Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tank Tempur Pertama, Sejarah Teknologi Militer dalam Perang

Tank tempur adalah kendaraan lapis baja tangguh. Tank tempur jadi teknologi militer canggih yang terus dikembangkan. Sejak pertama ditemukan, tank tempur punya peran penting dalam setiap perang.


tank tempur, teknologi militer, lapis baja, kendaraan lapis baja, tank tempur pertama, penemu tank tempur, tank tempur inggris
(Unsplash.com/Ryoma Onita)

Teknologi militer dikembangkan banyak negara sebagai pertahanan dan penyerangan. Salah satu teknologi militer yang terus terkenal dan jadi andalan adalah tank tempur.

Merupakan kendaraan lapis baja, tank jadi teknologi militer yang ditakuti lawan. Dalam artikel Teknolemper kali ini, akan dibahas kapan tank tempur dibuat, negara mana yang menemukan tank tempur, dan siapa penemu tank tempur tersebut.

Kapan tank tempur dibuat?

Saat ini pemilik tank tempur terbanyak adalah Rusia. Lalu posisi kedua diduduki oleh Cina dan posisi ketiga adalah Amerika Serikat. Tank tempur menjadi salah satu teknologi militer utama yang digunakan sebagai pertahanan dan penyerangan.

Tank tempur pertama kali muncul pada tahun 1915. Kendaraan lapis baja itu baru purwarupa atau prototype. Negara yang membuat tank tempur itu Inggris dan diberi nama Little Willie.

Berat purwarupa tank tempur Little Willie adalah 14 ton. Kemunculan pertamanya menyedihkan karena terjebak di parit dan hanya mampu berjalan dengan cara merangkak. Kecepatannya kendaraan lapis baja itu hanya 3,2 kilometer per jam. 

Meski begitu, perbaikan demi perbaikan terus dilakukan. Tank tempur pada akhirnya menjadi salah satu teknologi militer utama yang dapat mengubah jalannya perang. Tank tempur memiliki dampak signifikan dalam menyerang dan mempertahankan sebuah negara.

Siapa penemu tank tempur pertama?

tank tempur, teknologi militer, lapis baja, kendaraan lapis baja, tank tempur pertama, penemu tank tempur, tank tempur inggris
Tank tempur pertama di dunia. (Wikipedia.org/Andrew Skudder)

Jika tank tempur tersebut dibuat pertama oleh negara Inggris, lalu siapa penemunya? 

Penemu tank tempur pertama adalah Ernest Swinton dan William Hankey. Mereka berdua adalah kolonel tentara dari kerajaan Inggris.

Mereka merancang kendaraan lapis baja yang dapat menembus pertahanan musuh, dapat melewati kawat berduri, tahan peluru dan dapat melewati parit. Mereka merancang sebuah teknologi militer yang ampuh dan tangguh.

Inggris belajar dari perang parit yang terjadi pada Perang Dunia I ketika aliansi mereka melawan aliansi Jerman. Namun purwarupa Little Willie terlihat sungguh payah karena tank tempur pertama itu terjebak di parit saat uji coba dan berjalan sangat lambat.

Meski begitu, inilah faktanya bahwa tank tempur pertama adalah kendaraan lapis baja awal sebagai purwarupa yang tidak terlalu bagus dan kurang memuaskan. Namun selanjutnya, perbaikan terus dilakukan dan tank tempur yang lebih baik dibuat dengan nama Big Willie.

Proyek membuat tank tempur ini dilakukan secara rahasia. Hal itu karena untuk menyembunyikan teknologi militer dari musuh.

Para pekerja produksi tank tempur hanya diberitahu bahwa kendaraan yang mereka buat adalah kendaraan pengangkut air (tanki) di medan perang. Itulah sebabnya, mengapa kendaraan lapis baja itu kemudian disebut "tank."

Tank tempur pertama kali digunakan

Setelah purwarupa tank tempur Little Willie muncul pada tahun 1915, perbaikan dan penyempurnaan terus dilakukan. Pada tahun 1916, Big Willie yang lebih layak dan bisa digunakan untuk berangkat ke medan perang sudah jadi. Tank tempur tersebut kemudian diberangkatkan ke medan perang sebagai teknologi militer baru dan canggih saat itu.

Big Willie secara resmi menggunakan nama Mark I. Tank tempur Mark I dikirim pada 15 September 1916 di Flers Courcelette, sekitar 157 km sebelah utara Paris yang terkenal sebagai Perang Somme. Itu adalah debut pertama kendaraan lapis baja.

12 divisi tentara Inggris bersama dengan pasukan artileri melakukan penyerangan terhadap pasukan Jerman dengan didampingi 48 tank tempur Mark I. Meski kendaraan lapis baja tadinya disebut siap dalam perang, faktanya tidak banyak yang sanggup mencapai garis depan. Banyak tank tempur yang mogok dan rusak di tengah jalan.

