Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Android 12 Segera Meluncur, Ini Jadwal Rilis dan Bocoran Fiturnya

Google kabarnya akan segera merilis sistem Android 12. Beberapa pembaharuan dan fitur baru ditawarkan untuk memanjakan para pengguna HP. Berikut ini kemungkinan tanggal peluncuran dan bocoran fiturnya.

teknologi inovasi, teknologi inovasi android 12, android 12, rilis android 12, fitur android 12, hp kompatibel dengan android 12
(Pexels.com/Deepanker Verma)

Sistem Android adalah teknologi inovasi perangkat lunak, sebagai salah satu sistem yang lumrah ada di dalam gawai layar sentuh. Sistem ini mulai resmi populer sejak tahun 2007. Kemunculan Android menggeser dan bahkan dapat dibilang membantai Blackberry.

Pertama kali teknologi inovasi sistem ini dikembangkan oleh Android Inc. Perusahaan ini mendapatkan dukungan dari Google. Namun kemudian produk Android yang berbasis Linux ini kemudian dibeli oleh Google.

Hasilnya adalah, saat ini hampir semua produsen HP layar sentuh menggunakan sistem Android yang dimiliki oleh Google. Pembaharuan teknologi inovasi Android kemudian terus dinantikan oleh para pengguna HP yang berbasis sistem operasi ini.

Kini beredar kabar akan ada pembaharuan Andorid 12 dari Google. Meski banyak produsen HP belum banyak menanamkan teknologi inovasi Android 11 dalam produk terbarunya, tapi sudah ada kabar susulan upgrade Android 12.

Untuk para penggemar Android, siapa sih yang nggak sabar menunggu kedatangan Andorid 12 yang terbaru ini? Berikut tim Teknolemper akan mengulasnya.

Jadwal rilis Android 12 Beta

Kita dapat mengingat bagaimana Android 10 dirilis pada September 2019. Lalu Google kembali memperbaharui sistem operasi dengan upgrade teknologi inovasinya dengan Android 11 dan rilis pada September 2020.

Jadi, ada kemungkinan bahwa teknologi inovasi dari Android 12 ini akan rilis secara resmi pada September 2021.

Tapi apakah para pengguna Android bisa mengunduh yang versi beta? Seperti diketahui, versi beta Android biasa diunduh dan digunakan oleh para pengembang.

Menurut Cnet, Google biasanya akan merilis versi Android Beta pada bulan Mei. Jika kalian penasaran, kalian bisa mengunduhnya di perangkat untuk penguji. Beberapa masalah seperti bug mungkin masih akan kalian temukan di versi Android Beta.

Bagaimana cara mengunduh Android 12

Jika nanti perusahaan teknologi Google merilis secara resmi Android 12nya, bagaimana kita mengunduhnya?

Sebenarnya, ini jawabannya tergantung. Mengapa? Pembaharuan sisten Android akan dilakukan oleh produsen, entah itu Google sendiri, atau Samsung, Xiaomi dan OnePlus.

Tapi secara umum, pembaharuan ini bisa dilakukan lewat sistem HP, yakni silakan nanti Anda pergi ke pengaturan Sistem> Lanjutan> Pembaruan sistem> Periksa pembaruan.

Baca juga: Facebook akan Buat Instagram untuk Anak-Anak

Perbaikan dan pembaharuan fitur

Pada Android 12, ada beberapa perbaikan dan pembaharuan fitur. Peningkatan dan perbaikan di lakukan di berbagai aspek seperti penanganan media atau dukungan notifikasi. Sebagian besar pengembang berpendapat perbaikan ini halus dan sempurna.

Selain itu, kabarnya dengan sistem Android 12 terbaru, kita akan dapat dengan mudah berbagi WiFi. Android 12 memberikan pembaharuan seperti jika kalian ingin berbagi WiFi, kalian akan melihat "di sekitar" dengan mudah.

Selain itu, Android 12 kabarnya akan mendukung format gambar AVIF yang disebut format yang menjanjikan kualitas gambar lebih baik daripada JPEG. Pertama kali format ini diperkenalkan di Android 10.

Selain itu, masih ada beberapa pembaharuan fitur lain yang menjanjikan estetika, dan kesempurnaan.

