Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Teknologi Transportasi Mobil Autopilot

Teknologi transportasi terus berkembang. Saat ini yang paling sering dibicarakan adalah mobil listrik dan mobil dengan mode autopilot. Tesla adalah perusahaan yang dianggap pioner dalam industri teknologi transportasi ini. 


sejarah teknologi mobil autopilot, sejarah mobil otomatis, teknologi transportasi mobil autopilot, teknologi transportasi, perkembangan transportasi, transportasi canggih
Ilustrasi mobil autopilot (Pexels.com/Brecht Denil)

Teknologi autopilot atau mobil otomatis artinya teknologi yang membuat kendaraan berjalan tanpa campur tangan manusia.

Itu berarti saat kendaraan dengan mode autopilot, pengendara tidak akan memegang setir pengendali. Teknologi canggih di dalam kendaraanlah yang akan mengendalikan mobil tersebut.

Teknologi autopilot biasanya ada di teknologi transportasi udara, yakni di pesawat. Tapi dalam teknologi transportasi laut, teknologi autopilot juga sudah ada di kapal.

Saat ini, teknologi autopilot menjadi perkembangan transportasi baru yang banyak dibicarakan untuk teknologi transportasi darat. Teknologi autopilot berusaha ditanamkan di mobil darat, dan biasanya teknologi ini disematkan di kendaraan listrik (electric vehicle).

Sejarah teknologi mobil autopilot

Teknologi transportasi mobil autopilot atau mobil otomatis sudah dipikirkan sejak lama. Tapi memang penerapan teknologi tersebut terhitung terlambat jika dibandingkan dengan teknologi udara dan teknologi laut.

Sejarah teknologi mobil autopilot atau mobil otomatis mulai dikenal secara jelas pada tahun 1939. Saat itu di Amerika Serikat tepatnya di New York ada Pameran Dunia bertema "The World of Tomorrow". Seorang lelaki yang bernama Norman Bel Geddes merancang sebuah desain instalasi bernama Futurama.

Penyokong utama instalasi tersebut adalah General Motors Corporation atau biasa dikenal GM.

Norman Bel Geddes

Futurama adalah kota futuristik, sebuah instalasi kota yang terdiri dari bangunan gedung dan jalan-jalan. Ini seperti sebuah maket kota dalam ukuran yang besar.

Mobil-mobil dalam maket tersebut dapat berjalan sendiri yang dipandu medan elektromagnetik dan dikendalikan dengan sinyal radio dari magnet yang tertanam di jalan raya maket itu. Ribuan orang antre untuk melihat Futurama dan menonton dengan takjub tentang ejawantah masa depan.

Pameran kota futuristik Futurama telah menginspirasi banyak industri, termasuk ratusan film dan video game.

sejarah teknologi mobil autopilot, sejarah mobil otomatis, teknologi transportasi mobil autopilot, teknologi transportasi, perkembangan transportasi, transportasi canggih
Futurama, sebuah desain kota masa depan (Wikipedia.org/Richard Garrison)

Mobil autopilot dari Jepang

Perbaikan dan penyempurnaan ide Norman Bel Geddes dilakukan oleh Jepang pada tahun 1977. Tim dari Tsukuba Mechanical Engineering yang melakukannya.

Dalam penyempurnaan ini, Jepang menggunakan sistem kamera yang memproses gambar marka jalan untuk dikirim ke dalam komputer dan membuat mobil melaju dengan kecepatan dibawah 20 meter per jam.

Desain atau rancangannya bukan seperti selayaknya mobil tapi semacam "gerobak" roda empat yang dilengkapi dengan dua kamera.

Selanjutnya Jerman mengembangkan sistem mobil otomatis pada tahun 1980an yang disebut VaMoRs. Kendaraan dirancang dan dilengkapi dengan banyak kamera, yang dapat melaju dengan cepat secara aman. 

Baca juga: Mengenal XPeng, Produsen Mobil Listrik Tiongkok

Ernst Dickmanns

Manusia cerdas yang menjadi dalang dibalik teknologi mobil otomatis dari Jerman bernama Ernst Dickmanns. Dia adalah profesor di Bundeswehr University Munich.

Dia dan timnya merancang mobil van dari Mercedes-Benz seberat lima ton yang berjalan secara autopilot. Perkembangan teknologi komputer yang semakin maju menjadi penumpu inovasi teknologi canggih mobil otomatis ini bekerja.

Teknologi mobil otomatis inilah yang disebut VaMoRs. Kamera dan berbagai sensor digunakan untuk membaca garis dan citra serta kebisingan jalan. Mobil tersebut pada tahun 1987 diuji secara mandiri dan mampu melaju sampai kecepatan 96 kilometer per jam.

Kendala yang masih dihadapi oleh VaMoRs adalah cara kerja komputer yang belum cepat. Sistem teknologi komputer dan perangkat lunaknya hanya mampu memproses data dari sensor dalam beberapa detik sedangkan yang dibutuhkan prosesnya harus mencapai nanodetik.

DARPA Grand Challenge

sejarah teknologi mobil autopilot, sejarah mobil otomatis, teknologi transportasi mobil autopilot, teknologi transportasi, perkembangan transportasi, transportasi canggih
Salah satu mobil modifikasi dalam tantangan DARPA 2014 (Wikipedia.org)

Keingintahuan manusia adalah pendorong utama bagaimana teknologi terus melaju dengan dinamis dan menakjubkan.

