Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keren! Rusia Bakal Buat Film di Luar Angkasa

Film yang berlatar luar angkasa saat ini sudah banyak, termasuk tentang alien. Tapi Rusia akan segera membuat sebuah film drama yang pengambilan gambarnya di luar angkasa. Seperti apa film tersebut?

teknologi luar angkasa, luar angkasa, film luar angkasa, film luar angkasa rusia, rusia buat film di luar angkasa, antariksa, amerika buat film di luar angkasa
Ilustrasi (Pexels.com/SpaceX)


Eksplorasi dan eskploitasi luar angkasa itu super mahal. Teknologi untuk mengembangkannya butuh duit yang banyak. Selama ini, teknologi luar angkasa selalu bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan belaka.

Tapi dalam satu dekade terakhir, banyak pebisnis mulai berpikir untuk mengeruk keuntungan dari teknologi luar angkasa yang sudah berkembang. Beberapa di antaranya adalah piknik atau tamasya luar angkasa.

Setidaknya ada dua perusahaan komersial yang sudah menawarkan jasa piknik luar angkasa tersebut yakni SpaceX dan Virgin Galactic.

SpaceX telah resmi menjadi perusahaan penerbangan luar angkasa yang terbukti mampu mengantarkan astronaut NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Sedangkan Virgin Galactic masih terus mengembangkan teknologi luar angkasa wahana berawak yang bakal digunakan untuk para pelancong yang ingin bertamasya ke luar angkasa.

Jeff Bezos, melalui perusahaan Blue Origin juga sudah bergerak cepat mengembangkan teknologi luar angkasa. Sepertinya, perusahaan Jeff Bezos tersebut juga akan masuk dalam bisnis piknik luar angkasa dimasa depan. Tapi kali ini masih dalam tahap pengembangan yang bekerjasama dengan NASA, untuk misi pendaratan manusia di Bulan.

Selain bisnis piknik luar angkasa, kini gagasannya semakin berkembang yakni bisnis perfilman. Amerika Serikat, lewat NASA dan Elon Musk berencana akan membuat film di luar angkasa. Aktor yang dipilih adalah Tom Cruise.

Rusia juga tak mau ketinggalan.

Badan antariksa Rusia yang bernama Roscosmos bekerjasama dengan salah satu media terbesar Rusia, Channel One, telah memilih tim yang terdiri dari aktor dan sutradara. Mereka selanjutnya akan dilatih seperti kosmonaut dan rencananya pada tahun 2021 ini akan mulai syuting di ISS.

Perlombaan luar angkasa kedua

Respon Rusia yang juga bakal menyusul Amerika Serikat membuat film di luar angkasa telah menjadi perlombaan luar angkasa baru. Ini adalah episode kedua tentang bagaimana dua negara raksasa itu bersaing kembali dalam teknologi luar angkasa.

Sebelumnya, Rusia yang saat itu masih Uni Soviet telah berlomba dengan Amerika Serikat dalam pengembangan teknologi luar angkasa. Perlombaan itu adalah salah satu episode perlombaan sengit untuk menunjukkan kepada dunia siapa negara yang paling adidaya.

Perlombaan luar angkasa episode pertama ditandai dengan suksesnya Rusia mengirim satelit Sputnik ke orbit bumi. Selanjutnya, dua negara saling bersaing mengirim satelit bahkan mengirim manusia ke luar angkasa.

Perlombaan pengembangan teknologi luar angkasa itu mereda setelah Uni Soviet hancur pada tahun 1990an. Uni Soviet menjadi Rusia dan banyak dari proyek luar angkasa milik mereka kemudian terhenti karena persoalan biaya.

Kini, Rusia dan Amerika Serikat kembali memasuki ring pertarungan baru. Mereka berdua akan berlomba membuat film dan kita, negara-negara yang belum mampu mengembangkan teknologi luar angkasa secara canggih, hanya bisa menonton bagaimana hasil kedua film tersebut.

