Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Mobil Listrik Tesla dan Harganya

Tesla adalah perusahaan mobil listrik yang namanya terus naik daun. Perusahaan mobil listrik ini terkenal karena ada sosok teknopreneur Elon Musk, salah satu orang terkaya di muka bumi ini. Berikut adalah tujuh mobil listrik yang telah dibuat Tesla dan harganya.


Mobil listrik Tesla Roadster

mobil listrik, mobil listrik tesla, mobil listrik indonesia, tesla roadster, produk mobil listrik, mobil listrik tesla dan harganya
(Wikipedia.org)

Mobil listrik Tesla generasi pertama adalah Tesla Roadster. Mobil listrik ini mulai dirancang sejak tahun 2008. Meski ini adalah mobil listrik generasi pertama, tapi namanya tidak terlalu melambung seperti mobil listrik Tesla Model 3 atau Model Y.

Mobil litrik Tesla Roadster sepenuhnya ditenagai dengan baterai listrik, atau masuk ke dalam jenis Battery Electric Vehicle (BEV). Mobil ini dibangun berdasarkan sasis milik Lotus Elise, sebuah roadster yang dirilis oleh Lotus Car pada tahun 1996.

Sejak tahun 2008, Roadster Tesla telah diproduksi sebanyak 2.450 mobil. Jumlah sebanyak itu telah dijual di lebih dari 30 negara.

Akselesari mobil listrik Tesla dari 0 sampai dengan 97 km/jam dapat dilakukan antara 3,7 detik sampai 3,9 detik. Kecepatan tertingginya yang pernah diuji lebih dari 200 km/jam.

Pada tahun 2009, Tesla melakukan penarikan produk Roadsternya. Lebih dari 75 persen mobil listrik Tesla Roadster ditarik pada tahun ini.

Masalah utama alasan penarikan kembali mobil listrik Roadster adalah karena terjadi gangguan pada kendali dan pengemudinya bisa mengalami kecelakaan. Masalah ini bermula dari jalur awal perakitan Lotus. Lotus sendiri juga menarik beberapa kendaraannya.

Awalnya, baterai mobil listrik Tesla Roadster adalah 53 kWh, kemudian ditingkatkan menjadi 80 kWh. Kini upgrade produk yang akan dimiliki oleh konsumen pada tahun 2022, kapasitas baterai akan menjadi 200 kWh. Dengan kapasitas baterai terbaru, daya jelajah mobil listrik Tesla Roadster bisa mencapai 609 km hingga 1.405 km.

Harga untuk bisa mendapatkan mobil listrik Tesla Roadster ini sekitar Rp.3,7 miliar. Kemungkinan besar, harga ini akan lebih tinggi atau lebih mahal ketika meramaikan pasar mobil listrik Indonesia. Edisi lama mobil listrik Tesla Roadster ini di Indonesia sekitar Rp.5 miliar.

Mobil listrik Tesla Model X

mobil listrik, mobil listrik tesla, mobil listrik indonesia, tesla roadster, produk mobil listrik, mobil listrik tesla dan harganya
(Wikipedia.org)

Tesla Model X menjadi mobil listrik Tesla dalam kelas SUV. Model X ini terkenal karena pintu sayapnya. Purwarupa Model X ini muncul pada tahun 2012 dan pertama kali diberikan kepada pelanggannya pada tahun 2015.

Seperti mobil listrik Tesla Model X, kemampuan akselerasinya seperti produk Tesla lainnya, yakni sangat cepat. Dari 0 sampai dengan 100 km/jam dapat ditempung hanya dalam 3,9 detik.

Sebagai SUV, Model X memiliki 7 kursi. Tenaga yang mampu dihasilkan untuk versi long range mencapai 1.020 tenaga kuda. Kecepatan tertinggi yang tercatat mampu mencapai 262 km/jam.

Ada lima varian yang ditawarkan oleh Tesla Model X. Mereka adalah, 75D, 90D, P90D, P100D, dan 100D. Perbedaan varian ini terutama terletak pada kapasitas baterai dari mulai paling kecil sampai paling besar.

