Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cina Buat Robot Anjing Seharga Rp 38 Juta

Robot adalah teknologi inovasi yang saat ini terus berkembang maju. Berbagai perusahaan di banyak negara sedang mengembangkannya. Perusahaan Cina yang bernama Unitree Robotics membuat sebuah robot seperti anjing yang dijual dengan harga sekitar Rp 38 juta.

robot, robot anjing, unitree robotics

Melihat robot buatan dari perusahaan Cina Unitree Robotics, maka kita akan mengingat sebuah robot Spot milik Boston Dynamics buatan Amerika Serikat. Robot milik Unitree mirip dengan robot buatan Boston.

Meski begitu, tentu ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Salah satu hal yang menarik dan membedakan dari Unitree Robotics adalah, keinginan mereka menjual robot yang seharga HP atau drone. Itu berarti, perusahaan ingin menciptakan produk teknologi inovasi yang canggih tapi dengan harga yang terjangkau.

Harga yang dipasang oleh Unitree Robotics ini tentu akan jauh berbeda dengan robot buatan Boston Dynamics. Robot buatan Boston Dynamics mencapai puluhan ribu dolar AS.

Lantas bagaimana tentang kemampuannya? Barangkali itu yang jadi pertanyaan bagi banyak peminat. Tapi untuk hal tersebut, semua bisa mencoba dan membandingkannya.

Robot anjing Unitree bernama Go1

Pada dasarnya, robot mirip anjing yang dibuat oleh Unitree Robotics adalah robot empat kaki atau quadrapedal. Sekilas memang robot ini mirip dengan anjing tapi dengan kepala yang kecil, yang agak kontras dengan tubuhnya.

Meski begitu, dengan berbagai teknologi tingkat lanjut yang ditanamkan di tubuhnya, robot Unitree yang bernama G1 terlihat begitu canggih.

Dalam sebuah video demonstrasi yang dimuat di laman resmi perusahaan, G1 berjalan di samping agak belakang pemiliknya dan terus berlari mengikut sang pemilik.

G1 melintasi jalanan dan mengatasi beberapa halangan yang ada, sambil sebuah botol air minum diikatkan dipunggungnya.

Melihatnya sekilas, G1 adalah sebuah robot yang dapat menemani waktu jalan-jalan Anda, dengan bentuk yang imut tapi canggih dan inovatif.

Tiga varian robot anjing G1 Unitree

Tidak terlalu ada penjelasan yang rinci tentang produk dari Unitree Robotics ini. Namun robot mirip anjing yang bernama G1, setidaknya memiliki tiga varian.

Dari tiga varian tersebut, masing-masing adalah Go1 Air, Go1 dan Go1 Edu. Masing-masing memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda.

Untuk Go1 Air, dia dihargai 2.700 dolar AS atau setara dengan Rp 38 jutaa. Untuk Go1, dia dihargai 3500 dolar AS atau sekitar Rp 49,5 juta dan untuk Go1 Edu, dia dihargai 8500 dolar AS atau setara dengan Rp 120,4 juta. Semua harga tersebut dengan kurs Rp 14.247 untuk satu dolarnya.

Masing-masing robot memiliki kemampuan berbeda dalam membawa barang di punggungnya. Namun menurut informasi dari Gizmodo, barang yang mampu dibawa antara 3 kilogram sampai 6 kilogram. Ya, cukup lumayan untuk membantu.

Teknologi inovatif robot anjing G1 Unitree


Pada dasarnya, beberapa situs teknologi mancanegara yang menulis informasi mengenai robot anjing G1 Unitree Robotics sebagian besar memujinya.

Terlebih pujian itu diberikan karena harga robot G1 yang jelas jauh lebih murah dibandingkan dengan sobot Spot milik Boston Dynamics. Robot mirip anjing Spot memiliki harga 74.500 dolar AS atau setara Rp 1 miliar.

Masing-masing teknologi yang ditanamkan di G1, sesuai dengan harga, bervariasi. Semakin mahal varian G1, maka teknologi yang ada didalamnya semakin canggih dan cara mereka berlari juga semakin cepat.

Teknologi khusus yang ada di robot anjing G1 adalah Intelligent side-follow. Teknologi ini membuat robot berjalan di samping pemiliknya dan secara otomatis menghindari halangan di depannya.

Beberapa sensor seperti sensor hipersonik ditanamkan ditubuhnya, juga lima kamera yang bertugas melihat di sekelilingnya. Selain itu, G1 juga memiliki teknologi pemosisian dan kontrol nirkabel.

Untuk versi yang paling mahal, yakni G1 Edu, dilengkapi dengan sensor Lidar dengan kemampuan 4G/5G. Sensor Lidar terkenal sebagai teknologi peraba optik jarak jauh, yang dapat mengukur properti cahaya yang tersebar agar bisa diketahui jarak atau informasi lainnya mengenai objek tersebut.

Kecepatan lari tertinggi dari G1 adalah 17 kilometer per jam. Total berat badannya sekitar 12 kilogram dan ukurannya adalah 58,8 x 29 x 22 centimeter.

Pendiri perusahaan Unitree Robotics ini bernama Xing Wang. Dia adalah ahli robotic lulusan Universitas Shanghai. Dia juga pengagum robot Spot milik Boston Dynamics. Dia mendapatkan investor yang kemudian akhirnya menciptakan robot anjing mirip robot buatan Boston.

Robot awal yang dibuat oleh Unitree adalah Laikago, yang namanya terinspirasi dari nama anjing pertama yang dibawa Uni Soviet ke luar angkasa, Laika. Meski begitu, robot Laikago tidak dapat berbuat banyak dan tidak terlalu mengesankan.

Kini mereka meluncurkan robot G1 dan membuat tiga varian yang berbeda dengan harga yang berbeda pula. Beberapa pengamat agak meragukan kemampuan robot tersebut. Meski begitu, sejauh ini robot itu terlihat mengesankan jika dari video demo yang ditunjukkan.

Selain inovasi robotik, kalian juga bisa mendapatkan informasi menarik tentang inovasi bahan bakar bioetanol dari tanaman pisang. Kalian bisa membaca informasi tersebut di artikel Energi Terbarukan Bioetanol dari Tanaman Pisang

Posting Komentar untuk "Cina Buat Robot Anjing Seharga Rp 38 Juta"