Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Canadarm, Teknologi Antariksa Buatan Kanada

Pernah mendengar Canadarm? Mungkin bagi sebagian orang, istilah ini terdengar aneh dan ganjil. Tapi sebenarnya, Canadarm adalah teknologi antariksa yang sudah lama diciptakan. Teknologi antariksa Canadarm memiliki banyak fungsi, seperti menangkap kapsul astronaut di ISS.

canadarm, teknologi antariksa, teknologi antariksa canadarm, lengan robotik kanada
(Wikipedia.org/NASA)

Saat ini, teknologi antariksa yang paling ramai dibicarakan dan diberitakan adalah teknologi antariksa Rusia, dan Amerika Serikat.

Pihak yang bertanggung jawab atas pengembangan teknologi antariksa Rusia adalah ROSCOSMOS dan Amerika Serikat adalah NASA.

Meski begitu, di Amerika juga pihak swasta ikut mengembangkan teknologi antariksa. Mereka adalah SpaceX milin Elon Musk dan Blue Origin milik Jeff Bezos.

Negara-negara lain yang mengembangkan teknologi antariksa yang kadang diberitakan adalah Cina, Eropa dan Jepang serta Kanada. Untuk yang terakhir, jarang teknologi antariksanya diberitakan.

Kali ini kami akan membahas tentang teknologi antariksa buatan Kanada yang bernama Canadarm.

Canadarm adalah lengan robot di luar angkasa

Canadarm disebut juga Shuttle Remote Manipulator System atau SRMS. Ini adalah teknologi lengan robotik yang dikembangkan oleh Kanada.

Canadarm secara sederhana dapat disebut sebagai lengan robotik yang dikendalikan jarak jauh. Canadarm memiliki banyak fungsi, beberapa di antaranya adalah untuk menangkap benda-benda yang melayang di luar angkasa.

Adanya Canadarm ini telah membuat banyak kesuksesan berbagai misi antariksa.

Ini karena Canadarm dapat digunakan untuk memperbaiki satelit, menempatkan astronaut, melakukan perbaikan dan perawatan serta memindahkan kargo khususnya di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kerja Canadarm seperti lengan manusia

Sebagai lengan robotik, Canadarm memiliki rancangan seperti halnya lengan manusia. Candarm terdiri dari enam bagian yang masing-masing disambung dengan gearbox.

Menurut The Canadian Encyclopedia, panjang Canadarm adalah 15 meter dengan bagian-bagian yang dapat disebut pergelangan tangan, siku, dan bahu.

Di pergelangan tangan robot, ada kamera yang menjadi mata bagi Canadarm untuk dapat memperlihatkan kepada operator tentang kemana lengan akan di arahkan.

Operator memperhatikan pergerakan Canadarm lewat komputer dan mengendalikannya dengan joystick.

Total berat teknologi antariksa Canadarm adalah 410 kilogram. Akan tetapi, teknologi antariksa Canadarm tersebut mampu memindahkan beban seberat 30 ton di bumi dan sekitar 266 ton di ruang dengan nol gravitasi.

Sejarah pembuatan Canadarm

Sampai saat ini, teknologi antariksa Canadarm telah memiliki dua jenis dan rencananya akan ada tambahan satu lagi. Masing-masing memiliki nama Canadarm, Canadarm-2 dan Canadarm-3.

Pertamakali proyek pengembangan teknologi antariksa lengan robotik Canadarm dilakukan pada tahun 1980an. Besaran dana untuk mengembangkan teknologi antariksa tersebut sebanyak 110 juta dolar AS.

Pada tahun 1981 secara resmi Canadarm telah selesai dibuat dan diambil oleh NASA untuk diintegrasikan bersama dengan pesawat ulang-alik Columbia.

Penerbangannya ke luar angkasa dilakukan pada 13 November 1981 dalam misi yang dikenal dengan nama STS-2.

