Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tank Terbaik dan Tercanggih di Dunia

Tank-tank terbaik dan tercanggih di dunia menjadi salah satu andalan dalam pertempuran. Perkembangan teknologi tank tersebut terus di-upgrade dengan berdasarkan tank Perang Dunia II. Berikut ini adalah daftar tank terbaik dan tercanggih di dunia saat ini.

daftar tank terbaik dan tercanggih di dunia, tank terbaik di dunia, tank tercanggih di dunia, tank terhebat di dunia, tank terbesar di dunia
Tank Leopard 2A6 milik Jerman (Wikipedia.org/US Army Europe-Markus Rauchenberger)


Tank adalah kendaraan tempur lapis baja. Rekam jejak kendaraan ini telah melegenda dalam peperangan. Banyak produk sudah dibuat dan mengukir prestasi di dalam pertempuran. Namun hanya ada beberapa yang dianggap terbaik.

Berikut ini tim dari Teknolemper.com melakukan pendataan terbaru dan membuat daftar tank-tank di dunia yang dapat disebut sebagai tank terbaik dan tercanggih.

Dalam daftar di bawah ini, tank yang dimasukkan ke dalam urutan adalah Main Battle Tank atau tank utama saja dan tidak memasukkan tank lain seperti tank pengangkut atau tank swa-gerak.

Leopard 2A7 Jerman

Dalam beberapa situs militer terkenal di dunia maya, nama tank Leopard 2A7 hampir selalu berada di urutan teratas. Tank ini adalah tank utama buatan Jerman. Kemampuan, kecanggihan dan ketangguhannya telah membuatnya masuk sebagai tank terbaik di dunia.

Tank Leopard 2A7 adalah hasil upgrade dari tank Leopard 2A6. Perbaikan atau penyempurnaan tank ini hingga jadi tank terbaik, terungkap pada tahun 2010 silam.

Krauss-Maffei yang bekerja sama dengan Angkatan Darat Jerman adalah dua pihak yang paling berjasa dalam industri teknologi kendaraan tempur lapis baja.

Perbaikan Leopard A27 dari berbagai segi. Salah satu perbaikan utama adalah tubuh tank yang mampu bertahan dari serangan RPG dan IED, sebuah bom improvisasi yang biasa ditanam di pingir jalan. Perbaikan pelindung tubuh tank ini sepertinya terbuat dari bahan nano-keramik baru serta titanium dan paduan baja modern.

Selain itu, moncong utama Leopard 2A7 menggunakan Smoothbore 120 mm dengan akurasi yang ditingkatkan. Tank ini dioperasikan empat orang awak dan bobot tank mencapai 67,5 ton.

T-14 Armata Rusia

Mungkin ada yang berpendapat tentang tank Challenger 2 Inggris atau tank M1A2 SEP Amerika dapat berada di urutan kedua setelah Leopard 2A7. Tapi menurut kami, T-14 Armata patut untuk menjadi lawan utama Leopard 2A7 Jerman yang dianggap terbaik dan tercanggih saat ini.

Kemunculan T-14 Armata menghebohkan dunia Barat. Tank ini hanya membutuhkan tiga personel untuk mengoperasikannya. Selain itu, moncong senjata utama menggunakan Smoothbore 125 mm, lebih tinggi dari pada milik Leopard yang terbaru.

T-14 Armata adalah desain baru dan benar-benar tank generasi baru hasil upgrade T-90. Tank ini dibuat oleh Uralvagonzavod untuk Angkatan Darat Rusia.

Kemampuan tank ini masih banyak dirahasiakan dan turet untuk moncong utama tank tidak diisi oleh awak seperti tank lainnya. Armata juga dilengkapi dengan sistem perlindungan aktif Afghanit, yang dapat mendeteksi roket dan rudal yang masuk dan menembak jatuh sebelum mereka mengenai tank.

Armata disebut memiliki banyak keunggulan di atas tank-tank terbaik milik NATO seperti Leopard Jerman, Abrams AS, atau Challenger Inggris. Meski begitu kabarnya beberapa Armata yang dikirim di Suriah memiliki banyak masalah.

Baca juga: Tiongkok Larang Mobil Tesla Parkir di Sekitar Fasilitas Militer

M1A2 SEP Amerika Serikat

Saat ini pemilik MBT atau tank tempur utama terbanyak di dunia adalah Rusia dengan jumlah hampir 13.000 buah. Amerika Serikat saat ini mencatatkan urutan kedua dengan jumlah MBT sebanyak 6.333 buah.

