Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kanada akan Luncurkan Penjelajah Bulan pada 2026

Perkembangan teknologi antariksa terus melaju. Kini giliran Kanada yang berencana akan melakukan penjelajahan di luar angkasa, tepatnya di Bulan. Pemerintah Kanada mengatakan mereka akan luncurkan penjelajah pada tahun 2026 mendatang.

kanada, kanada akan kirim penjelajah ke bulan, bulan
Ilustrasi (Pexels.com/Bruno Scramgnon)

Mungkin Kanada memang tak sepopuler Amerika Serikat dalam ambisi eksplorasi teknologi antariksa. Meski begitu, negara satu ini telah memiliki banyak prestasi.

Kanada pertama kali berhasil mengirim satelitnya pada tahun 1962. Satelit tersebut bernama Alouette 1. Kanada bekerja sama dengan badan antariksa milik Amerika Serikat, NASA, untuk meluncurkannya ke orbit bumi.

Selanjutnya, Kanada juga berhasil meluncurkan satelit Anik A-1 pada tahun 1972. Satelit tersebut membuat Kanada menjadi negara pertama di dunia yang membangun jaringan komunikasi geostasioner domestiknya sendiri.

Meski sudah sukses meluncurkan satelit, tapi Kanada belum memiliki badan antariksa sendiri. Baru pada tahun 1990, Kanada dengan resmi mendirikan Canadian Space Agency (CSA) yang secara resmi bertanggung jawab dalam pengembangan teknologi antariksa.

Bulan ini, pemerintah Kanada mengumumkan bahwa mereka akan mengirim sebuah penjelajah ke bulan. Rencana itu akan dilaksanakan pada tahun 2026 mendatang. Dengan pengumuman tersebut, kini misi luar angkasa dunia semakin ramai.

Mimpi besar Kanada

menteri sains kanada, Francois-Philippe Champagne
Francois-Philippe Champagne, Menteri Sains Kanada (Wikipedia.org/Saeima)

Sebagai tetangga dekat Amerika Serikat, Kanada tidak terlalu memiliki prestasi mencolok dalam bidang teknologi antariksa. Meski begitu, negara ini tidak boleh disepelekan.

Tahun lalu, pemerintah Kanada telah bersedia menggelontorkan dana sebanyak 150 juta dolar atau setara Rp.2,1 triliun untuk program eksplorasi ruang angkasa.

Kini CSA bermitra dengan NASA dan berencana bakal mengirimkan penjelajah robotik tak berawak ke bulan, tepatnya pada tahun 2026 mendatang.

Ambisi tersebut didasarkan pada ketertarikan global yang meningkat atas eksplorasi ruang angkasa saat ini. Oleh sebab itu, Kanada ingin bergerak ikut serta melakukan inovasi dan memimpin penelitian bersama dengan negara lainnya.

Menurut laman Phys, Menteri Sains Kanada yang bernama Francois-Philippe Champagne mengatakan dalam sebuah konferensi pers pada 27 Mei bahwa "mari kita manfaatkan momen ini. Menurut saya, belum pernah ada waktu yang lebih baik untuk menjadi orang Kanada, dan bermimpi besar."

Proposal rancangan penjelajah bulan akan segera diajukan

rover, penjelajah, penjelajah mars, rover mars, model rover mars
Tiga model penjelajah Mars yang dikembangkan NASA (Wikipedia.org/NASA)

Ambisi yang diumumkan oleh pemerintah Kanada tersebut sejauh ini masih berupa rencana. Jadi, CSA belum memiliki desain resmi seperti apa kendaraan penjelajah robotik yang akan mereka kirimkan ke bulan.

Kepala CSA yang bernama Lisa Campbell mengatakan akan meminta kepada dua perusahaan Kanada untuk mengajukan proposal desain kendaraan penjelajah tersebut.

Menurut laman media Kanada, CBC, wahana antariksa penjelajah dari Kanada akan melakukan eksplorasi di kutub bulan. Wahana antariksa robotik tak berawak itu bertujuan untuk mengumpulkan citra dan pengukuran di permukaan kawah bulan.

CSA juga berharap bahwa wahana antariksa penjelajah yang akan mereka kirimkan ke bulan dapat melewati malam-malam panjang yang dingin di satelit Bumi tersebut.

Hal itu dilakukan karena kondisi cuaca Bulan tidak seperti di Bumi. Kondisi di sana jauh lebih ekstrim dari pada di Bumi sehingga diharapkan dapat melakukan eksplorasi selama dua minggu.

Kanada ikut misi keliling Bulan bersama program Artemis NASA

kanada, misi artemis-2, artemis-2, astronaut kanada artemis-2
Rencana misi Artemis-2 (Wikipedia.org/NASA)

Sebagai rencana dari mimpi besar Kanada untuk ikut serta berkontribusi mengembangkan teknologi antariksa, negara tersebut juga sudah menjalin kesepakatan bersama NASA untuk misi berkeliling Bulan.

Astronaut dari Kanada yang akan ikut serta dalam misi tersebut bernama David Saint-Jacques. Dia juga ikut hadir dalam rencana pemerintah Kanada yang akan mengirimkan penjelajah Bulan lima tahun mendatang.

Pada bulan Desember tahun lalu, Kanada telah bersepakat dengan Amerika Serikat dalam kerjasama keliling Bulan tersebut.

Menurut Space, secara sederhana, kerjasama dua negara itu seperti bertukar teknologi. Kanada akan menyediakan teknologi robotika untuk NASA dan sebagai gantinya astronaut Kanada akan ikut berpartisipasi dalam program Artemis-2 yang rencanya akan terbang keliling Bulan pada tahun 2023 mendatang.

Misi Artemis-2 milik NASA memiliki rencana jangka panjang sebagai bagian dari program pendaratan di permukaan bulan. Misi tersebut bakal menggunakan pesawat antariksa Orion.

Sejauh ini, rencana awal dari misi Artemis-2 adalah dengan cara membawa awak pesawat antariksa Orion melakukan penerbangan melintasi bulan, lalu kembali lagi ke Bumi.

Awalnya, misi tersebut bermaksud akan mengumpulkan sampel dari asteroid yang ditangkap di orbit Bulan. Namun selanjutnya, misi tersebut dibatalkan.

Jadi misi Artemis-2 hanya akan mengelilingi orbit Bulan dan kembali lagi ke Bumi. Misi tersebut akan membawa empat astronaut. Tiga astronaut berasal dari Amerika Serikat dan satu astronaut berasal dari Kanada yang bernama David Saint-Jacques.

Posting Komentar untuk "Kanada akan Luncurkan Penjelajah Bulan pada 2026"