Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Purwarupa Starship Sukses Mendarat, Selangkah Lebih Dekat ke Mars

Purwarupa Starship milik SpaceX sukses melakukan pendaratan. Ini adalah langkah luar biasa dari upaya mewujudkan ambisi Elon Musk untuk membangun koloni di planet Mars.

starship, purwarupa, purwarupa starship, sn15, purwarupa starship sn15, teknologi antariksa, wahana antariksa, spacex
(Wikipedia.org)

Starship adalah teknologi antariksa yang dikembangkan oleh SpaceX. Starship bertujuan menjadi roket kargo kelas berat. Sejauh ini, pembuatan dan pengembangan teknologi antariksa Starship masih terus dilakukan dan masih dalam bentuk purwarupa (prototype).

Pada tanggal 5 Mei 2021, purwarupa Starship milik SpaceX sukses melakukan pendaratan. Nama purwarupa itu adalah Starship SN15. Itu adalah keberhasilan yang luar biasa yang diraih oleh tim SpaceX. Sebelumnya, SpaceX telah melakukan uji coba berulangkali tetapi mengalami kegagalan.

Beberapa kegagalan dari uji coba purwarupa Starship tersebut, bisa kalian simak dalam artikel di sini. Purwarupa Starship mengalami ledakan besar ketika mendarat.

Bagaimana purwarupa Starship SN15 terbang?

Pada tahun 2021 ini beberapa kesuksesan telah diraih oleh SpaceX. Mereka sukses mengirim astronaut NASA ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional dan juga berhasil memulangkan astronaut NASA lainnya. SpaceX juga berhasil mengirim satelit Starlink ke orbit.

Purwarupa Starship SN15 adalah pengembangan teknologi antariksa terbaru, gabungan dari teknologi sebelumnya. Purwarupa ini meluncur dari launchpad fasilitas SpaceX di Boca Chica, Texas pada pukul 18:24 waktu setempat pada hari Rabu, 5 Mei 2021.

Tiga mesin utama Raptor yang ditanamkan di tubuh purwarupa Starship SN15 mendorong wahana antariksa berwarna silver itu menuju langit hingga mencapai ketinggian sekitar 10 kilometer.

Sampai pada ketinggian yang ditargetkan, tiga mesin Raptor itu kemudian dimatikan. Purwarupa Starship SN15 kemudian jatuh bebas ke bumi secara horizontal. Itu adalah bagian untuk menguji pendaratan heavy rocket wahana Starship.

Baca juga: Wahana Antariksa SpaceX Crew Dragon dan Kesuksesannya

Melakukan manuver dan mendarat


Sedari awal, wahana antariksa Starship ditargetkan menjadi wahana yang reusable. Reusable maksudnya adalah dapat digunakan kembali ketika sudah diterbangkan. Karena itu, Starship memiliki tantangan untuk bisa mendarat secara sempurna ketika pulang menembus atmosfer untuk jatuh ke bumi.

Dalam uji coba Starship SN15, wahana antariksa itu memiliki misi untuk melakukan flip manuever dan mendarat di tempat yang sudah ditentukan.

Ketika tubuh Starship SN15 jatuh secara horizontal dan mendekati tempat pendaratannya, tiga mesin Raptor menyala secara bertahap. Dua mesin Raptor itu menyala dan mendorong tubuh purwarupa Starship SN15 untuk kembali berdiri melakukan reposisi secara vertikal.

Lalu dengan mengandalkan kekuatan gravitasi bumi, Starship SN15 jatuh dengan ditahan pendorong dari mesin Raptor yang menyala. Dengan pelan, wahana antariksa yang tingginya hampir setara dengan 15 gedung bertingkat itu, secara sempurna melakukan pendaratannya.

Baca juga: Satelit Kayu Jepang, Upaya Kurangi Sampah Antariksa

Belajar dari kegagalan sebelumnya

Keberhasilan Starship SN15 adalah kesuksesan yang diraih dari kegagalan. Empat purwarupa Starship sebelumnya meledak dan menjadi kepingan-kepingan ketika sampai di landasan. Pada bulan Maret lalu, pendaratan purwarupa Starship sebenarnya telah berhasil tapi delapan menit kemudian purwarupa itu meledak, menyusul nasib purwarupa sebelumnya.

Belajar dari beberapa kegagalan itu, perbaikan dan pengembangan teknologi antarksa di tubuh Starship SN15 dilakukan.

Melansir dari laman Space, perwakilan SpaceX menulis pernyataan bahwa "SN15 memiliki perbaikan di seluruh struktur, avionik dan perangkat lunak, serta mesin yang akan memungkinkan lebih banyak kecepatan dan efisiensi selama produksi dan penerbangan."

Pembaharuan teknologi antariksa juga dilakukan dan ditingkatkan di sisi avionik baru, termasuk desain dan konfigurasi mesin Raptor yang ditanamkan di tubuhnya.

Persaingan penjelajahan antariksa semakin seru. Tiongkok baru saja berhasil mengirim modul utama untuk membangun stasiun ruang angkasa miliknya sendiri yang bernama Tianhe. Kalian bisa membacanya ulasan menariknya di sini.

Posting Komentar untuk "Purwarupa Starship Sukses Mendarat, Selangkah Lebih Dekat ke Mars"