Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sampah Antariksa Hantam ISS

Kru yang berada di dalam ISS mengabarkan bahwa salah satu bagian Stasiun Luar Angkasa Internasional dihantam oleh sampah antariksa. Namun sejauh ini dikabarkan bahwa semua kru yang ada di dalam ISS baik-baik saja. Seperti apa hantaman sampah antariksa itu?

sampah antariksa, iss dihantam sampah antarksa, canadarm-2
(Wikipedia.org/NASA image)

Sejak umat manusia mulai mengembangkan teknologi antariksa, di orbit rendah bumi mulai muncul sampah-sampah antariksa. Sampah itu timbul dari satelit-satelit yang sudah tidak aktif dan saling berbenturan satu sama lain.

Saat ini, ada ratusan juta puing sampah yang berhasil dilacak dan diketahui. Ukurannya beragam dari mulai ukuran 1 centimeter, 10 centimeter bahkan yang lebih besar atau lebih kecil juga ada.

Puing sampah antariksa itu dapat melaju sampai kecepatan lebih dari 28 km/jam. Meski ukurannya yang kecil, tapi dengan kecepatan seperti itu, jika menabrak dapat menyebabkan kerusakan pada pesawat ulang alik atau pada ISS.

Karena itu, salah satu kekhawatiran terbesar keberadaan astronaut di ISS adalah ketika stasiun luar angkasa tersebut bertabrakan dengan puing-puing sampah antariksa dan terjadi kerusakan di dalamnya.

ISS dihantam sampah antariksa

Kekhawatiran ISS dihantam oleh sampah antariksa selalu ada. Itu karena jumlah sampah antariksa yang sudah banyak.

Oleh sebab itu, sebenarnya nasib para astronaut misalnya ketika mereka melakukan spacewalking  di luar ISS, nyawa mereka juga terancam.

Pada tanggal 1 Juni 2021, kru di dalam ISS mengabarkan bahwa salah satu bagian dari ISS dihantam oleh sampah antariksa. Hal itu diketahui setelah ada inspeksi rutin yang dilakukan oleh kru. Untungnya itu tidak menghantam astronaut tapi menghantam salah satu lengan robotik stasiun luar angkasa.

Lengan robotik tersebut bernama Canadarm-2. Kru astronaut di ISS mengetahui bahwa ada lubang kecil di Canadarm-2 dan itu ditimbulkan dari hantaman sampah antariksa yang kecil.

Dampak tabrakan sampah antariksa

Menurut CSA, badan antariksa Kanada yang mengoperasikan Canadarm-2, hantaman dari sampah antariksa itu digambarkan sebagai "lucky strike" atau keberuntungan.

Itu karena tidak mempengaruhi operasi lengan robotik atau membahayakan tujuh astronot yang ada di dalam stasiun luar angkasa.

Sejauh ini tidak diketahui jenis sampah antariksa apa yang telah menghantam Canadarm-2 tersebut. Akan tetapi para pengamat berpendapat bahwa kejadian tersebut adalah pengingat akan besarnya jumlah sampah antariksa yang semakin membahayakan.

John Crassidis, seorang profesor kedirgantaraan terkemuka di University of Buffalo mengatakan kepada The Guardian, "ada banyak sampah di luar sana yang melaju dengan kecepatan lebih dari 17.500 mph dan jelas itu dapat menyebabkan banyak kerusakan."

Crassidis berpendapat memang saat ini belum ada kejadian fatal akibat dari hantaman sampah antariksa. Tapi suatu saat, entah kapan itu, ada kemungkinan tabrakan sampah antariksa dapat membahayakan nasib para astronaut.

Dalam pengamatan badan antariksa Kanada, hantaman itu memang menyebabkan lubang di Canadarm-2. Namun sejauh ini tidak mempengaruhi kinerja lengan robotik dan masih tetap dapat berfungsi seperti sediakala.

Apa itu Canadarm-2?

Canadarm-2 adalah lengan robotik yang dipasang di ISS. Lengan ini memiliki bagian seperti lengan manusia. Ia memiliki fungsi penting di ISS.

Beberapa tugasnya adalah menangkap kapsul astronaut yang berasal dari bumi dan menuju ISS. Selain itu, Canadarm-2 juga berfungsi untuk merilis satelit, serta memperbaiki teleskop Hubble.

Lebih dari pada itu, para astronaut yang melakukan perbaikan dan perawatan pada fasilitas ISS yang berada di luas stasiun, juga menggunakan teknologi antariksa Canadarm-2 buatan Kanada tersebut.

Penjelasan lebih lengkap tentang Canadarm-2, bagian ISS yang dihantam oleh sampah antariksa dapat dibaca di dalam artikel Canadarm, Teknologi Antariksa Buatan Kanada.

Apa itu sampah antariksa?

Sampah antariksa saat ini yang diketahui tidak hanya berasal dari satelit-satelit yang rusak yang dikirimkan dari bumi, tapi juga dari partikel dan debu planet yang berukuran mini.

Sampah-sampah antariksa itu termasuk diantaranya cipratan cat yang terkelupas dari satelit yang ukurannya sangat kecil, dan oleh NASA diklasifikasikan sebagai mikrometeorid.

Menurut CNN, hingga saat ini NASA telah melakukan pemantauan terhadap sampah antariksa, khususnya yang seukuran bola Softball. Jumlahnya yang terus dipantau sebanyak 23.000 objek.

Sampah lain yang diklasifikasikan mikrometeorid ada ratusan juta dan tidak semuanya dapat dipantau.

ISS dan sebagian besar satelit yang dikirim dari bumi ke ruang angkasa memiliki pelindung yang bernama Whipple. Pelindung ini mulai diperkenalkan pada tahun 1940an. Meski begitu, pelindung ini hanya dapat melindungi dari benturan sampah antariksa yang super kecil saja.

Jepang telah mengumumkan merancang satelit yang berbahan kayu. Tujuannya, mereka melakukannya untuk mengurangi sampah antariksa. Penjelasan menariknya tentang sateli Jepang tersebut dapat dibaca lengkap dalam artikel Satelit Kayu Jepang, Upaya Kurangi Sampah Antariksa

Posting Komentar untuk "Sampah Antariksa Hantam ISS"