Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hebat! Traktor Tenaga Listrik Autopilot Ini Bakal Manjakan Petani

Teknologi inovasi terus digeber di dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam sektor pertanian. Ada produk teknologi inovasi baru berupa traktor tenaga listrik dan istimewanya, bisa bekerja otomatis. Traktor tenaga listrik ini bakal manjakan petani.


inovasi teknologi masa depan, traktor, inovasi teknologi traktor, traktor cerdas, traktor listrik, traktor otomatis, traktor otonom, inovasi teknologi, inovasi teknologi pertanian,
Ilustrasi (Unsplash.com/Julia Koblitz)

Traktor adalah bentuk teknologi di sektor pertanian yang banyak memberikan manfaat kepada petani.

Keberadaan inovasi teknologi traktor telah banyak mengubah kebiasaan kuno para petani menjadi lebih modern. Sebagai sebuah inovasi teknologi, alat ini telah mengubah sistem pertanian yang ada di banyak belahan dunia.

Kini perkembangan inovasi teknologi semakin cepat dan canggih. Ada sebuah perusahaan yang membuat traktor dengan bahan bakar tenaga listrik dan ramah lingkungan. Selain itu, traktor tersebut juga bisa digunakan secara autopilot atau tanpa disopiri oleh petani.

Ini termasuk inovasi teknologi terbaru dan canggih. Jika sebelumnya teknologi autopilot biasa disematkan pada pesawat, kapal atau mobil, kini traktor pun sudah ada yang menggunakan fitur tersebut. Ini adalah inovasi teknologi masa depan.

Berikut ini tim dari Teknolemper akan memberikan ulasan mengenai inovasi teknologi traktor tersebut.

Traktor cerdas di dunia

Jika saat ini sudah biasa ditemukan inovasi teknologi HP cerdas atau mobil cerdas, inovasi teknologi masa depan di sektor pertanian juga bergerak menuju ke sana. Sebuah perusahaan rintisan bernama Monarch telah membuat traktor cerdas.

Monarch Tractor adalah perusahaan rintisan yang berbasis di California, Amerika Serikat. Produk traktornya adalah contoh inovasi teknologi pertanian masa depan. Mereka membuat traktor yang berbeda, khususnya dari sumber tenaga yang dibutuhkan.

Traktor dari Monarch adalah bentuk teknologi di sektor pertanian yang mengedepankan teknologi hijau. Monarch merancang traktornya menggunakan sumber tenaga listrik dan dapat bekerja secara otonom atau tanpa sopir.

Ini menjadikan traktor tersebut sebagai traktor cerdas dan Monarch juga disebut sebagai perusahaan yang pertama kali mulai menjual traktor listrik ini.

Tujuan membuat traktor cerdas

inovasi teknologi masa depan, traktor, inovasi teknologi traktor, traktor cerdas, traktor listrik, traktor otomatis, traktor otonom, inovasi teknologi, inovasi teknologi pertanian,
Traktor listrik canggih dari Monarch Tractor


Krisis iklim saat ini telah menjadi perhatian yang serius. Salah satu penyebab krisis iklim adalah banyaknya emisi karbon yang dilepaskan oleh berbagai sektor industri dan membuat lingkungan menjadi kotor dan bumi terancam rusak.

Sektor pertanian adalah salah satu sektor penghasil makanan, tetapi juga menghasilkan banyak emisi karbon dioksida. 

Pada tahun 2011 yang lalu, sektor industri pertanian menyumbang 13 persen emisi karbon global. Itu adalah jumlah yang sangat besar. Belum lagi ditambah dari sektor peternakan, sektor penggunaan lahan dan sektor distribusi yang juga menyumbang banyak emisi karbon.

Karena itu, Monarch Tractor memiliki ambisi masa depan untuk memperbaiki industri pertanian dengan mengembangkan teknologi hijau yang bersih. Ini adalah inovasi teknologi masa depan yang luar biasa.

Inovasi teknologi utama yang diciptakan oleh Monarch Tractor adalah teknologi pertanian yang berbasis tenaga listrik. Monarch berkomitmen meningkatkan praktik pertanian untuk memungkinkan solusi yang bersih, efisien, dan ekonomis bagi petani saat ini dan generasi petani yang akan datang.

Baca juga: Inovasi Baterai Mobil Listrik, Ngecas Cuma Lima Menit

Fitur canggih traktor listrik

Dengan tawaran produk yang berbasis ramah lingkungan demi mengurangi emisi karbon, ada beberapa fitur canggih yang disematkan di traktor listrik buatan Monarch.

Traktor listrik ini dapat mengurangi emisi karbon dioksida rata-rata 53 ton per tahun. Jumlah tersebut setara dengan mengeluarkan 14 mobil penumpang berbahan bakar bensin dari jalan raya.