Baca juga: Daftar Smartphone dengan Kamera 108 Megapiksel

Nama resmi Android 12

Seperti yang sudah-sudah di mana pembaharuan Android memiliki nama lain, pada Android 12 ini juga akan memiliki kode nama yang lebih mudah disebutkan. Kemungkinan, menurut androidauthority, Android 12 ini namanya "Snow Cone."

Perangkat HP apa saja yang kompatibel dengan pembaharuan Android 12?

Tentu saja ini sangat banyak karena saat ini produsen HP telah bermunculan dan saling berperang untuk mendominasi pasar. Namun, beberapa akan kami sebutkan HP apa saja yang bakal kompatibel dengan sistem Android 12 yang terbaru.

Samsung

Produk Samsung yang bakal kompatibel dengan pembaharuan ini diperkirakan adalah keluarga Galaxy S20, Galaxy S21, Galaxy S10, Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 20. Untuk HP lipat, kemungkinan besar Samsung lipat semua kompatibel dengan Android 12.

Baca juga: Daftar Ponsel Terbaru Xiaomi Mi 11 Series dan Harganya

Xiaomi

Untuk produk Xiaomi yang kompatibel dengan Android 12 kemungkinan besar adalah semua produk terbaru. Beberapa di antaranya yang perlu dicatat adalah semua keluarga Xiaomi Mi 10 dan Mi Note 10 bakal kompatibel dengan Andorid 12.

Keluarga Redmi 9 seperti Redmi Note 9 juga bakal kompatibel dengan Android 12. Blackshark 3, Poco X2 dan Poco F2 Pro juga disebut bakal kompatibel dengan sistem operasi terbaru ini.

Vivo

Untuk HP yang terkenal dengan kamera swafoto super jernihnya ini, produk terbarunya Vivo kemungkinan besar kompatibel dengan pembaharuan Android 12. Beberapa di antara produk tersebut adalah keluarga Vivo X50, X51, dan X60.

Vivo iQOO juga bakal kompatibel, di antaranya adalah iQOO 7, iQOO Z1/Z1x, iQOO U1x, U2x, U3, iQOO Neo 5G/ Neo3 5G, iQOO 3 5g, iQOO 5 5G dan iQOO Z3.

Asus

Untuk produk Asus yang kompatibel, hampir semua Asus ROG Phone kemungkinan besar kompatibel. Beberapa yang perlu disebut adalah ROG Phone 5, Asus ROG Phone 5 Pro, Asus ROG Phone 5 Ultimate, Asus ZenFone 7, Asus ZenFone 7 Pro, Asus ROG Phone 3, Asus ROG Phone 3 Strix.

Baca juga: Jangan Kaget kalau Mobile Legends Dibeli Perusahaan TikTok

Realme

Produk Realme yang kompatibel dengan Android 12 di antaranya adalah Realme X50/X50 Pro 5G, Realme X50 Player Edition, Realme X50, Realme X7, Realme X7 Pro, Realme X3 SuperZoom, Realme 7i, Realme 7 Pro, Realme 7, Realme X3, Realme Narzo 10, Realme 6i, Realme 6/6 Pro, Realme C3 dan masih banyak lagi.

Oppo

Sedangkan untuk produk HP Vivo yang kompatibel dengan Android 12 di antaranya adalah Oppo Find X3/ X3 Pro/ X3 Neo/ X3 Lite, Oppo Find X2/ X2 Neo/ X2 Lite/ X2 Pro, Oppo F19/ F19 Pro/ F19 Pro+ 5G, Oppo Reno5 4G/ 5G/ Pro/ Pro+ 5G/ Lite/ F, Oppo Reno3/ 5G/ Pro 4G/ Pro 5G/ Youth, Oppo Reno4 5G/ 4 Lite/ 4 Pro/ 4 F/ 4 Z 5G. Masih ada juga banyak produk Oppo lain yang kompatibel dengan Android 12 terbaru ini.

Itu tadi sedikit ocehan mengenai informasi Android 12, bocoran fitur dan beberapa produk yang kompatibel.

Jika kalian tertarik dengan HP lipat terbaik yang bisa dimiliki pada tahun 2021 ini, kalian bisa baca artikelnya di sini.

Posting Komentar untuk "Android 12 Segera Meluncur, Ini Jadwal Rilis dan Bocoran Fiturnya"