Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inovasi Baterai Mobil Listrik, Ngecas Cuma Lima Menit

Baterai mobil listrik adalah solusi masa depan. Tapi lamanya waktu pengisian baterai telah jadi kendala fundamental. Karena itu diperlukan inovasi baru baterai mobil listrik yang dapat diisi secepat kilat, layaknya mobil konvensional mengisi bahan bakar bensinnya.

baterai mobil listrik, apa itu baterai mobil listrik, harga baterai mobil listrik, ngecas baterai mobil listrik, baterai mobil listrik ngecas super cepat, baterai mobil listrik tesla
Ilustrasi (Unsplash.com/Charlotte Stowe)

Mobil listrik telah menjadi salah satu solusi favorit untuk menangani polusi dari kendaraan berbahan bakar fosil. Karena itu, baterai mobil listrik terus menjadi isu penting sebagai penyimpan tenaga utama.

Kini ada perusahaan yang membuat inovasi baterai mobil listrik, dengan kecepatan pengisian daya yang super cepat. Perusahaan itu mengatakan ngecas baterai mobil listrik cuma butuh waktu lima menit.

Mobil listrik telah menjadi isu yang semakin populer ditengah kampanye pengurangan energi fosil. Selain itu, mobil listrik juga telah memberi citra tersendiri bagi pemiliknya karena rata-rata mobil listrik pasti dibekali sederet kecanggihan. Salah produk yang sukses di pasaran saat ini adalah mobil listrik Tesla.

Namun, baterai mobil listrik cenderung mahal. Hal itu pula yang menjadikan alasan utama mengapa mobil listrik seperti Tesla sampai saat ini harganya masih tinggi. Itu karena baterai mobil listrik adalah komponen utama yang menyimpan dan memberikan daya serta tenaga untuk kendaraan tersebut.

Apa itu baterai mobil listrik?

Baterai mobil listrik yang saat ini lazim digunakan adalah lithium-ion. Baterai tersebut memiliki kemampuan yang dapat diisi berulangkali. Selain itu, ukurannya juga besar karena digunakan untuk menyimpan banyak daya agar mobil dapat menjelajah lebih jauh.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat baterai mobil listrik itu mahal yakni kobalt, nikel, litium dan mangan. Untuk mendapatkannya butuh proses penambangan dan mengubahnya dengan cara rumit agar menjadi senyawa dengan kemurnian tinggi.

Karena komponen penyusunnya yang mahal dan rumit tersebut, harga baterai mobil listrik diperkirakan bisa mencapai sepertiga harga kendaraan.

Salah satu yang diandalkan dari kemampuan baterai adalah kapasitasnya. Tentu jika ingin melakukan perjalanan jauh, maka butuh daya yang besar. Tapi dengan daya besar, maka proses pengisian juga akan lama.

Berapa harga baterai mobil listrik?

Lalu jika memang harga baterai listrik itu dibuat dari bahan yang mahal, berapa harga baterai mobil listrik sebenarnya? Kita lihat saja contoh dari mobil listrik Tesla dan perkiraan harga dari baterai yang ada di dalamnya.

Melansir dari beberapa informasi, perkiraan harga baterai mobil listrik Tesla khususnya yang Model 3 adalah antara 3.000 dolar AS sampai 7.000 dolar AS atau setara Rp43,6 juta hingga Rp101,7 juta.

Namun misalnya satu paket baterai mobil listrik diganti, khususnya dalam hal ini Model 3, biaya yang dikeluarkan menurut perkiraan jauh lebih banyak lagi. Melansir dari Currentautomotive, biaya yang dikeluarkan untuk penggantian satu paket baterai mobil listrik Model 3 adalah sekitar 16.000 dolar AS atau setara Rp232,5 juta.

Lalu berapa harga mobil listrik Tesla Model 3 sendiri? Misalnya mobil listrik Tesla Model 3 yang dimiliki oleh Deddy Corbuzier? Harganya sekitar Rp1,5 miliar dengan status off the road dan itu belum termasuk pajaknya.

Baca juga: Kini Bitcoin Dapat Digunakan untuk Beli Tesla

Berapa lama pengisian daya baterai mobil listrik?

Sudah diuraikan sebelumnya tentang harga pemasangan atau penggantian baterai mobil listrik. Kini perlu untuk diketahui berapa lama sebenarnya sebuah mobil listrik perlu dicas atau diisi hingga penuh dayanya?

Kita sudah mengambil kasus Tesla Model 3. Jadi sekarang informasi yang akan disampaikan tentang berapa lama baterai mobil listrik dicas juga dari mobil listrik Tesla Model 3.

