Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

Salah satu terobosan dalam teknologi energi terbarukan adalah penggunaan panas bumi. Berikut ini adalah artikel yang membahas lengkap Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) dan bagaimana cara kerja teknologi energi terbarukan tersebut.


pembangkit listrik, panas bumi, energi panas bumi, listrik tenaga panas bumi, pltp, pembangkit listrik tenaga panas bumi, energi panas bumi, tenaga panas bumi, teknologi energi terbarukan
Pembangkit listrik tenaga pans bumi di Islandia (Wikipedia.org/Gretar Ivarsson)

Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) atau pembangkit listrik geotermal adalah pembangkit listrik yang menggunakan energi panas bumi untuk menggerakkan turbin guna menghasilkan listrik. Ini adalah salah satu contoh energi terbarukan dan pembuatan PLTP adalah contoh aplikasi teknologi energi terbarukan.

Penggunaan energi panas bumi menjadi salah satu solusi mengurangi emisi karbon. Energi panas bumi yang dikonversi menjadi listrik jauh lebih ramah dari pada energi fosil seperti minyak bumi dan batu bara.

Karena itu, energi panas bumi bisa juga dikategorikan sebagai energi hijau, atau energi alternatif yang akan menjadi solusi masa depan umat manusia. Optimalisasi energi panas bumi untuk pembangkit listrik akan membuat bumi lebih ringan dalam menanggung polusi.

Sejarah penggunaan panas bumi sebagai pembangkit listrik

Saat ini, permintaan energi listrik yang ramah lingkungan semakin meningkat. Sebagai energi alternatif, energi panas bumi menjadi salah satu energi ramah lingkungan yang sedikit menghasilkan emisi karbon.

Negara yang memiliki pembangkit listrik energi panas bumi dengan daya terbesar adalah Amerika Serikat. Indonesia dan Filipina menjadi negara kedua dan ketiga terbanyak yang memanfaatkan energi panas bumi tersebut.

Pertama kali penggunaan energi panas bumi sebagai pembangkit listrik secara komersial dilakukan di Italia, tepatnya di Larderello, Tuscany. Pembangkit listrik tenaga panas bumi itu dibangun pada tahun 1904.

Orang yang berjasa yang menemukan energi panas bumi di tempat tersebut bernama Pangeran Piero Ginori Conti dari Trevignano. Dia awalnya menggunakan panas bumi di daerah tersebut untuk menggerakkan generator yang mampu menghasilkan listrik 10 kW dan dapat menghidupkan lima bola lampu.

Dari temuan itu, upaya untuk membuat pembangkit listrik tenaga panas bumi yang lebih besar kemudian dilakukan di Devil’s Valley. Pembangkit listrik itu selesai dibangun pada tahun 1913.

Peningkatan kapasitas pembangkit listrik tenaga panas bumi di Larderello terus dilakukan. Hingga saat ini, PLTP Larderello mampu menghasilkan listrik sebanyak 800 Megawatt. Ada 34 pabrik yang dibuat untuk menghasilkan daya sebanyak itu dan dioperasikan oleh perusahaan bernama Enel Green Power (EGP).

Baca juga: Mengenal Energi Terbarukan dan Contohnya

Sejarah pemanfaatan energi panas bumi untuk pembangkit listrik di Indonesia

pembangkit listrik, panas bumi, energi panas bumi, listrik tenaga panas bumi, pltp, pembangkit listrik tenaga panas bumi, energi panas bumi, tenaga panas bumi, teknologi energi terbarukan
Pemandian air panas di Kamojang pada tahun 1920an (Wikipedia.org/Tropenmuseum)

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak gunung berapi. Ini adalah salah satu keuntungan yang juga memiliki kerugian. Keuntungannya, banyaknya gunung berapi membuat wilayah tersebut subur dan kaya air. Selain itu, panas bumi di dalamnya bisa digunakan sebagai pembangkit listrik.