Begitupun dengan bagaimana mencari penyempurnaan mobil autopilot. Pada tahun 2004,  Defense Advanced Research Projects Agency atau DARPA, menantang para insinyur, penghobi, mahasiswa, atau siapapun untuk membuat mobil balap dan melakukan balapan dengan mobil autopilot di gurun Mojave. Jarak yang harus ditempuh adalah 240 kilometer. 

DARPA adalah tangan panjang Pentagon yang telah melahirkan beberapa teknologi canggih saat ini seperti internet, GPS, juga pesawat bomber tanpa awak atau drone.

Dalam tantangan DARPA tahun 2004, tidak ada satupun kendaraan otomatis atau mobil autopilot yang dirancang, mampu memenuhi target balapan. Kekacauan terjadi seperti mobil yang terbalik, menabrak atau terbakar.

Tapi sejak tantangan DARPA, gelombang industri teknologi kendaraan autopilot semakin berkembang dan semakin menantang. Sampai kemudian akhirnya raksasa seperti Google dan kemudian Tesla muncul sebagai pioner.

Baca juga: Xiaomi Segera Buat Mobil Listrik

Google Waymo

Raksasa teknologi mesin pencari Google telah mendiversifikasi produk teknologinya. Banyak inovasi telah dihasilkan dari perusahaan ini tapi tak sedikit pula yang gagal di pasaran.

Dalam teknologi mobil autopilot, Google mendirikan Waymo LLC pada tahun 2009. Pada tahun 2012, sebuah mobil Toyota Prius dimodifikasi dan ditanami teknologi mobil autopilot.

Modifikasi Toyota Prius itu dilisensikan ke Departemen Kendaraan Bermotor Nevada pada Mei 2012. Ini adalah lisensi pertama yang dikeluarkan di Amerika Serikat untuk mobil autopilot atau mobil tanpa pengemudi.

Waymo kemudian juga mengembangkan mobil van kecil autopilot dan bahkan pada tahun 2013 mengusulkan Robo-Taxi, sebuah layanan taksi kendaraan tanpa pengemudi. Mobil lain yang pernah ditanami teknologi autopilot lain adalah Lexus RX450h.

Beberapa insiden mobil autopilot seperti kecelakaan terjadi tahun 2015 dan tahun 2016. Dan inilah salah satu hal yang paling dipikirkan, yakni bagaimana nasib keselamatan manusia, baik yang berada di dalam mobil autopilot atau di jalanan di mana mereka berjalan.

Raksasa-raksasa teknologi terus berlomba menjadi terdepan sampai saat ini kita mengenal Tesla menjadi salah satu produsen mobil canggih dalam teknologi bidang transportasi mobil autopilot atau mobil otomatis sebagai transportasi darat yang mengagumkan.

Mobil autopilot milik Tesla

sejarah teknologi mobil autopilot, sejarah mobil otomatis, teknologi transportasi mobil autopilot, teknologi transportasi, perkembangan transportasi, transportasi canggih
Tesla sebagai pionir dalam teknologi mobil autopilot (Unsplash.com/Beat Jau)

Tidak lama setelah Google melisensikan mobil autopilotnya di Nevada, pada tahun 2014, Tesla juga memulai proyek besar mobil autopilot. Pada akhir 2015, teknologi hands-free mobil dikenalkan oleh perusahaan tersebut dan dianggap sebagai teknologi autopilot yang signifikan.

Tesla yang salah satu pemiliknya adalah Iron Man di dunia nyata yaitu Elon Musk, memiliki teknologi Tesla Vision. Setiap mobil listrik Tesla yang memiliki mode autopilot di jejali dengan beragam teknologi canggih yang dikawinkan dengan kecerdasan buatan.

Secara sederhana, penggambaran Tesla Vision adalah delapan kamera yang ditanamkan di mobil Tesla, disertai ragam radar dan sensor ultrasonik. Perangkat lunak milik Tesla dijalankan di platform Nvidia Drive PX 2 dengan kecanggihan kecerdasan buatan.

Semua kecanggihan tersebut membuat Tesla yang dalam mode autopilot mampu menyesuaikan kecepatan mobil dengan lalu lintas, mengubah jalur dan mengambil tindakan mengelak jika diperlukan.

Mobil Tesla juga bisa parkir sendiri atau dipanggil dari luar garasi. Mobil juga dapat mendeteksi ketika akan mengalami kecelakaan, menginjak rem sendiri dan menghindari potensi kecelakaan. 

Perkembangan teknologi transportasi di tangan Tesla menjadi visioner, meski juga mengkhawatirkan. Tesla masih menghadapi banyak kritik, termasuk keselamatan pengendara dan keselamatan orang di jalan.

Puluhan kecelakaan telah terjadi dan melibatkan mobil Tesla ketika mode mobil autopilot dinyalakan. Puluhan kematian tercatat sejak tahun 2013 hingga tahun 2021 dalam kecelakaan Tesla.

Mungkin kamu suka: Tiongkok Larang Mobil Tesla Parkir di Sekitar Fasilitas Militer

Posting Komentar untuk "Sejarah Teknologi Transportasi Mobil Autopilot"