Menurut informasi dari Drivingelectric, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai Tesla Model 3 dari kapasitas 10-80 persen hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari peralatan Tesla Supercharger 120kW.

Lalu berapa lama jika daya baterai diisi dari colokan rumah? Jika baterai mobil listrik Tesla Model 3 diisi dengan pengisi daya rumah sebesar 7kW, akan mendapatkan daya penuh dalam 13 jam. Tapi rata-rata pengisian daya baterai mobil listrik Tesla Model 3 dengan charger milik Tesla, perkiraannya kurang lebih sekitar 10 jam sampai daya penuh.

Teknologi baterai mobil listrik dengan pengisian super cepat, cuma lima menit

Sebenarnya waktu pengisian atau charging baterai mobil listrik berbeda-beda. Namun memang rata-rata untuk mencapai daya penuh butuh hitungan jam. Tapi kini ada perusahaan yang berinovasi dengan menciptakan baterai mobil listrik dengan kecepatan pengisian yang super cepat. Menurut informasi, ngecas baterai cuma butuh waktu lima menit.

Perusahaan yang membuat inovasi itu bernama StoreDot yang berbasis di Israel. Perusahaan tersebut merilis informasi hasil uji coba inovasi pengisian baterai mobil listrik yang menurut mereka hanya butuh waktu lima menit saja untuk ngecas sampai penuh.

CEO StoreDot yang bernama Doron Myersdorf mengatakan "StoreDot terus berkembang saat kami selangkah lebih dekat untuk mewujudkan visi kami tentang pengisian daya kendaraan listrik selama lima menit menjadi kenyataan komersial."

Menurut The Guardianbaterai StoreDot menggantikan komponen grafit di dalam baterai lithium-ion dengan partikel nano semikonduktor tempat ion dapat lewat dengan lebih cepat dan mudah. Nanopartikel ini berbahan dasar germanium, yang larut dalam air dan lebih mudah ditangani dalam pembuatan.

Tapi ini baru purwarupa atau prototipe. Harapannya, pada akhir tahun ini, purwarupa baterai buat mobil listrik tersebut sudah jadi. Kemungkinan harga baterai mobil listrik yang ditawarkan itu akan sama dengan baterai lithium-ion.

Hambatan jika sudah ada baterai yang dapat dicas super cepat

Setelah ada rilis inovasi tentang bagaimana baterai mobil listrik dapat diisi dengan cepat seperti halnya mobil diisi dengan bensin, maka akan ada hambatan lainnya. Hambatan untuk mengisi baterai mobil listrik itu ada pada stasiun pengisian daya.

Dalam penilaian Rachel Lee dan Solomon Brown yang menulis analisisnya di The Conversation, dibutuhkan infrastruktur baru yang memiliki kemampuan daya besar untuk membuat peralatan pengisian baterai mobil listrik super cepat seperti itu. Daya pengisian tinggi juga akan membutuhkan desain baru konektor mobil dan kabel yang berpotensi didinginkan, yang besar dan sulit ditangani.

Masalah lainnya adalah ketika pemilik mobil listrik mengisi baterainya secara terkonsentrasi. Maksudnya ketika banyak pelanggan mengecas baterai mobil listriknya dengan daya tinggi hingga mencapai kecepatan kilat.

Hambatannya adalah dengan banyaknya orang yang mengecas baterai, berpotensi membebani jaringan listrik lokal, dan peningkatan permintaan yang tiba-tiba dapat menyebabkan masalah bagi pembangkit listrik.

Karena itu diperlukan juga sebelumnya infrastruktur kelistrikan yang memadai untuk bisa memasang peralatan supercharger seperti itu.

Jika itu tidak dibenahi terlebih dahulu, dan pada siang hari ketika beban pengguna listrik mencapai puncak, pengisian baterai mobil listrik secara bersamaan bagi orang yang memilikinya, maka pembangkit listrik akan jadi masalah utama karena tidak mampu memberikan pasokan yang cukup terhadap setrum yang dibutuhkan.

Meski begitu industri mobil listrik adalah industri masa depan. Energi listrik telah digadang-gadang sebagai energi terbarukan yang ramah lingkungan. Di Indonesia sendiri kini sudah ada beberapa produsen mobil listrik luar negeri yang mulai memasarkan produknya. Ironisnya, proyek mobil listrik nasional Indonesia yang pernah beberapa waktu lalu heboh, justru telah lenyap entah kemana.

Mungkin kamu tertarik: Xiaomi Segera Buat Mobil Listrik

Posting Komentar untuk "Inovasi Baterai Mobil Listrik, Ngecas Cuma Lima Menit"