Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Negara Pemilik Teknologi Rudal Balistik Kapal Selam

Rudal balistik kapal selam atau SLBM adalah rudal jelajah yang diluncurkan dari kapal selam. Hanya delapan negara di dunia yang memiliki teknologi tersebut. Terbaru adalah Korea Selatan yang telah sukses dalam melakukan uji coba.

rudal balistik kapal selam, slbm
Sumber: Unsplash.com/Forest Katsch



Rudal balistik adalah salah satu rudal jelajah yang memiliki jangkauan ribuan sampai puluhan ribu kilometer. Rudal balistik yang selama ini dikenal diluncurkan dari sebuah pangkalan statis atau dari kendaraan darat yang bisa bergerak.

Namun ada juga rudal balistik yang dapat diluncurkan dari kapal selam, yakni SLBM (submarine-launched ballistic missile).

Karena rudal SLBM diluncurkan dengan kapal selam, maka negara yang memiliki teknologi tersebut berarti juga harus memiliki teknologi kapal selam yang canggih. Karenanya, di dunia ini hanya ada 8 negara yang memiliki teknologi SLBM.

Siapa saja negara tersebut, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahuinya.

Amerika Serikat

Urutan pertama adalah negara yang kini dipimpin oleh Joseph R. Biden, yakni Amerika Serikat. Negara tersebut telah memiliki banyak kapal selam, bahkan di antaranya bertenaga nuklir.

Beberapa kapal selam yang memiliki teknologi canggih, memiliki fungsi yang cukup rumit untuk membawa rudal jelajah yang bisa diluncurkan dari dalam air.

Teknologi tersebut telah mereka kembangkan sejak era Perang Dingin melawan Uni Soviet.

Saat ini yang diketahui oleh publik, rudal balistik kapal selam AS adalah jenis Trident II yang memiliki kemampuan menjangkau target sejauh 12.000 kilometer. Rudal tersebut juga dapat dipasangi dengan hulu ledak nuklir.

Rusia

Negara kedua adalah negara saingan Amerika Serikat yakni Rusia. Negara yang kini dipimpin oleh Vladimir Putin juga memiliki beberapa teknologi kapal selam canggih, yang dapat membawa serta meluncurkan rudal SLBM.

Pengembangan SLBM milik Rusia dilakukan ketika negara tersebut masih Uni Soviet dan hingga kini, mereka telah memiliki beberapa teknologi rudal SLBM yang canggih dengan jangkauan puluhan ribu kilometer.

Informasi yang diketahui oleh publik saat ini, Rusia memiliki tiga rudal balistik kapal selam. Tiga rudal tersebut adalah Sineva, Layner dan Bulava.

Sineva memiliki jangkauan maksimum mencapai 8.300 kilometer. Teknologi rudal balistik kapal selam Layner memiliki jangkauan maksimum 12.000 kilometer dan Bulava adalah teknologi SLBM yang memiliki jangkauan target yang jauhnya mencapai 9.300 kilometer.

Baca juga: Kisah Tragis Pesawat Atlant, Raksasa Langit Soviet yang Pernah Ditakuti AS

Inggris

Sekutu Amerika Serikat ini, yakni Inggris, adalah salah satu negara anggota NATO yang juga memiliki kemampuan untuk membuat teknologi SLBM, yang dapat dibawa oleh beberapa kapal selamnya yang canggih.

Awalnya, Inggris menggunakan teknologi rudal Polaris dan Chevaline yang memiliki kemampuan mencapai target sejauh 4.600 kilometer.

Namun, dua teknologi SLBM tersebut kini sudah dinonaktifkan. Sekarang, mereka menggunakan rudal balistik kapal selam Trident II, sama dengan yang digunakan oleh Amerika Serikat.

Rudal tersebut memiliki jangkauan sejauh 12.000 kilometer. Teknologi rudal SLBM Trident II oleh Angkatan Laut Inggris dipasang di kapal selam kelas Vanguard.

Baca juga: Tank Tempur Pertama, Sejarah Teknologi Militer dalam Perang

Prancis

Salah satu negara Eropa yang juga memiliki kemampuan produksi teknologi SLBM adalah Prancis. Negara tersebut sejauh ini yang diketahui oleh publik memiliki dua jenis SLBM yakni M45 dan M51.

