Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi Segera Buat Mobil Listrik

xiaomi buat mobil listrik, mobil listrik xiaomi, penampakan mobil listrik xiaomi, mobil listrik, xiaomi
Penampakan mobil listrik buatan Xiaomi (Gizmochina.com)

Produsen ponsel pintar Tiongkok, Xiaomi, serius akan mengembangkan dan membuat teknologi mobil listrik. Xiaomi akan berlomba dan bersaing dengan produsen teknologi mobil listrik lainnya seperti Tesla. Teknologi pasar mobil listrik akan semakin meriah dan persaingan akan semakin ketat dengan hadirnya Xiaomi sebagai kompetitor.

Xiaomi akan membuat teknologi mobil listriknya dengan bekerja sama dengan Great Wall Motors. Great Wall Motors sendiri adalah perusahaan automobile yang memiliki kantor pusat di Hebei. Perusahaan tersebut telah memiliki pabrik di luar Tiongkok dan tersebar seperti di Bulgaria, Ekuador, Iran, Senegal dan termasuk Indonesia.

Pada tahun 2020 lalu, Great Wall Motors mengutarakan niatnya untuk membeli General Motors India sebagai salah satu tujuan untuk mengembangkan produksi dan penjualan di negara tersebut. Belum jelas bagaimana perkembangan selanjutnya tentang keinginan tersebut.

Xiaomi buat mobil listrik merek sendiri

mobil listrik buatan xiaomi, xiaomi buat mobil listrik, mobil listrik xiaomi, mobil listrik, xiaomi
Salah satu produk ponsel pintar Xiaomi Redmi (Pixabay.com)

Xiaomi adalah salah satu produsen ponsel pintar terbesar di dunia. Keinginannya untuk membuat teknologi mobil listrik dan bekerja sama dengan Great Wall Motors tersebut dengan tujuan bahwa mereka akan membuat teknologi mobil listrik dengan merek Xiaomi sendiri.

Kabar kesepakatan antara Xiaomi dan Great Wall Motors dikabarkan oleh beberapa orang yang telah mengetahuinya. Akan tetapi narasumber itu tidak mau menyebutkan namanya karena menganggap tidak memiliki wewenang.

Dikabarkan, Great Wall Motors telah menawarkan layanan manufakturnya ke perusahaan lain, termasuk Xiaomi. Mereka juga akan memberikan konsultasi teknik untuk mempercepat proyek teknologi tersebut, misalnya dalam hal produksi mobil listrik.

Kedua perusahaan rencananya akan mengumumkan kemitraan itu dalam beberapa minggu mendatang. Namun ketika dimintai keterangan oleh Gadgets Now, Great Wall Motors menolak untuk memberikan komentarnya.

Xiaomi ingin produksi mobil listrik sejak lama

mobil listrik xiaomi, xiaomi buat mobil listrik, xiaomi mobil, mobil listrik
Mobil listrik buatan Tesla (unsplash.com)

Keinginan Xiaomi untuk membuat mobil listrik sebenarnya sudah lama. Kabar tersebut juga sudah tersebar namun sebelumnya hanya sebatas rumor belaka. Pada bulan Februari lalu, kabar yang sebelumnya rumor itu kemudian berkembang menjadi lebih pasti.

Melansir dari laman Global Times, media yang dikelola oleh pemerintah Komunis Tiongkok, keputusan Xiaomi untuk membuat teknologi mobil listrik dibuat setelah pertimbangan bertahun-tahun. Rencananya, produksi mobil listrik Xiaomi akan dipimpin oleh CEO perusahaan Lei Jun.

Pada tahun 2018 lalu, Xiaomi pernah meluncurkan proyek awal yang dijuluki "Mi Car". Xiaomi sudah mengeksplorasi pembuatan teknologi mobil listrik, dan Lei juga sudah dua kali mengunjungi pendiri Tesla Elon Musk pada 2013 karena tertarik untuk membuat mobil listrik.

Perusahaan juga telah melakukan investasi strategis pada pembuat mobil listrik Tiongkok, termasuk Xpeng Motor, yang mengirimkan 27.041 kendaraan pada tahun 2020. Nio, pembuat mobil listrik lokal lainnya, juga menerima investasi yang signifikan dari Lei.

Pada tahun 2017 yang lalu, laman resmi Xiaomi memamerkan bagaimana perusahaan pembuat ponsel itu ikut memberikan sponsor bagi start up mobil listrik domestik yang bernama Xiaopeng Motors. Xiaomi menampilkan di lamannya dengan produk crossover milik Xiaopeng.

Jadi, upaya Xiaomi yang ingin membuat mobil listriknya sendiri sebenarnya sudah lama. Tapi pada tahun 2021 ini perusahaan tersebut sepertinya menguatkan tekadnya dan akan semakin menjadikan pasar mobil listrik semakin ramai dan kompetitif.

Seiring dengan semakin kritisnya isu lingkungan, maka produk-produk yang ramah lingkungan semakin menarik. Para produsen mobil di dunia terus ditantang untuk mengalihkan jenis produksi mobil mereka menjadi yang ramah lingkungan, terutama dengan menggunakan tenaga listrik.

Tiongkok sendiri dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi salah satu pasar yang sangat potensial bagi penjualan mobil listrik. Perusahaan terkenal seperti Tesla dan Toyota telah banyak mengeruk untung dari penjualan mobil listriknya di Tiongkok. Pada tahun 2020 saja, Tesla membukukan penjualan yang naik dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya meski virus corona menyerang.

Dua jenis penampakan mobil bermerk Xiaomi Redmi Car

penampakan mobil listrik xiaomi, mobil listrik xiaomi, mobil listrik, xiaomi
Penampakan mobil listrik Xiaomi Redmi Car (Gizmochina.com)

Pada tahun 2019 lalu, kabar mobil yang bernama "Redmi" sudah tersebar di internet. Wajah mobil itu berupa kendaraan jenis SUV. Xiaomi juga memuatnya di laman resminya yang disebut bekerja sama dengan Bestune berdasarkan mobil SUV T77.

Meski berlabel Xiaomi, jangan terlalu berharap mobil tersebut sebuah mobil listrik. Mobil ini masih memakai mesin dengan sistem pembakaran konvensional, tanpa ada pilihan mesin berpenggerak elektrik. Xiaomi Redmi Car menawarkan harga yang terjangkau mulai dari Rp 189 jutaan dan yang termahal sekitar Rp 282 jutaan.

Wajah lainnya dari Xiami Redmi Car adalah mobil listriknya. Namun belum diketahui nama mobil tersebut. Tapi menurut Gizmochina, mobil itu berwarna putih yang terlihat seperti Tesla Model 3. Hingga saat ini belum ada informasi yang rinci mengenai informasi dari penampakan mobil tersebut.

Posting Komentar untuk "Xiaomi Segera Buat Mobil Listrik"