Tugas Canadarm berlangsung sampai tahun 2011. Dalam rentang waktu tersebut, ia sudah meluncur ke antariksa sebanyak 90 kali menumpang bermacam pesawat ulang-alik termasuk Challenger, Discovery, Atlantis, dan Endeavour.

Setelah tahun 2011, Canadarm digantikan tugasnya oleh Canadarm-2 yang disebut lebih canggih.

Canadarm membuat Kanada memiliki astronaut

uang kertas lima dolar kanada, canadarm di uang kertas

Teknologi antariksa Canadarm adalah salah satu teknologi yang dibanggakan oleh Kanada. Karena itu, gambar Canadarm diabadikan dalam uang kertas 5 dolar Kanada.

Menurut Chris Hadfield, orang Kanada pertama yang berjalan di luar angkasa, Canadarm membuat negara Kanada memiliki astronaut.

"Canadarm benar-benar tiket kami, dan itu memungkinkan Kanada menjadi bagian dari program luar angkasa. Jika tidak ada Canadarm, tidak akan ada astronot Kanada" kata Hadfield.

Jadi ini seperti sebuah barter teknologi. NASA menginginkan teknologi antariksa Canadarm untuk berbagai keperluan eksplorasi luar angkasa, sedangkan Kanada diajak kerjasama untuk misi luar angkasa termasuk mendidik astronaut.

Canadarm membangun Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS)

Keberadaan teknologi antariksa lengan robotik Canadarm ini benar-benar telah membantu manusia menciptakan salah satu puncak kehebatannya yakni pembangunan ISS. Canadarm banyak digunakan untuk membangun bagian-bagian ISS.

Jika ada kerusakan yang terjadi di bagian ISS, perbaikan dan perawatan akan dilakukan dengan Canadarm. Lengan robotik ini juga yang akan membantu astronaut berjalan di luar angkasa.

Pada tahun 1990, peluncuran teleskop Hubble dengan pesawat ulang-alik Discovery juga menggunakan bantuan Canadarm.

Pada teleskop Hubble ketika mengalami kerusakan, maka Canadarm juga yang akan menjadi alat bantu mengantakan para astronaut dan memperbaikinya.

Tahun 1983, Indonesia meluncurkan satelit Palapa Ring B1 milik Telkom Indonesia. Astronaut Sally Ride adalah yang mengoprasikan Canadarm untuk memasang satelit tersebut di luar angkasa.

Canadarm-2 menggantikan Canadarm

Canadarm pensiun pada tahun 2011. Namun sebelumnya, Kanada sudah mengembangkan penggantinya yang dinamai Canadarm-2 dan mulai diluncurkan pada tahun 2001.

Canadarm-2 ini disebut lebih maju dan lebih canggih dibandingkan pendahulunya. Canadarm-2 memiliki panjang 17,6 meter, memiliki tujuh sendi yang disambung dengan gearbox dan memiliki berat 1.800 kilogram.

Dengan teknologi antariksa yang lebih canggih yang dipasangkan di Canadarm-2, maka teknologi ini semakin memiliki peran sentral di ISS.

Canadarm-2 dapat digunakan untuk menangkap kapsul kru astronot yang akan datang ke ISS seperti Kru Dragon yang diterbangkan dengan roket peluncur Falcon-9 milik SpaceX.

Pada akhir tahun 2020 lalu, Canadarm-2 juga mulai diuji untuk bisa bergerak secara autonomous atau tanpa bantuan manusia. Itu membuat teknologi antariksa Canadarm semakin canggih untuk terus melakukan inovasi di atas ketinggian 400 kilometer dari bumi.

Teknologi inovasi Kanada tak hanya sebatas itu. Pada tahun 2026, Kanada akan mengirim penjelajah ke kutub Bulan. Kalian dapat membaca informasi tersebut di artikel Kanada akan Luncurkan Penjelajah Bulan pada 2026

Posting Komentar untuk "Canadarm, Teknologi Antariksa Buatan Kanada"