Selain itu, fitur canggih lainnya adalah traktor listrik ini dapat mengumpulkan data saat beroperasi. Data yang dikumpulkan akan memberikan informasi kepada petani tentang kesehatan lahan dan tanaman serta hasil panen jangka panjang.

Selain itu, traktor listrik dari Monarch juga dapat mengingatkan petani akan masalah seperti kebocoran irigasi atau perubahan warna tanaman.

Lebih dari 50 insiyur yang bekerja untuk mengembangkan inovasi teknologi traktor cerdas tersebut.

Baca juga: Teknologi untuk Gaya Hidup Minim Sampah Makanan

Berapa harga traktor cerdas?

Berbagai tawaran yang menguntungkan demi menjalankan industri jangka panjang di sektor pertanian yang lebih hijau dan ramah lingkungan, ada harga yang juga harus dibayarkan. Sejauh ini, produk inovasi teknologi kendaraan berbasis tenaga listrik masih terhitung mahal.

Begitu juga dengan traktor cerdas yang dikembangkan oleh Monarch. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa di tahun-tahun yang akan datang, traktor cerdas tersebut akan semakin banyak diproduksi dan harganya bisa lebih murah.

Saat ini, Monarch Tractor mengatakan akan menjual traktor cerdasnya seharga 50.000 dolar AS atau setara dengan Rp.714 jutaan. Perusahaan akan mulai menjual traktor cerdas itu di California, Oregon dan Washington.

Akhir tahun ini, perusahaan berharap akan dapat memproduksi secara massal traktor cerdas yang berbasis tenaga listrik tersebut.

Meski harganya terlihat mahal, namun menurut Monarch, traktor dapat menghemat ribuan dolar petani yang menggunakannya.

Traktor ini dapat bekerja selama 10 jam dari baterai yang ia gunakan. Untuk mengisi baterai sampai penuh, butuh waktu lima jam dalam pengisian daya setrumnya.

Baca juga: Teknologi Cahaya Alami dari Jamur

Fitur otonom autopilot

inovasi teknologi masa depan, traktor, inovasi teknologi traktor, traktor cerdas, traktor listrik, traktor otomatis, traktor otonom, inovasi teknologi, inovasi teknologi pertanian,
Ilustrasi (Unsplash.com/Kārlis Zalāns)


Sudah disinggung sebelumnya bahwa salah satu inovasi teknologi dari traktor cerdas ini adalah adanya fitur otonom berupa sistem otomatisasi kendali yang juga bisa disebut autopilot.

Traktor dari Monarch dapat dikendalikan tanpa membutuhkan kemudi. Itu berarti akan menghemat banyak biaya tenaga kerja.

Meskipun tidak membutuhkan pengemudi, untuk mematuhi peraturan di Amerika Serikat, perusahaan harus memiliki operator jarak jauh.

Fungsinya operator jarak jauh ini akan memberikan peringatan seperti mengendalikan traktor dan menghentikannya jika terjadi ancaman seperti kecelakaan.

Traktor cerdas Monarch memiliki sensor yang dapat mendeteksi ternak dan tanaman. Traktor juga memiliki sistem pencegahan tabrakan yang memungkinkannya beroperasi secara mandiri bersama pekerja pertanian.

Traktor juga dapat dikendalikan melalui ponsel cerdas atau perangkat pribadi. Pengguna akan menerima peringatan traktor, pembaruan tentang kondisi cuaca mikro real time, laporan operasi terperinci, pengumpulan data, analisis, dan penyimpanan untuk perencanaan pertanian yang lebih efisien.

Apakah ada perusahaan lain yang juga menawarkan kecanggihan serupa Monarch Tractor? Tentu saja ada. Di zaman berkemajuan seperti saat ini, inovasi teknologi bisa terjadi dan dilakukan di beberapa tempat dengan teknologi yang hampir serupa.

Beberapa perusahaan yang mengembangkan traktor cerdas lain adalah Bear Flag Robotics yang juga berbasis di California. Bear Flag Robotics mengembangkan inovasi teknologi otomatisasi sektor pertanian.

Ada juga Agrointelli, sebuah perusahaan di Denmark. Perusahaan ini juga membuat inovasi teknologi ramah lingkungan dengan menawarkan sistem pertanian otomatis sepenuhnya untuk pertanian subur. Agrointeli mengatakan telah melakukan penelitian lebih dari 20 tahun untuk mengembangkan inovasi teknologinya.

Selain pengembangan inovasi teknologi, ada juga pengembangan inovasi drone di sektor pertanian. Kalian bisa membaca ulasan menarik di artikel Teknologi Drone Pertanian Pembunuh Serangga

Posting Komentar untuk "Hebat! Traktor Tenaga Listrik Autopilot Ini Bakal Manjakan Petani"