Baca juga: Mantap! Tiongkok Bangun Stasiun Ruang Angkasa Sendiri

Film seperti apa yang akan dibuat oleh Rusia di luar angkasa?

teknologi luar angkasa, luar angkasa, film luar angkasa, film luar angkasa rusia, rusia buat film di luar angkasa, antariksa, amerika buat film di luar angkasa
Ilustrasi (Pexels.com/Pixabay)


Sejauh ini, belum ada penjelasan secara rinci mengenai film yang akan dibuat oleh Rusia. Tapi sudah ada beberapa bocoran mengenai film tersebut.

Beberapa informasi yang berhasil didapatkan oleh publik adalah, Rusia akan membuat sebuah film drama. Judul film tersebut sementera ini diketahui adalah "Vyzov" (The Challenge).

Secara samar-samar menurut informasi yang beredar, film The Challenge yang bakal dibuat oleh Rusia berkisah tentang misi seorang ahli bedah wanita untuk melakukan operasi pada kosmonaut yang terlalu sakit untuk segera kembali ke Bumi.

Film Rusia ini akan didukung oleh Co-produser yakni kepala Roscosmos yang bernama Dmitry Rogozin dan sutradara Channel One yang bernama Konstantin Ernst.

Baca juga: 5 Fakta VSS Imagine, Pesawat Ruang Angkasa Generasi Ketiga Milik Virgin Galactic

Berapa orang yang terpilih sebagai aktor?

Tahun lalu, tepatnya pada bulan November tahun 2020, Roscosmos dan Channel One membuat pengumuman casting untuk mencari aktor dalam film yang akan syuting di luar angkasa. Roscosmos sendiri mengatakan bahwa pemain film tersebut tidak harus dari profesional.

Karena itu, ada ribuan orang yang melamar. Padahal nantinya yang terpilih hanya dua orang. Satu orang akan menjadi aktor utama dan satunya lagi adalah kru cadangan.

Begitupun dengan sutradara untuk film tersebut. Hanya satu sutradara yang terpilih sebagai sutradara utama dan satu orang lagi terpilih sebagai sutradara kru cadangan.

Dalam pengumuman itu, Roscosmos mengatakan mencari "pahlawan super sejati untuk pergi ke bintang, pada saat yang sama menjadi bintang internasional yang besar."

Baca juga: Al-Amal, Misi Pertama Mars dari Arab

Apa syarat menjadi aktor untuk film luar angkasa milik Rusia?

teknologi luar angkasa, luar angkasa, film luar angkasa, film luar angkasa rusia, rusia buat film di luar angkasa, antariksa, amerika buat film di luar angkasa
Ilustrasi (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Menjadi aktor memang harus memiliki ketrampilan seni peran. Namun uniknya, Roscosmos tidak memasukkan ketrampilan seni peran yang biasa dilakoni para bintang film. Roscosmos mengatakan bahwa semua orang bisa berkompetisi.

Dalam kompetisi pencarian aktor itu, badan antariksa Rusia memberikan syarat. Lalu apa saja syarat-syaratnya?

Syarat utama adalah perempuan yang akan jadi pemeran utama. Usianya harus berada di antara 25 dan 40 tahun dan yang pastinya, seorang warga negara Rusia.

Syarat selanjutnya adalah mengenai berat badan. Mereka yang dicari adalah antara 50kg dan 70kg dan memiliki "lingkar dada" hingga 112 cm.

Roscosmos juga memberikan syarat fisik yang lumayan berat yakni "dia harus bisa berlari 1 km dalam tiga setengah menit atau kurang, berenang gaya bebas 800 meter dalam 20 menit, dan menyelam dari papan loncatan 3 meter dengan teknik yang mengesankan."

Baca juga: Satelit Kayu Jepang, Upaya Kurangi Sampah Antariksa

Siapa yang terpilih sebagai aktor dan sutradara untuk film luar angkasa milik Rusia?

Sudah disinggung sebelumnya, ada ribuan pelamar yang mengajukan diri agar terpilih sebagai aktor dalam pembuatan film The Challenge tersebut. Dalam penyaringan seleksi, setidaknya ada 19 perempuan yang terpilih sebagai kandidat potensial.

