Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nigeria Tangguhkan Twitter karena Hapus Tweet Presiden

Media sosial Twitter menghadapi tantangan serius di Nigeria. Di negara tersebut, Twitter ditangguhkan untuk beberapa hari ke depan karena telah menghapus tweet Presidennya yang bernama Muhammadu Buhari.


Ilustrasi (Unsplash.com/Souvik Banerjee)

Platform media sosial telah tersebar di banyak negara. Platform tersebut banyak didominasi oleh perusahaan raksasa seperti Facebook, Twitter atau Google.

Dari sejumlah platform media sosial, banyak dari pejabat atau politisi negara, aktif di platform media sosial Twitter. Salah satunya adalah Presiden Muhammadu Buhari, presiden Nigeria, sebuah negara di Afrika Barat.

Namun dua hari yang lalu, tepatnya pada 3 Juni 2021, tweet dari Presiden Muhammadu Buhari dihapus oleh Twitter. Tindakan perusahaan media sosial itu segera dibalas oleh Nigeria dengan menangguhkan Twitter dalam beberapa hari mendatang.

Twitter belum pernah menghapus tweet presiden sebelumnya

Nigeria adalah salah satu negara di Afrika Barat yang terus diguncang oleh gerakan separatis dan kelompok jihadis. Dalam beberapa tahun terakhir, negara tersebut terus menghadapi aksi kekerasan dari kelompok-kelompok bersenjata.

Dalam menyikapi salah satu aksi kekerasan kelompok separatis di Nigeria bagian tenggara, Presiden Muhammadu Buhari mengatakan bahwa "orang-orang tersebut dianggap berperilaku buruk dan akan memperlakukan mereka dalam bahasa seperti apa yang mereka pahami."

Maksud dari Presiden Muhammadu tersebut adalah merujuk perang saudara Nigeria yang pernah berlangsung pada tahun 1967-1970 lalu.

Karena tweet tersebut, Twitter kemudian menghapusnya. Menurut wartawan BBC Joshua Ajayi, ini adalah tindakan pertama Twitter menghapus tweet dari seorang presiden.

Tweet lengkap dari Presiden Muhammadu Buhari tersebut adalah "Banyak dari mereka yang berperilaku buruk hari ini terlalu muda untuk menyadari kehancuran dan hilangnya nyawa yang terjadi selama Perang Saudara Nigeria. Kami yang berada di medan selama 30 bulan, yang melewati perang, akan memperlakukan mereka dalam bahasa yang mereka pahami."

Twitter anggap tweet Presiden Nigeria langgar aturan

Tweet dari presiden Nigeria itu banyak mendapatkan kritik dari pengguna media sosial tersebut, sebelum akhirnya dihapus oleh Twitter. Selain itu, akun twitter Presiden Muhammadu Buhari juga ditangguhkan dalam 12 jam, yang itu berarti hanya bisa read-only.

Media sosial Twitter memiliki daftar aturan yang panjang dan rinci yang tidak boleh digunakan dalam tweet yang diunggah.

Larangan itu termasuk perilaku kasar, pelecehan, diskriminasi dan ancaman kekerasan. Twitter menganggap bahwa unggahan dari Presiden Muhammadu Buhari itu melanggar.

Dalam menanggapi pelanggaran yang sudah diterapkan oleh Twitter, pihak pemilik platform memiliki serangkaian tindakan dari mulai ringan hingga berat seperti dari mulai penghapusan tweet sampai pembekuan atau penghapusan akun.

Tindakan paling fenomenal Twitter terhadap pejabat negara sejauh ini adalah tindakan menghadapi akun Donald Trump. Akun tersebut dibekukan karena dianggap mengancam keamanan publik.

Tindakan Twitter membuat marah pemerintah Nigeria

Apa yang dilakukan oleh Twitter dengan menghapus unggahan tweet dari Presiden Muhammadu Buhari, telah menimbulkan kemarahan dari pejabat pemerintah.

Melansir Al Jazeera, Lai Muhammed yang menajabat sebagai Menteri Informasi Nigeria mengatakan bahwa Twitter memiliki aturan sendiri, dan "itu bukan aturan universal."

Lai Muhamamed juga mengatakan jika presiden merasa prihatin tentang suatu situasi di negaranya, maka "dia bebas untuk mengekspresikan pandangan seperti itu."

Dampak dari kemarahan pemerintah Nigeria atas tindakan Twitter itu diluapkan dengan menangguhkan platform media sosial tersebut.

Dua hari setelah Twitter menghapus unggahan Presiden Muhammadu Buhari, Kementrian Informasi mengumumkan bahwa Twitter akan ditangguhkan. Kementrian juga mengumumkannya penangguhan Twitter tersebut di Twitter.

Mulai Sabtu dini hari (5/6) situs web Twitter tidak dapat dibuka di Nigeria dengan beberapa operator seluler. Sedangkan untuk aplikasi dan situs web Twitter masih dapat dibuka dengan beberapa operator lainnya. Pengujian itu dilakukan di ibukota Abuja dan kota terbesarnya, di Lagos.

Dua operator besar di Nigeria tidak menjawab pemintaan Reuters, apakah telah diarahkan oleh pemerintah untuk menangguhkan Twitter. Dua operator yang dimintai keterangan adalah Airtel dan MTN. Mereka berdua tidak menanggapi permintaan komentar.

Kalian bisa juga baca kabar menarik tentang Facebook Blokir Akun Donald Trump Sampai Dua Tahun

Posting Komentar untuk "Nigeria Tangguhkan Twitter karena Hapus Tweet Presiden"