Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

F-150 Lightning, Truk Listrik Pertama Ford

Raksasa otomotif Ford yang berbasis di Michigan, Amerika Serikat memperkenalkan truk listrik pertamanya, yaitu F-150 Lightning. Truk listrik ini lebih ke jenis pickup yang dikembangkan dari F-series, salah satu pickup terlaris di Amerika Serikat selama 40 tahun.

ford, f-150, truk listrik, f-150 lightining, amerika serikat, ford f-150, truk listrik ford, ford f-150 lightning, listrik ford f-150, harga truk listrik

Ford adalah perusahaan raksasa otomotif Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan oleh Henry Ford pada 1903. Banyak mobil yang telah dibuat oleh perusahaan Ford menjadi legenda.

Untuk produksi truk, Ford telah mulai membuatnya sejak tahun 1908. Ada truk kelas berat, juga ada truk kelas ringan. Sayangnya, pasar truk Ford ini di Asia Tenggara tidak seperti truk-truk dari Jepang atau Eropa.

Di Indonesia, Ford pernah memasarkan secara resmi produk-produknya. Namun pada tahun 2016, ia memutuskan pergi. Ford kemudian memasrahkan layanan purna jual, garansi dan ketersediaan suku cadang kepada RMA Group, sebuah perusahaan yang berbasis di Thailand.

Meski begitu, ada penggemar tertentu yang gandrung dengan Ford. Salah salah truk kelas ringan yang berbentuk pickup memiliki pasar tersendiri serta prestise tersendiri. Kini Ford juga mengembangkan truk pickup listrik, yang benar-benar 100 persen listrik. Produk ini bernama F-150 Lightning dan bakal bersaing dengan Tesla Cybertruck.

Desain truk listrik Ford F-150 Lightning

Perkembangan teknologi mobil listrik dunia semakin bergairah. Upaya untuk membuat produk yang 100 persen elektrik dan ramah lingkungan terus dikebut dan dalam beberapa tahun ke depan kemungkinan besar menjadi tren tersendiri.

Raksasa otomotif Amerika Ford tak mau ketinggalan. Ia memperkenalkan F-150 Lightning yang seratus persen elektrik saat ini. Produk itu dikenalkan bersamaan dengan kunjungan Presiden Joe Biden ke markas Ford di Michigan.

Truk pickup Ford F-150 Lightning memiliki desain yang tidak terlalu mencolok seperti pesaingnya yakni Cybertruck. Desain yang ditawarkan oleh Ford terkesan biasa, tapi gagah dan elegan.

Lampu depannya seperti sabit yang berhadapan di tiap sisi dan dihubungkan dengan lampu panjang di bilah atasnya. Gridnya besar menegaskan kegagahannya.

Desain lampu belakangnya juga hampir serupa dengan lampu depan, yang memiliki bilah lampu panjang, menghubungkan lampu berbentuk seperti tanda tanya di sisi kanan dan kiri body.

Dua varian truk listrik Ford F-150 Lightning

Dalam perkenalannya, Ford sementara merilis dua varian untuk truk pickup listriknya tersebut. Dua varian tersebut adalah Standard Range dan Extended Range. Perbedaan di kedua varian tersebut paling mencolok terlihat di daya jangkau baterai yang digunakan.

Truk listrik Ford Standard Range

Untuk varian Standard Range, truk listrik Ford ini memiliki jangkauan sekitar 370 kilometer. Baterai lithium-ion yang digunakan diperkirakan mengalirkan energi listrik sebesar 115kWh.

Daya yang dihasilkan diperkirakan mencapai 426 tenaga kuda (hp).

Setiap F-150 Lightning memiliki pengaturan dual-motor, all-wheel-drive (AWD) atau semua roda mobil selalu bergerak. Dengan kemampuan ini, maka truk listrik Ford ini akan tetap nyaman berjalan di semua medan.

Truk Listrik Ford Extended Range

Untuk varian Extended Range, truk listrik Ford memiliki jangkauan yang lebih jauh dari pada Standard Range. Perkiraan jangkauan untuk varian ini adalah 482 kilometer.

Kapasitas baterai lithium-ion yang digunakan untuk versi ini diperkirakan mampu mengalirkan energi listrik sebesar 150 kWh.

