terlihat mahal tapi jika ditelisik lebih jauh, rata-rata rumah yang ditempati di Rancho Mirage adalah 825.738 dolar AS atau sekitar Rp11,8 miliar. Tentu saja harga yang ditawarkan oleh Palari Group tersebut harganya lebih murah tetapi lebih canggih dan lebih ramah lingkungan.

Posting Komentar untuk "Perumahan Ini Dibangun dengan Teknologi Printer 3D"