Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Fakta Planet Venus, Si Planet Neraka

Planet Venus disebut juga planet kembaran Bumi. Planet ini memiliki ukuran yang hampir sama besarnya dengan planet yang kita tinggali saat ini. Meski begitu, planet ini sampai sekarang masih misterius. Berikut 12 fakta planet Venus, si planet neraka.

venus, planet venus, fakta venus, venus dan bumi
(Wikipedia.org/NASA)

Planet Venus adalah planet terdekat kedua dengan matahari. Selain itu, planet venus juga disebut sebagai kembaran Bumi. Meski begitu, eksplorasi planet Venus masih jarang sehingga informasi mengenai planet ini masih sedikit.

Berikut ini kami sampaikan 12 fakta menarik tentang planet Venus, sebuah planet yang dekat dengan Bumi tapi panasnya seperti neraka.

Venus adalah planet terpanas

Mungkin ini adalah fakta yang mengejutkan karena planet Venus sebenarnya adalah planet yang lebih panas dibandingkan planet lainnya.

Meski planet Merkurius itu lebih dekat dengan matahari, tapi fakta membuktikan bahwa planet Venuslah yang lebih panas.

Rata-rata suhu di planet Venus adalah 462 derajat Celsius. Penyebab utama mengapa Venus ini sangat panas karena sebagian besar udara adalah karbon dioksida yang terkonsentrasi di dalam atmosfer.

Karena itulah, planet Venus ini mengalami efek rumah kaca yang intens dan atmosfernya yang tebal menjebak panas tersebut, yang membuat planet ini disebut juga planet neraka.

Venus adalah planet paling terang yang terlihat dari Bumi

Selain sebagai planet yang terpanas sehingga mendapatkan julukan planet neraka, planet Venus juga menjadi planet yang paling terang yang dapat dilihat dari Bumi.

Atmosfer planet Venus mengandung asam sulfat yang membuatnya menjadi reflektif dan berkilau. Karena lapisan inilah, ia mengaburkan pandangan para ilmuwann yang ingin melihat permukaannya dengan teleskop.

Kecerahan planet Venus sering diajarkan di sekolah sebagai bintang yang paling terang di langit sehingga bagi yang hobi mengawasi langit, akan sangat mudah menemukan di mana letak planet tersebut. Konon planet ini mudah ditemukan saat pagi dan sore hari.

Venus adalah nama dewi cinta dan kecantikan Romawi

Penamaan planet yang disebut planet neraka ini, didasarkan pada dewi cinta dan kecantikan dari Romawi yang bernama Venus.

Ini karena disebabkan kilauan cahaya yang terlihat sehingga dianggap cantik. Karena planet tersebut adalah planet yang paling terang dan paling berkilau, oleh sebab itu ia dianggap planet yang paling cantik.

Para astronom kuno mengetahui ada lima planet di tata surya dan Venus adalah yang paling terang. Bahkan dalam salah satu lukisan Vincent van Gogh, planet Venus ini juga terlihat.

Sebutan Venerean dan Venusian

Sebenarnya, menurut etimologinya, untuk menyebutkan segala sesuatu tentang sifat Venus, kita seharusnya menggunakan kata Venerean

Akan tetapi, Venerean ini terdengar lebih dekat dengan Venereal, yang menurut kamus Merriam-Webster artinya berkaitan dengan kesenangan atau kenikmatan seksual.

Karena itu, untuk menjauhkan persepsi tersebut maka digunakan kata Venusian untuk menyebut segala sesuatu yang berhubungan dengan planet Venus.

Tekanan Venus 90 kali lebih kuat dibanding atmosfer Bumi

Sejauh ini memang ada pertanyaan yang butuh jawaban, apakah Venus bisa dihuni atau apakah Venus pernah ada kehidupan.

Meski begitu, ada juga yang ragu sebab sejauh fakta yang saat ini berhasil diungkap, planet ini memiliki tekanan atmosfer yang 90 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan atmosfer Bumi.

Itu berarti, tekanan di dalam atmosfer Venus sama dengan tekanan ketika kita berada di kedalaman 1 kilometer di lautan Bumi. Bayangkan saja, sebuah kapal selam kelas menengah saja bisa hancur berkeping-keping jika mereka kesasar di kedalaman ini.