Kerugian dari banyaknya gunung berapi apa? Kerugiannya tentu saja ketika gunung tersebut erupsi atau meletus, maka akan ada banyak kerugian yang ditanggung seperti rusaknya lahan pertanian bahkan korban nyawa.

Sebagai negara yang kaya gunung berapi dan banyak sumber energi panas bumi, potensi untuk memanfaatkannya sebagai pembangkit listrik sangat terbuka lebar. Seperti sudah disinggung sebelumnya, Indonesia menjadi tiga negara terbesar di dunia yang sudah memanfaatkan energi panas bumi ini.

Pertama kali eksplorasi dan pemanfaatan energi panas bumi di Indonesia dilakukan di Jawa Barat. Saat itu Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Pemerintah Belandalah yang melakukan pengeboran pertama kali untuk mencai panas bumi di Kawah Kemojang pada tahun 1926.

Pengembangan untuk pemanfaatan energi panas bumi itu berlangsung lama, karena baru selesai dilakukan pada era Presiden Soeharto pada tahun 1982. Letak persis energi panas bumi itu berada di lereng Gunung Guntur dan Gunung Gajah dan disebut sebagai PLTP Kamojang. Saat ini kapasitas daya listrik yang dihasilkan sebanyak 375 Megawatt.

Indonesia saat itu bekerja sama dengan Selandia Baru untuk mengembangkannya menjadi pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) dan kini dikelola oleh Indonesia Power, salah satu anak Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Baca juga: Teknologi Cahaya Alami dari Jamur

Cara kerja energi panas bumi menjadi pembangkit listrik

pembangkit listrik, panas bumi, energi panas bumi, listrik tenaga panas bumi, pltp, pembangkit listrik tenaga panas bumi, energi panas bumi, tenaga panas bumi, teknologi energi terbarukan
Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) di Islandia (Wikipedia.org/Asgeir Eggertsson)

Bumi kita itu, memiliki sebuah inti yang panasnya mencapai 5.000 derajat celcius. Untuk mendapatkan energi panas bumi, wilayah yang cenderung mudah untuk dieksplorasi dan dieksploitasi adalah wilayah pegunungan berapi.

Hal ini karena, para ahli perlu mengebor lapisan bumi, untuk bisa mendapatkan panas bumi tersebut. Jika berada di wilayah gunung berapi, pengeboran yang dilakukan tidak terlalu dalam dan biaya yang diperlukan menjadi lebih ringan.

Jadi cara kerja untuk mendapatkan energi panas bumi dan memanfaatkannya sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) adalah dengan cara mengebor permukaan bumi. Tahapannya sebagai berikut ini:

Panas bumi dari inti bumi mengalir ke permukaan bumi yang menyimpan air atau sungai dalam tanah. Pengeboran dilakukan untuk mencapai aliran sungai yang panas itu, dan mengalirkannya ke permukaan. Karena perbedaan suhu, panas air sampai di permukaan bumi akan menjadi uap.

Uap yang disebabkan oleh energi panas bumi ini diperangkap dan dialirkan untuk menggerakkan turbin. Dari turbin yang berputas, energi dialirkan ke generator dan diproses untuk menjadi listrik.

Lalu bagaimana dengan uap yang sudah mendingin dari proses tersebut? Uap yang digunakan untuk menggerakaan turbin dan menjadi dingin, akan kembali menjadi air. Air itu dialirkan lagi ke dalam bumi, untuk dilakukan proses berulang atau proses yang berputar.

Sebagai negara yang banyak memiliki gunung berapi, Indonesia juga disebut sebagai negara cincin api atau Ring of Fire. Potensi pemanfaatan energi panas bumi menjadi listrik sangat besar di Indonesia.

Baca juga: Binatang Ini Punya "Teknologi" Fotosintesis Seperti Tanaman

Tiga tipe pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP)

Model atau tipe untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi tidak monoton dengan satu cara. Akan tetapi, sejauh ini sudah ada tiga cara untuk bisa memanfaatkan energi panas bumi tersebut.