Daya tampung baterai tersebut tentu mempengaruhi daya jangkau. Semakin besar daya baterai, maka daya jangkaunya juga lebih jauh.

Di Indonesia, kalian bisa mendapatkan mobil listrik Tesla Model X untuk varian 75D. Untuk harganya, kalian perlu merogoh kocek sebanyak Rp.3,85 miliar untuk bisa mendapatkannya. 

Mobil ini memecahkan rekor dengan mampu menarik pesawat Boeing 787-9 yang memiliki berat 130 ton di Bandara Melbourne.

Baca juga: Sejarah Teknologi Transportasi Mobil Autopilot

Mobil listrik Tesla Model S

mobil listrik, mobil listrik tesla, mobil listrik indonesia, tesla roadster, produk mobil listrik, mobil listrik tesla dan harganya
Pemilik pertama mobil listrik Tesla Model 3 (Wikipedia.org)

Produk mobil listrik Tesla selanjutnya adalah Tesla Model S. Mobil listrik ini memiliki 5 kursi dengan jenis sedan yang diperkenalkan pada tahun 2021. Sasisnya telah menjadi contoh bagi pembuatan mobil listrik Tesla Model X.

Hampir semua mobil listrik Tesla memiliki mode Autopilot, termasuk mobil listrik Tesla Model S. Model S Long Range Plus memiliki daya jelajah hingga 647 km.

Mobil listrik Tesla Model S sejak awal kemunculannya telah menjadi primadona. Pada tahun 2013, mobil listrik ini menjadi mobil listrik yang menduduki peringkat teratas penjualan bulanan di negara manapun.

Mobil listrik Tesla Model S untuk varian Raven Long Range Plus mampu mencapai kecepatan 0-60 mph dalam waktu 3,7 detik. Di Indonesia, ada varian P100D yang dijual dalam kisaran harga Rp.4,4 miliar.

Mobil listrik Tesla Model 3

mobil listrik, mobil listrik tesla, mobil listrik indonesia, tesla roadster, produk mobil listrik, mobil listrik tesla dan harganya
(Wikipedia.org)

Produk mobil listrik Tesla Model 3 memiliki panjang 4,6 meter dan lebar 1,8 meter. Ini adalah mobil listrik Tesla dengan 5 tempat duduk. Ada 6 varian yang ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda, sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Mobil listrik Tesla Model 3 secara terbatas sudah mulai dapat di beli pada tahun 2017. Memasuki pandemi pada tahun 2020, mobil listrik Tesla Model 3 ini adalah mobil listrik terlaris sepanjang sejarah. Penjualan di pasar Tiongkok pada tahun 2020 meningkat lebih dari dua kali lipat.

Untuk mencapai kecepatan dari 0-60 mph, mobil listrik Tesla Model 3 membutuhkan waktu setidaknya 5,1 detik. Mobil listrik ini banyak dipuji dengan suaranya yang halus dan bahkan lebih halus dari pada suara ban yang menginjak jalanan yang buruk.

Kecepatan tertinggi yang pernah dicatat untuk mobil listrik Tesla Model 3 mencapai 261 kilometer per jam.

Di Indonesia, untuk mendapatkan mobil listrik Tesla Model 3 butuh kocek sekitar Rp.1,5 miliar. Pemesanan mobil listrik Tesla Model 3 dapat juga dilakukan di Tokopedia yang dijual oleh Prestige Motorcars.

Mobil listrik Tesla Model Y

mobil listrik, mobil listrik tesla, mobil listrik indonesia, tesla roadster, produk mobil listrik, mobil listrik tesla dan harganya
(Wikipedia.org)

Produk mobil listrik Tesla selanjutnya adalah Model Y. Ini adalah mobil listrik jenis SUV kecil yang berada di bawah mobil listrik Tesla Model X. Beberapa kesamaan terlihat dengan mobil listrik Tesla Model 3.

Mobil listrik Tesla Model Y mulai diperkenalkan pada tahun 2019 dan mulai dikirim ke pelanggan pada tahun 2020. Ini adalah mobil listrik yang juga diproduksi oleh pabrik Tesla di Shanghai, selain mobil listrik Tesla Model 3.