Venus penuh dengan gunung

Selama eksplorasi yang dilakukan oleh ilmuwan ke planet Venus, mereka memperkirakan bahwa planet itu selain panas juga dipenuhi dengan gunung. Sejauh ini, ada 1.600 gunung yang terdeteksi di planet Venus.

Meski begitu para ilmuwan meyakini bahwa sebenarnya kemungkin ada lebih banyak dari itu, karena gunung-gunung yang lebih kecil belum dapat dipindai dan dilacak.

NASA akan mengirim wahana nirawak satu dekade lagi yang misi tersebut bernama DAVINCI+ dan VERITAS. Dua misi itu salah satunya berusaha mengungkap apakah gunung-gunug di Venus memiliki aktivitas vulkanisme atau apakah aktif.

Satu hari di Venus lebih lama dari pada satu tahun

Ini adalah salah satu fakta unik lain dari planet Venus. Jadi planet tersebut membutuhkan rotasi jauh lebih lama dibandingkan revolusi. Itu berarti, hitungan satu hari di Venus lebih lama dibandingkan dengan satu tahun.

Dalam hitungan dari Bumi, planet Venus membutuhkan waktu 243 hari untuk melakukan satu rotasi sedangkan untuk melakukan revolusi, Venus membutuhkan waktu 224,7 hari.

Venus itu jarang terlihat melintasi matahari

Sejak teleskop ditemukan pada tahun 1600an, para ilmuwan baru dapat menyaksikan planet Venus melintasi matahari sebanyak tujuh kali.

Pertama kali planet Venus terlihat melintasi matahari terjadi pada tahun 1639 berdasarkan pengamatan dua astronom Jeremiah Horrocks dan William Crabtree dari Inggris.

Pada tanggal 5-6 Juni 2012, Venus kembali terlihat melintasi matahari. Aktivitas Venus tersebut dapat disaksikan dari Amerika Utara, sebagian Amerika Selatan, Asia Barat, dari Afrika bagian timur dan terlihat di hampir seluruh Eropa.

Planet yang sudah diamati sejak ribuan tahun silam

Planet Venus adalah planet yang misterius. Planet tersebut diketahui telah mulai diamati sejak ribuan tahun silam, bahkan sejak era Babilonia kuno.

Matematikawan tersohor dari Yunani yang bernama Pythagoras kemudian adalah orang pertama yang disebut menemukan fakta bahwa "bintang di langit yang paling terang yang terlihat pada pagi hari dan sore hari adalah bintang yang sama" yakni Venus.

Venus adalah planet yang paling ribut

Fakta menarik lain dari planet neraka ini adalah bahwa ada angin yang senantiasa bertiup di planet Venus. Itu kenapa planet ini sering dianggap paling ribut atau paling berisik.

Kecepatan angin di planet Venus dapat mencapai 724 kilometer per jam. Itu adalah kecepatan yang lumrah di Venus. Kecepatan angin ini jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan badai topan level 5 di Bumi, yang kecepatannya bisa mencapai 350 kilometer per jam.

Venus adalah saudara kembar Bumi

Selain menjadi planet yang dekat dengan Bumi, Venus juga disebut sebagai saudara kembar Bumi. Ini karena ukuran planet tersebut hampir sama dengan Bumi.

Selain itu, menurut para ilmuwan, massa dan komposisi Venus juga mirip dengan Bumi. Diameter Venus adalah 12.103.6 kiloemter dan hanya 638,4 kilometer lebih kecil dari Bumi. Massanya 81,5 persen dari massa Bumi.

Venus planet paling dekat dengan Bumi

Sebagai kembaran Bumi, Venus juga disebut sebagai planet yang paling dekat dengan Bumi. Jarak antara Venus dengan Bumi bervariasi, bergantung dengan posisinya ketika berevolusi.

Dalam satu kesempatan, Venus pernah dengan sekali dengan Bumi yang menurut ilmuwan jaraknya adalah 38 juta kilometer. Ini adalah yang terdekat dari planet mana pun. Sedangkan jarak terjauh Venus dengan Bumi adalah 261 juta kilometer.

Itulah 12 fakta tentang planet Venus. Kalian dapat membaca artikel menarik lainnya tentang 5 Fakta Satelit Pertama Amerika Explorer 1

Posting Komentar untuk "12 Fakta Planet Venus, Si Planet Neraka"