Tank andalan AS adalah M1A2 Abrams yang kemudian ditingkatkan menjadi M1A2 SEP. Sejauh ini ada sekitar 900 tank Abrams lama yang ditingkatkan menjadi M1A2 SEP dan rencananya akan melayani AS sampai tahun 2050.

Tank ini menjadi salah satu tank terbaik di dunia karena memiliki teknologi dan baju besi yang luar biasa tangguh. Baju baja miliknya dianggap memiliki tingkat perlindungan yang signifikan terhadap semua senjata anti-tank yang diketahui. Hal itu juga dapat menggunakan peralatan kontra-IED

Senjata utamanya adalah Smoothbore 120 mm dengan jarak aktif tembakan sekitar 4 km. AS belum mengekspor tank terbaik dan tercanggih ini.

Teknologi sistem manajemen medan perang digital juga ditanamkan. Peralatan tersebut memungkinkan komandan untuk melacak pasukan yang bersahabat dan bermusuhan di medan perang dalam waktu yang hampir realtime.

Challenger 2 Inggris

Challenger 2 dari Inggris disebut-sebut sebagai salah satu tank terbaik yang paling terlindungi. Baju besi yang disematkan di tubuhnya memiliki tingkat ketahanan kekerasan ekstrim, hasil dari riset sejak tahun 1960an.

Teknologi baju besi itu disebut sebagai Chobham dan pertama kali diterapkan pada tank Abrams, Challenger 1 dan Challenger 2.

Pelindung yang disebut Chobham armor ini terdiri dari campuran berbagai bahan yakni keramik murni, boron karbida, silikon karbida, alumunium oksida, alumunium nitrida, titanium borida dan berlian sintetis. Dengan teknologi baju pelindung campuran seperti itu, Challenger 2 memiliki bobot sampai dengan 2,5 ton.

Moncong yang dipasang di Challenger 2 memiliki ukuran 120 mm dan kecepatan tank Inggris tersebut mencapai kecepatan 56 km/jam. Dengan kecepatan itu, Challenger 2 terhitung lebih lambat dibandingkan dengan tank-tank yang diproduksi oleh Barat lainnya.

Sejauh ini, hanya ada dua negara yang menggunakan tank Challenger 2 yakni pasukan Inggris dan pasukan Oman. Tank ini pernah dikirim ke Irak dan memiliki ketangguhan saat berhadapan dengan tank usang T-55 milik Rusia.

Merkava Israel

Tank terbaik dan tercanggih selanjutnya adalah Merkava Mk.4 milik Israel. Tank ini juga menjadi salah satu tank di dunia yang seluruh tubuhnya terlindungi dengan bahan komposit tahan ledakan ekstrim.

Merian utama yang dibekalkan ke Mk.4 adalah meriam smoothbore 120 mm. Kecanggihan Merkava Mk.4 dilengkapi dengan sistem kontrol penembakan baru, yang mencakup beberapa fitur, salah satunya adalah kemungkinan tembakan tinggi terhadap helikopter yang terbang rendah menggunakan amunisi konvensional.

Varian dari tank Merkava Mk.4 ini adalah Merkava Mk.4 Meil ​​Ruach. Dia memiliki sistem proteksi yang disebut Trophy (APS). Konon, perlindungan proteksi tersebut mampu mencegat puluhan roket anti-tank, termasuk RPG-29 dan peluru kendali anti-tank, termasuk Kornet dan Metis-M.

Proteksi Trophy yang ada di Merkava Mk.4 pernah teruji ketika ditembak oleh rudal jarak dekat di Gaza dan tank tersebut dapat melindungi dirinya sehingga semua awak di dalamnya tetap selamat. Sistem proteksi dan kekuatan baju pelindungnya dianggap setara dengan M1 Abrams milik AS atau Challenger 2 milik Inggris.

Masih ada beberapa tank terbaik dan tercanggih lainnya di dunia. Beberapa di antaranya berasal dari Asia seperti buatan Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok. Ulasan mengenai tank terbaik dan tercanggih lainnya akan ditulis pada kesempatan mendatang.

Mungkin kamu tertarik: Kisah Tragis Pesawat Atlant, Raksasa Langit Soviet yang Pernah Ditakuti AS

Posting Komentar untuk "5 Tank Terbaik dan Tercanggih di Dunia"