Tiga tipe pembangkir listrik tenaga panas bumi (PLTP) adalah dry steam, flash steam dan binary cycle. Ketiganya akan dijelaskan sebagai berikut ini:

Dry Steam

pembangkit listrik, panas bumi, energi panas bumi, listrik tenaga panas bumi, pltp, pembangkit listrik tenaga panas bumi, energi panas bumi, tenaga panas bumi, teknologi energi terbarukan
Cara kerja PLTP dry steam (Wikipedia.org)

Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) yang menggunakan cara dry steam dilakukan dengan cara pengeboran langsung menuju uap panas yang terjebak. Lubang itu kemudian diberi pipa dan dari pipa disalurkan untuk menggerakkan turbin.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi yang menggunakan cara ini ada di Amerika Serikat, tepatnya di Geyser, California. 

Ada 13 pembangkit listrik yang digunakan di tempat itu, dan mampu menghasilkan daya listrik sebanyak 725 Megawatt. Energi listrik itu untuk mencukupi lebih dari 700.000 rumah yang ada di sana.

Flash Steam

pembangkit listrik, panas bumi, energi panas bumi, listrik tenaga panas bumi, pltp, pembangkit listrik tenaga panas bumi, energi panas bumi, tenaga panas bumi, teknologi energi terbarukan
Cara kerja PLTP Flash Steam (Wikipedia.org)

Ini adalah salah satu pembangkit listrik tenaga panas bumi yang banyak digunakan. Cara kerja dari PLTP ini adalah dengan mengebor bumi, memasang pipa untuk mengalirkan air panasnya dan dipompa menuju permukaan untuk berubah menjadi uap.

Uap ini berfungsi menggerakkan turbin yang dari sana, dialirkan ke generator untuk menghasilkan listrik. Cara ini banyak digunakan di Indonesia dan banyak negara lainnya. Ini adalah cara yang paling umum digunakan.

Binary Cycle

pembangkit listrik, panas bumi, energi panas bumi, listrik tenaga panas bumi, pltp, pembangkit listrik tenaga panas bumi, energi panas bumi, tenaga panas bumi, teknologi energi terbarukan
Cara kerja PLTP Binary Cycle (Wikipedia.org)

Ini adalah tipe pembangkit listrik tenaga panas bumi yang terakhir, yakni Binary Cycle atau Binary Cycle Power Plants. PLTP dalam tipe ini, berbeda dari sebelumnya.

Dalam teknik atau tipe Binary Cycle, air yang ada di dalam bumi, dibuat untuk memanaskan cairan pemindah atau heat exchanger. Uap yang dihasilkan oleh heat exchanger ini bisa digunakan untuk menggerakkan turbin, lalu putaran tersebut menggerakkan generator yang akhirnya dapat menghasilkan sumber daya listrik.

Alasan mengapa disebut sebagai Binary adalah karena menggunakan uap panas kedua di heat exchanger. Keunggulan tipe ini, pembangkit listrik bisa bekerja pada suhu panas bumi yang lebih rendah, yakni di kisaran 90-175 derajat celcius. Untuk dua tipe sebelumnya, suhu yang dibutuhkan biasanya di atas 180 derajat celcius.

Contoh aplikasi teknologi energi terbarukan panas bumi dengan tipe binary cycle ini berada di Olkaria III Geothermal Power Station, Kenya. Pembangkit listrik tenaga panas bumi tersebut menghasilkan daya listrik sebanyak 139 Megawatt. Di masa depan, tipe binary cycle inilah yang diperkirakan akan semakin ramai dikembangkan.

Teknologi energi terbarukan memang sedang berkembang. Denmark dan Korea Selatan punya ambisi mengembangkan energi listrik tenaga angin terbesar di dunia. Kamu bisa membacanya di sini.

Posting Komentar untuk "Pengertian Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)"