Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemimpin Iklan Facebok Tinggalkan Perusahaan

Facebook diperkirakan akan memimpin hampir seperempat pengeluaran iklan digital secara global pada tahun 2021. Tapi kepala iklan global Facebook yang bernama Carolyn Everson telah meninggalkan perusahaan itu.

facebook, media sosial, iklan

Facebook adalah raksasa teknologi yang fenomenal. Selain sebagai sebuah platform media sosial, Facebook telah mengeruk keuntungan yang berlimpah dari iklan yang masuk di platform tersebut.

Facebook dengan Instagram dan WhatsApp yang dibelinya, telah menjadi salah satu raja iklan digital secara global. Bahkan pendapatan iklan mereka terkadang lebih banyak dari pada pendapatan yang diterima oleh YouTube.

Tapi pada hari Rabu (9/6), sebuah kabar mengejutkan datang. Kepala iklan global Facebook yang bernama Carolyn Everson dikabarkan telah meninggalkan perusahaan tersebut.

Kepala wilayah Europa, Middle East and Africa (EMEA) yang bernama Nicola Mendelsohn disebut akan menggantikan Everson untuk sementara waktu.

Carolyn Everson telah bekerja di Facebook lebih dari satu dekade

Dengan jumlah pengguna aktif miliaran, Facebook telah menjadi tambang uang bagi perusahaan Mark Zuckerberg. Dalam beberapa tahun sejak kemunculannya, perusahaan berwarna khas biru tua itu telah membuat posisi Zuckerberg menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Pemimpin Grup Bisnis Globalnya adalah Carolyn Everson yang disebut memiliki pengaruh kuat di Facebook. Melansir Reuters, dia telah berkarir di perusahaan ini lebih dari satu dekade lamanya.

Juru bicara perusahaan Facebook dalam salah satu pernyataan mengatakan "kami mendoakan yang terbaik untuk Carolyn saat dia memasuki babak baru. Kami berterima kasih atas kontribusinya," ujarnya ketika Carolyn Everson meninggalkan perusahaan.

Facebook pernah dihantam isu agar memerangi ujaran kebencian yang berkembang di platform tersebut dan lebih dari 1.000 pengiklan memboikot perusahaan. Carolyn Everson itulah yang menjadi juru bicara utama perusahaan dalam menghadapi masalah dan berupaya menyelesaikannya.

"Saya selalu mengatakan tidak ada yang akan menyebutkan di pemakaman saya jumlah pendapatan yang saya awasi. Tapi mudah-mudahan suatu hari seseorang akan mengatakan warisan saya di Facebook adalah bagaimana saya muncul untuk tim saya, untuk klien kami dan untuk industri kami. Saya sangat menantikan untuk memulai babak baru," kata Carolyn Everson.

Bertarung melawan TikTok dan Snapchat

Selama bertahun-tahun menguasai pasar media sosial global, Facebook telah menjadi perusahaan yang mapan ketika para penggunanya memiliki ketergantungan untuk menggunakan platform.

Namun, beberapa kritik dari para pengamat datang ketika Facebook dirasa terlalu menikmati posisi unggul dengan jangkauan yang luas dan pengguna yang banyak.

Ketika media sosial baru lahir seperti TikTok, kini Facebook terancam. Bahkan media sosial Snapchat yang kemudian bergerak inovatif, juga menjadi pesaing yang ampuh bagi Facebook.

Nicola Mendelsohn, yang menjalankan divisi bisnis di wilayah EMEA kini akan menjadi pemimpin baru sementara menggantikan kedudukan Everson. Mendelsohn telah berada di perusahaan tersebut selama delapan tahun, dan kini akan jadi pemimpin sementara baru menghadapi para pesaing seperti TikTok dan Snapchat.

Pendapatan Facebook

Sejak tahun 2009, Facebook yang memiliki miliaran pengguna yang terdaftar, telah mengeruk keuntungan pendapatan. Saat itu dalam setahun Facebook mendapatkan penghasilan sebanyak 764 juta dolar AS.

Ketika tahun-tahun selanjutnya berjalan, pendapatan Facebook terus mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan meski saat ini memiliki pesaing kuat seperti TikTok dan Snapchat, pendapatan Facebook terus melonjak.

Dalam 12 bulan terakhir ini, hingga Maret 2021, Facebook mendapatkan penghasilan sebanyak 94.399 miliar dolar AS. Ini mengalami peningkatan sebesa 28,68 persen dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2018, pendapatan Facebook adalah 55,838 miliar dolar AS, meningkat 37,35 persen dari 2017. Pada tahun 2019, pendapatan Facebook melonjak menjadi 70,697 miliar dolar AS dan itu meningkat sebanyak 26,61 persen.

Pada tahun 2020, ketika pandemi virus corona menghajar, pendapatan Facebook meningkat 21,6 persen dengan jumlah total duit yang didapat adalah 85.965 miliar dolar AS.

Baca juga informasi menarik tentang Facebook Blokir Akun Donald Trump Sampai Dua Tahun

Posting Komentar untuk "Pemimpin Iklan Facebok Tinggalkan Perusahaan"