Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mobil Listrik Hyundai, Spesifikasi dan Harganya

Teknologi transportasi telah bergerak maju menuju mobil listrik. Hampir semua produsen otomotif raksasa telah membuat mobil listriknya, termasuk Hyundai dari Korea Selatan. Inilah daftar mobil listrik Hyundai, spesifikasi dan harganya di Indonesia.


mobil listrik hyundai, mobil listrik hyundai ioniq electric
(Hyundai.com)

Produsen otomotif raksasa Korea Selatan, Hyundai, telah memiliki pasar di Indonesia. Produk perusahaan tersebut telah lama hadir dan memiliki banyak pelanggan.

Saat dunia teknologi transportasi bergerak menuju kendaraan listrik, Hyundai juga melakukan inovasi dan membuat produk mobil listriknya.

Sejauh ini, mobil listrik Hyundai berada di bawah dua merek yakni Ioniq dan Kona. Dua mobil listrik Hyundai tersebut telah diproduksi dan telah dijual ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Berikut ini adalah ulasan mengenai mobil listrik Hyundai Ioniq dan Kona, dua mobil listrik Hyundai yang jadi andalan.

Mobil listrik Hyundai Ioniq

Mobil listrik Hyundai Ioniq mulai diproduksi mulai tahun 2016 atau lima tahun lalu. Nama Ioniq diambil dari dua kata, yakni Ion dan Unique.

Ioniq ini kemudian menjadi produksi terbaru dengan teknologi inovatif yang memiliki tiga varian yakni hybrid, plug-in hybrid dan electric vehicle.

Kali ini yang akan dibahas adalah Ioniq Electric atau mobil listrik Hyundai Ioniq yang sepenuhnya listrik.

Spesifikasi dan harga Ionic Electric

mobil listrik hyundai ionic electric, mobil listrik, mobil listrik hyundai
(Hyundai.com)

Mobil listrik Hyundai Ioniq Electric telah meluncur di banyak jalanan. Mobil listrik Hyundai satu ini memiliki lima tempat duduk dengan desain yang unik, seperti namanya.

Sebagai mobil listrik, sumber daya mobil listrik Ioniq Electric ini, ditanami baterai jenis Lithium-Ion Polymer. Setrum yang mampu ditampungnya adalah sebanyak 38,3 kWh dengan voltase 319,4.

Tenaga yang dihasilkan dari sumber baterainya mampu mencapai 134 hp. Torsi maksimumnya dapat menyentuh angka 295 Nm.

Dalam hal performa, mobil listrik Hyundai Ioniq Electric ini dapat melakukan akselerasi dari 0-100 kmh dalam waktu 10,2 detik. Ini adalah dalam kondisi normal. Sedangkan dalam kondisi sport, mobil listrik Hyundai Ioniq Electric mampu melakukan akselerasi dalam waktu 9,9 detik untuk mencapai kecepatan tersebut.

Dengan baterai listrik yang ia miliki, mobil listrik Hyundai Ioniq Electric dapat menempuh jarak sejauh 373 kilometer dalam satu kali pengisian setrum.

Jika kalian biasa menempuh jarak harian 50 kilometer, ini berarti dengan mobil listrik Hyundai Ioniq Electric, dalam satu kali pengisian setrum, dapat digunakan semala 7,46 hari atau setidaknya selama lebih dari satu minggu. Irit banget ya?

Panjang mobil listrik Hyundai Ioniq Electric ini adalah 4,74 meter dengan lebar 1,82 meter. Tingginya, 1,47 meter. Berat kosong mobil listrik Hyundai ini mencapai 1,5 ton.

Ioniq Electric ini memiliki dua varian yaitu Prime dan Signature. Untuk varian Prime, mobil listrik Hyundai ini dibanderol dengan harga sekitar Rp637 juta. Sedangkan untuk varian Signature, mobil listrik Hyundai ini dibanderol dengan harga Rp677 juta.

Mobil listrik Kona Electric

mobil listrik hyundai kona electric, mobil listrik, mobil listrik hyundai
(Hyundai.com)

Mobil listrik Hyundai selanjutnya adalah Kona Electric. Mobil ini mulai terlihat di Korea Selatan pada pertengahan tahun 2018 dan mulai diluncurkan secara bertahap setelahnya di seluruh dunia.

Mobil listrik Hyundai Kona Electric mulai memasuki pasar Amerika Serikat pada tahun 2019, bersaing dengan para pendahulunya seperti mobil listrik Tesla.

Ini adalah mobil listrik Hyundai kedua yang diproduksi dengan model SUV Crossover dengan lima tempat duduk.

Spesifikasi dan harga Kona Electric

mobil listrik hyundai kona electric, mobil listrik, mobil listrik hyundai
(Hyundai.com)


Mobil listrik Hyundai Kona Electric mulai dirilis ke Indonesia pada akhir tahun 2020, ketika pandemi virus corona sudah menyerang dan merepotkan banyak orang.

Dari beberapa penilaian pengamat dan ahli, mereka menyebut bahwa desain yang ditawarkan untuk mobil listrik Hyundai Kona Electric ini adalah futuristis.

Baterai yang jadi sumber setrum untuk mengalirkan tenaganya adalah jenis Lithium-Ion Polymer. Kapasitas setrum yang mampu ditampung adalah 39,2 kWh dengan voltase 327.

Tenaga yang dihasilkan dari mobil listrik Hyundai Kona Electric ini mencapai 201 hp dengan torsi maksimum mencapai 395 Nm.

Untuk urusan performa, mobil listrik Hyundai Kona Electric dapat melaju dalam 9,9 detik dari mulai 0-100 kmh. Sistem penggeraknya adalah 2WD.

Secara umum, dengan baterai yang ditanamkan didalam tubuhnya, mobil listrik Hyundai Kona Electric ini dapat mencapai jarak 345 kilometer dalam satu kali pengisian setrum.

Ini berarti jika kalian menggunakannya sebagai harian dan biasa menempuh jarak 50 kilometer dalam satu hari, maka baterainya dapat terus menjalankan mobil listrik tersebut selama 6,9 hari. Hampir satu minggu penuh baru melakukan pengecasan lagi.

Panjang mobil listrik Hyundai Kona Electric ini adalah 4,205 meter dan lebarnya adalah 1,800 meter. Sedangkan tinggi mobil listrik Hyundai tersebut adalah 1,570 meter.

Secara umum, mobil listrik Hyundai Kona Electric dikomentari oleh para pengujinya sebagai mobil yang nyaman dengan akselerasi yang lincah.

Selain itu, Kona Electric juga dinilai mampu mengalirkan tenaga secara halus. Mobil listrik Hyundai Kona Electric memiliki rem darurat otomatis yang mampu bekerja dengan pendeteksi pejalan kaki.

Di Indonesia, mobil listrik Hyundai Kona Electric ini dibanderol dengan harga Rp674.800.000 untuk di Jakarta. Di daerah lainnya, mungkin akan lebih mahal sedikit.

Kalian dapat membaca informasi menarik lain dalam artikel 5 Teknologi Mobil Listrik Cina Siap Tantang Tesla

Posting Komentar untuk "Mobil Listrik Hyundai, Spesifikasi dan Harganya"