Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ioniq 5, Mobil Listrik Hyundai yang Siap Meluncur

Hyundai telah memproduksi dua model mobil listrik yaitu Ioniq Electric dan Kona Electric. Kini, Hyundai bakal mengeluarkan mobil listrik terbaru yang bernama Ioniq 5. Mobil listrik Hyundai ini akan segera dijual dan meluncur di jalanan.


mobil listrik, mobil listrik hyundai, mobil listrik hyundai ioniq 5

Pabrikan otomotif raksasa Korea Selatan, Hyundai, akan menggeber penjualan mobil listriknya tahun depan dengan produk yang terbaru, yakni Ioniq 5.

Sebelumnya mobil listrik Hyundai yang telah mengaspal di jalanan di banyak negara adalah Ioniq Electric dan Kona Electric. Kini Ioniq 5 akan memiliki wajah baru dengan model yang jauh lebih hebat.

Berikut ini kami akan mengulas beberapa informasi penting untuk mobil listrik Hyundai yang terbaru ini, dari mulai spesifikasi dan perkiraan harganya.

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5

mobil, listrik, mobil listrik hyundai, hyundai

Kabar simpang siur tentang produk terbaru mobil listrik Hyundai mulai terdengar. Pada akhir bulan Mei, kabar tersebut sepertinya nyata dengan beberapa penampakan mobil listrik Hyundai yang bernama Ioniq 5.

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini adalah mobil listrik CUV (crossover utility vehicle) yang tampangnya disebut sebagai retrofuturistik.

Di Amerika Serikat, mobil listrik Hyundai Ioniq 5 kemungkinan besar akan mulai dipasarkan pada musim gugur tahun 2021 ini.

Produk terbaru mobil listrik Hyundai ini menjanjikan pengisian setrum yang cepat, yang akan bersaing dengan mobil listrik Tesla milik Elon Musk.

Spesifikasi dan harga mobil listrik Hyundai Ioniq 5

mobil listrik hyundai, mobil listrik hyundai ioniq 5

Secara resmi, penjualan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini telah diketahui di Inggris dan Eropa. Di Inggris, Ioniq 5 telah muncul dan akan bersaing dengan Volkswagen ID.3 dan SUV ID.4.

Beberapa media, seperti Auto Express telah memberitakan harga yang ditawarkan oleh mobil listrik Hyundai yang terbaru ini.

Namun di Amerika Serikat, penjualannya belum dilakukan dan akan menunggu sampai musim gugur tahun ini.

Berikut ini adalah perbedaan spesifikasi antara Hyundai Ioniq 5 versi Eropa dan Hyundai Ioniq versi Amerika Serikat.

Spesifikasi dan harga di Eropa

Sepertinya akan ada perbedaan spesifikasi antara pasar Eropa dengan pasar Amerika Serikat. Di Eropa, khususnya di Inggris, mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ditawarkan dalam dua kapasitas baterai Lithium-Ion Polymer yang ditanamkan ditubuhnya.

Dua jenis kapasitas baterai tersebut yang pertama adalah 56 kWh dengan tenaga yang dihasilkan mampu mencapai 168 hp, dan torsi maksimumnya adalah 350 Nm.

Akselerasinya, mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini akan dapat mencapai kecepatan dai 0-100 kmh dengan waktu 8,5 detik. Jarak jangkauannya adalah 240 mil atau 368 kilometer. Harganya sekitar 36.995 Poundsterling atau sekitar Rp746 juta.

Versi baterai kedua yang ditawarkan adalah 73 kWh dengan tenaga yang dihasilkan 215 hp. Jangkauannya, mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini mampu mencapai 300 mil atau 482 kilometer dalam satu kali pengisian setrum.

Akselerasi yang mampu dicapai oleh mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini adalah 7,4 detik untuk mencapai kecepatan dari 0-100 kmh. Harga yang ditawarkan untuk bisa memilikinya adalah 41.945 Poundsterling atau sekitar Rp846 juta.

Spesifikasi dan harga di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, mobil listrik Hyundai Ioniq 5 kabarnya hanya akan memiliki satu jenis baterai yang ditawarkan kepada konsumennya.

Melansir laman Insideevs, baterai Lithium-Ion Polymer yang ditanamkan di mobil listrik Hyundai Ioniq 5 versi Amerika Serikat adalah 77,4 kWh. Jangkauannya mampu mencapai 483 kilometer dalam satu kali pengisian setrum.

Akselerasi yang dicapai oleh mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini sekitar 5 detik untuk mencapai kecepatan dari mulai 0-95 kmh dengan kecepatan tertingginya adalah 185 kmh.

Dimensi mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini panjangnya adalah 4635,5 milimeter dan lebarnya adalah 1889,76 milimeter. Tingginya adalah 1600 milimeter.

Dalam analisa yang disampaikan oleh Motor Trend, mobil listrik Hyundai Ioniq 5 akan bersaing dengan Ford Mustang Mach-E, Tesla Model Y, dan Nissan Ariya. Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 juga menjanjikan pengisian setrum yang cepat.

Ketika berada dalam kondisi ideal, Ioniq 5 yang dihubungkan ke pengisi daya 350 kW, pengisian baterainya akan mencapai kapasitas 10-80 persen dalam waktu hanya 18 menit.

Dalam waktu pengisian lima menit, disebutkan bahwa mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini sudah cukup untuk menempuh109 kilometer.

Jika dihubungkan dengan pengisi daya 10,9 kW standar, maka akan membutuhkan waktu 6 jam 43 menit agar baterainya benar-benar penuh dengan setrum yang diisikan.

Harga yang diperkirakan untuk pasar AS kemungkinan berkisar di bawah 40.000 dolar AS atau sekitar Rp569,8 jutaan.

Produksi mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ini seharusnya bisa dilakukan lebih cepat jika seandainya tidak kekurangan pasokan produksi chip yang sedang berlangsung saat ini, yang mengacaukan banyak industri eletronik dan transportasi.

Dapatkan informasi menarik lainnya dalam artikel Mengenal XPeng, Produsen Mobil Listrik Tiongkok

Posting Komentar untuk "Ioniq 5, Mobil Listrik Hyundai yang Siap Meluncur"