Jangkauan terjauh untuk versi long range adalah 525 kilometer. Untuk akselesari veri long range, dari 0-100 kmj dapat ditempuh antara 3,7 detik sampai 4,3 detik.

Beberapa orang yang pernah memiliki mobil listrik Tesla Model Y ini memberikan pengakuan bahwa mobil listrik Tesla tersebut menawarkan perpaduan performa, utilitas, dan efisiensi yang begitu tinggi. Beberapa orang menilai Model Y itu seksi dan cocok untuk digunakan harian.

Di Indonesia, untuk bisa mendapatkan mobil listrik Tesla Model Y, butuh dana sekitar Rp.1,6 miliar.

Mobil listrik Tesla Cybertruck

mobil listrik, mobil listrik tesla, mobil listrik indonesia, tesla roadster, produk mobil listrik, mobil listrik tesla dan harganya
(Wikipedia.org)

Produk selanjutnya dari perusahaan mobil listrik Tesla adalah Cybertruck. Kemunculan perdananya pada saat diperkenalan sedikit kontroversial, dari mulai desain sampai klaim kaca anti-pelurunya. Namun, mobil listrik Tesla Cybertruck ini mendapatkan banyak sambutan positif.

Jangkauan mobil listrik Tesla Cybertruck ini dapat mencapai 400 km sampai 800 km, tergantung apa modelnya. Tiga varian ditawarkan yang masing-masing memiliki kemampuan performa akselerasi yang berbeda.

Panjang Cybertruck Tesla ini 5,8 meter dan lebarnya adalah 3,8 meter. Tujuan awal diciptakan Cybertruck untuk mengurangi truk bertenaga fosil di Amerika Serikat.

Kecepatan tertinggi yang mampu dicapai adalah 210 km/jam untuk versi tri motor AWD. Harga yang ditawarkan untuk bisa mendapatkannya di Indonesia sekitar Rp.2 miliar. Itu adalah harga terendah untuk versi yang juga paling rendah, yakni single motor dengan jangkauan 400 km.

Baca juga: Mengenal XPeng, Produsen Mobil Listrik Tiongkok

Mobil listrik Tesla Semi

mobil listrik, mobil listrik tesla, mobil listrik indonesia, tesla roadster, produk mobil listrik, mobil listrik tesla dan harganya
(Wikipedia.org)

Produk terakhir dari perusahaan mobil listrik Tesla adalah Tesla Semi. Pada dasarnya, ini adalah truk bertenaga listrik yang dimiliki Tesla untuk bersaing dengan truk kontainer yang menggunakan bahan bakar fosil. Tesla Semi dibuat untuk membawa beban seperti peti kemas.

Tesla Semi adalah produk mobil listrik Tesla yang bisa disebut gila. Dalam uji akselerasi, untuk meraih kecepatan 0-100 km/jam dengan beban 36 ton membutuhkan waktu hanya 20 detik. Kapasitas beban yang dapat dibawa oleh Tesla Semi sekitar 34 ton sampai dengan 40 ton.

Kemudian, jarak jangkauan yang bisa dicapai oleh truk bertenaga listrik ini bisa mencapai 500 kilometer sampai dengan 1.000 kilometer. Kecepatan tertinggi yang mampu dicapai adalah 104 km/jam.

Kemungkinan besar, Tesla Semi yang bertugas sebagai truk kontainer ini akan mulai tersedia pada tahun 2022. Harga yang ditawarkan untuk bisa memiliki Tesla Semi ini sekitar Rp.2,1 miliar untuk pasar Amerika Serikat. Ini adalah untuk versi rendah dengan jarak jangkauan 482 km.

Itulah tadi tujuh produk mobil listrik buatan Tesla. Kalian bisa membaca informasi menarik lainnya, tentang merek mobil listrik Tiongkok yang akan menyaingi mobil listrik Tesla di sini.


Posting Komentar untuk "7 Mobil Listrik Tesla dan Harganya"