Teknologi rudal balistik kapal selam M45 dapat menjangkau target maksimal 6.000 kilometer. Sedangkan rudal balistik kapal selam M51 mampu menjangkau target maksimum sejauh 10.000 kilometer.

Bahkan, teknologi rudal M51 juga disebut-sebut dapat menjangkau target sejauh 11.000 kilometer.

Kapal selam yang digunakan untuk meluncurkan rudal SLBM M51 adalah kapal selam kelas Triomphant. Rencananya, kapal selam SNLE 3G juga akan dipasangi dengan rudal ini.

China

Perkembangan teknologi di negara-negara selain Eropa atau Amerika juga sudah bergeliat, khususnya China. China menjadi salah satu negara di Asia yang telah mampu memproduksi teknologi SLBMnya sendiri.

Kemampuan rudal balistik kapal selam China juga tidak main-main karena jarak target maksimum yang mampu dicapai adalah sekitar 11.900 kilometer.

China sejauh ini yang diketahui oleh publik, memiliki dua jenis teknologi rudal balistik kapal selam. Keduanya bernama JL-2 dan JL-3.

Teknologi rudal balistik kapal selam JL-2 diketahui mampu mencapai jarak maksimum sampai 8.000 kilometer sedangkan JL-3 mampu mencapai 11.900 kilometer. Namun rudal JL-3 saat ini diketahui baru dalam tahap uji coba.

Baca juga: Intip Drone Turki, Salah Satu Teknologi Senjata Langit Terbaik di Dunia

India

Negara Asia lainnya yang telah mampu memiliki produksi rudal balistik kapal selam adalah India. Negara di Asia Selatan ini dalam beberapa tahun terakhir memiliki hubungan yang tidak terlalu baik dengan China sehingga dalam hal militer, mereka berdua juga terus bersaing.

India, yang diketahui oleh publik, memiliki rudal SLBM yang dioperasikan adalah K-15/B-05 Sagarika atau yang biasa disebut Rudal Sagarika. Rudal ini memiliki kemampuan jarak jangkauan target mencapai 1.900 kilometer.

Beberapa rudal balistik lain masih dalam tahap pengembangan atau baru masuk dalam tahap proses produksi. Rudal SLBM yang masih dalam tahap pengembangan adalah rudal K-5 dan K-6.

Korea Utara

Negara di kawasan Asia Timur adalah salah satu kawasan yang terus berlomba dalam soal pencapaian teknologi militer. Korea Utara menjadi salah satu negara yang sudah sejak lama bersitegang dengan Amerika Serikat karena persoalan pengembangan senjata nuklirnya.

Korea Utara yang saat ini dipimpin oleh Kim Jong Un juga memiliki teknologi rudal balistik kapal selam. Rudal yang mereka operasikan adalah Pukguksong-1/KN-11. Rudal tersebut mampu menjangkau target maksimum sejauh 2.000 kilometer.

Namun Korea Utara juga dikabarkan telah mengembangkan rudal balistik kapal selam lainnya, dengan kemampuan jangkauan yang lebih jauh.

Rudal SLBM milik Korea Utara yang dikembangkan adalah Pukguksong-5. Rudal itu diperkirakan mampu menjangkau target lebih dari 3.000 kilometer.

Baca juga: 5 Tank Terbaik dan Tercanggih di Dunia

Korea Selatan

Seteru Korea Utara, yang juga sebenarnya adalah saudaranya, juga telah mampu membuat rudal balistik kapal selam. Korea Selatan menjadi negara kedelapan yang telah berhasil menguasai teknologi tersebut.

Uji coba rudal balistik kapal selam atau SLBM Korea Selatan diketahui mulai diuji coba pada pertengahan tahun 2021 ini. Rudal tersebut bernama Hyunmoo 4-4. Jarak jangkauan targetnya sekitar 500 kilometer. Rudal itu kabarnya meski tidak dimuati hulu ledak nuklir, tapi memiliki kemampuan yang sama dahsyatnya dengan rudal nuklir.

Inovasi rudal balistik kapal selam memang harus ditopang dengan kecanggihan teknologi kapal selam itu sendiri. Kisanak dapat menyimak kemampuan kapal selam terbesar di dunia dalam artikel Bukan Kaleng-kaleng, Ini 10 Kapal Selam Terbesar di Dunia


Posting Komentar untuk "8 Negara Pemilik Teknologi Rudal Balistik Kapal Selam"