Seperti halnya Standard Range, varian Extended Range ini juga memiliki pengaturan dual-motor dan all-wheel-drive atau AWD.

Akselerasi untuk kedua F-150 Lightning ini dari 0-95 km membutuhkan waktu sekitar 4,0 detik. Ini adalah kemampuan yang luar biasa untuk sebuah truk listrik pickup yang besar dan gagah.

Truk listrik F-150 Lightning mampu menarik hingga 4,5 ton.

Desain interior truk listrik F-150 Lightning

Seperti layaknya kendaraan listrik lain, truk listrik Ford F-150 Lightning ini memiliki teknologi canggih dan mutakhir. Ada layar besar di samping setir yang memperlihatkan banyak informasi daya listrik baterai yang digunakan.

Selain itu, layar sentuh yang berukuran besar itu juga dapat menampilkan beberapa informasi terkait cuaca, lalu lintas, kemiringan, muatan, bobot penarikan, dan banyak lagi yang lainnya.

Beberapa kamera dan radar juga dibekalkan di tubuh gagah truk listrik tersebut. Meski begitu, sebagai sebuah kendaraan listrik, ia memiliki teknologi cerdas yang dapar kalian kunci dengan hanya menggunakan HP cerdas.

Ford dalam halaman resminya juga menyampaikan bahwa pelanggan dapat memiliki empat profil akun untuk satu truk listrik Ford F-150 Lightning. Ini berarti beberapa anggota keluarga dapat memiliki otoritas pemakaian dan penguncian truk listrik tersebut.

Harga truk listrik Ford F-150 Lightning

Saat ini truk listrik Ford F-150 Lightning tampil sebagai perkenalan. Kemungkinan besar truk listrik ini akan secara resmi dijual pada pertengahan tahun 2020. Meski begitu, beberapa pengamat telah memprediksi perkiraan harganya.

Nantinya kemungkinan akan ada bebrapa varian turunan dari dua varian yang telah dijelaskan di atas. Jadi harganya nanti akan bergantung dengan fasilitas tiap varian yang ditawarkan.

Perkiraannya, untuk varian paling dasar atau paling rendah, harganya sekitar 42.000 dolas AS atau setara dengan Rp.604 juta dan untuk kelas atas sampai 55.000 dolar AS atau setara dengan Rp.791 juta. Tapi harga tersebut belum termasuk pengiriman dan itu pun adalah harga untuk konsumen Amerika Serikat.

Saat ini, Ford sudah melayani pemesanan dengan minimal pembayaran 100 dolar AS atau sekitar Rp.1,3 jutaan.

Keistimewaan truk listrik Ford F-150 Lightning

Selain gagah dan elegan, truk listrik Ford ini dibekali dengan baterai kapasitas besar. Itu membuat truk listrik Ford dapat digunakan untuk keperluan darurat.

Misalnya, jika terjadi pemadaman aliran listrik, maka truk listrik Ford F-150 Lightning ini dapat menjadi generator untuk menyalakan semua lampu rumah. Dengan catatan, bahwa truk listrik tersebut memiliki cakupan daya simpan sebelumnya yang banyak.

Jika biasanya sebuah rumah mengonsumsi daya listrik sekitar 30 kWh perhari, maka baterai listrik di dalam F-150 Lightning dapat menyalakan rumah selama setidaknya tiga hari.

Selain itu, karena daya tampung setrum di baterainya besar, maka truk listrik ini juga dapat digunakan untuk bekerja di tempat yang jauh sebagai generator.

Ada fitur Pro Power Onboard yang menawarkan daya maksimum 9,6 kWh dari empat colokan yang tersedia di mobil. Ini berarti pelanggan dapat menggunakan peralatan seperti gergaji listrik, bor listrik dan beberapa perlengkapan pertukangan lainnya.

Perusahaan mobil listrik Cina juga tak mau ketinggalan. Simak ulasan menarik salah satu perusahaan mobil listrik Xpeng ini: Mengenal XPeng, Produsen Mobil Listrik Tiongkok

Posting Komentar untuk "F-150 Lightning, Truk Listrik Pertama Ford"