Tank tempur pertama yang melakukan debut tersebut diisi dengan delapan personel militer. Empat orang bertugas untuk mengendarai dan empat orang lainnya mengendalikan senjata. Bobotnya 24,5 ton dan berjalan dengan kelajuan 5,9 km/jam.

Pertempuran Somme berlangsung selama 141 hari. Perang itu disebut sebagai salah satu episode paling brutal dan horor. Inggris dan Sekutu memang gagal dalam serangan tersebut namun kerusakan secara serius dialami oleh posisi Jerman di Prancis. Lebih dari 450.000 pasukan Jerman tewas atau hilang.

Perkembangan tank tempur selama Perang Dunia I

tank tempur, teknologi militer, lapis baja, kendaraan lapis baja, tank tempur pertama, penemu tank tempur, tank tempur inggris
Renault FT (Wikipedia.org/Jean-Pol GRANDMONT)

Tank tempur Inggris Mark I memang tidak tampil terlalu bagus. Bagian dalamnya disebut panas dan berisik. Lambungnya juga tidak terbagi secara internal dengan kompartemen. Kru tank tempur bisa terkontaminasi karbon monoksida dan pingsan karena kurang ventilasi.

Meski begitu, banyak yang melihat bahwa tank tempur Inggris adalah masa depan baru peperangan. Prancis, Amerika Serikat, Jerman, Polandia, dan Italia juga ikut membuat tank setelahnya.

Selama perang, Inggris memperbaiki tank tempurnya. Mark I terus berevolusi menjadi kendaraan lapis baja yang semakin sempurna. Teknologi militer tank tempur Inggris Mark I berkembang sampai Mark IX, kendaraan pengangkut personel lapis baja pertama di dunia.

Baca juga: Intip Drone Turki, Salah Satu Teknologi Senjata Langit Terbaik di Dunia

Renault FT-17

Prancis segera mengikuti Inggris dalam memproduksi tank tempur. Bahkan Prancis disebut memproduksi tank tempur yang jauh lebih banyak daripada negeri lainnya. Selain itu, tank tempur Prancis juga telah mempengaruhi desain tank tempur era selanjutnya.

Tank tempur Prancis adalah Renault FT-17. Salah satu desain utama Renault FT-17 adalah dengan adanya turret atau menara bagian atas tank yang berfungsi sebagai meriam utama.

Tank tempur FT-17 ini adalah tank yang ringan. Tidak seperti buatan Inggris, FT-17 hanya memiliki berat sekitar 7 ton. Meski kecil, namun FT-17 memiliki desain tata letak internal yang membagi antara kru dengan mesin. Banyak negara kemudian menyalin desain ini.

FT-17 yang mungil tetap ada sampai Perang Dunia II. Prancis menjadikannya sebagai pasukan cadangan. Tank tempur lain yang lebih baru dan lebih canggih digunakan sebagai pasukan utama.

A7V Sturmpanzerwagen

tank tempur, teknologi militer, lapis baja, kendaraan lapis baja, tank tempur pertama, penemu tank tempur, tank tempur inggris
Tank tempur pertama Jerman (Wikipedia.org)

Jerman yang melihat Inggris menggunakan kendaraan lapis baja dalam peperangan juga memikirkan bagaimana cara mengatasinya. Ilmuwan Jerman segera membuat senapan anti-tank yang bernama Mauser 1918 T-Gewehr.

Ini adalah senapan anti-tank pertama di dunia, yang digunakan untuk melawan tank tempur pertama di dunia.

Mauser 1918 T-Gewehr cukup efektif menembus baja Mark I. Tapi Inggris kemudian mengembangkan tank tempur lain, seperti misalnya Mark IV yang jauh lebih tebal dan tidak bisa ditembus oleh Mauser 1918 T-Gewehr.

Tapi Jerman tidak hanya bergantung dengan senapan anti-tank saja. Jerman juga merancang dan membuat tank sendiri untuk melawan tank tempur buatan Inggris dan Prancis. Nama tank pertama Jerman adalah A7V Sturmpanzerwagen.

Tank tempur pertama Jerman ini disebut Inggris sebagai "benteng yang berjalan." Tubuh tank tempur tinggi, besar dan simetris dengan baja yang terpasang agak miring. Selain itu, A7V Sturmpanzerwagen juga cepat, bahkan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan Mark IV atau V.

Meski begitu, tank ini diisi hampir 20 orang, bahkan lebih. Di dalam tank tempur tersebut kondisinya panas, disertai sesak dan bising karena kru bergabung dengan mesin utama, tanpa dinding internal penghalang. 

Hanya ada 20 tank tempur A7V Sturmpanzerwagen yang dibangun dari 100 pesanan yang ada. Dan ini disebut sebagai satu-satunya tank tempur Jerman dalam Perang Dunia I.

Meski Jerman bukan pengembang pertama tank tempur, tapi di masa depan, Jerman adalah raksasa yang produk tank tempurnya diakui sebagai tank tempur terbaik di dunia. Simak artikelnya disini.

Posting Komentar untuk "Tank Tempur Pertama, Sejarah Teknologi Militer dalam Perang"