Akan tetapi dari 19 kandidat potensial tersebut, hanya dua yang dipilih. Satu sebagai pemeran utama dan satu sebagai cadangan.

Setelah seleksi dengan ketat, orang yang terpilih bernama Julia Peresild. Dia adalah perempuan cantik kelahiran 5 September 1984. Meskipun Roscosmos mengabaikan pengalaman seni peran para pelamat yang mendaftar, tapi faktanya Julia Peresild adalah aktris sekaligus penyanyi yang cukup mentereng di Rusia.

Peresild mulai muncul di layar kaca dalam serial televisi Rusia yang berjudul Land (2003), yang disutradarai oleh Aleksandr Baranov. Ia kemudian memainkan banyak film. Beberapa film yang membuat namanya menjadi terkenal adalah serial televisi Santa Lucia (2012), dan film thriller mistis Sonnentau (2012).

Film lain yang mengesankan dan dimainkah oleh Julia Peresild adalah sebuah film autobiografi seorang sniper perempuan Rusia yang bernama Lyudmila Pavlichenko. Film itu berjudul Battle for Sevastopol yang rilis pada tahun 2015 lalu.

Lalu sutradaranya adalah Klim Shipenko. Dia juga termasuk salah satu sutradara handal yang masih muda, yang saat ini berusia 37 tahun. Salah satu film yang ia buat dan mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik di Rusia adalah Salyut 7.

Film Salyut 7 berkisah tentang kecelakaan wahana Rusia yang bernama Soyuz T-13 pada tahun 1985. Jadi itu adalah film yang berdasarkan kisah nyata. Soyuz T-13 adalah misi memperbaiki kembali wahana yang telah mati sehingga dapat aktif dan digunakan kembali.

Dua lagi yang menjadi cadangan adalah Alena Mordovina dan sutradara Alexei Dudin.

Baca juga: Wahana Antariksa SpaceX Crew Dragon dan Kesuksesannya

Persiapan sebelum melakukan syuting film

teknologi luar angkasa, luar angkasa, film luar angkasa, film luar angkasa rusia, rusia buat film di luar angkasa, antariksa, amerika buat film di luar angkasa
Julia Peresild (Wikipedia.org)

Pembuatan film di luar angkasa akan sangat berbeda dengan pembuatan film di bumi. Di luar angkasa, kru yang dikirim akan dilatih layaknya seorang astronaut. Begitu juga dengan empat orang yang sudah terpilih, akan melakukan pelatihan terlebih dulu.

Pada bulan Juni 2021, semua kru yakni aktor dan sutradara akan memulai pelatihan. Pelatihan tersebut mencakup pelatihan penerbangan dalam gravitasi nol dan pelatihan parasut.

Roscosmos mengatakan "mereka harus melalui, antara lain, tes pada centrifuge, penyangga getaran, untuk membuat penerbangan pengantar dan pelatihan di pesawat dalam gravitasi nol serta untuk menjalani pelatihan parasut." Semua proses pelatihan akan diliput oleh Channel One.

Kapan syuting akan dimulai?

Setelah pelatihan dilakukan dan persiapan semuanya sesuai dengan jadwal, maka peluncuran kru pembuatan film akan dilakukan pada bulan Oktober 2021.

Tim pembuat film The Challenge akan berangkat menuju ISS dengan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-19. Peluncurannya akan dilakukan dari pelabuhan antariksa kosmodrom Baikonur di Kazakhstan.

Belum ada kejelasan yang rinci mengenai kapan film tersebut akan dirilis. Namun yang pasti, kini perlombaan antara Amerika Serikat dan Rusia di luar angkasa akan semakin nyata dengan balapan pembuatan film tersebut.

Jika kalian tertarik dengan informasi menarik lain, kalian bisa membaca juga kesuksesan SpaceX dalam uji coba Starship yang membuat manusia selangkah lebih dekat ke Mars

Posting Komentar untuk "Keren! Rusia Bakal Buat Film di Luar Angkasa"