Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mariner 10, Teknologi Antariksa Pertama Jelajahi Merkurius

Amerika Serikat (AS) meluncurkan pesawat antariksa Mariner 10 untuk mempelajari planet Merkurius. Itu adalah misi penjelajahan umat manusia pertama, khususnya di Merkurius. Mariner 10 terbang pada tahun 1973.

mariner 10 planet merkurius
Sumber: teknolemper.com/Kidung Pamungkas


Ambisi manusia untuk mempelajari kehidupan antariksa, bisa terbilang sangat agresif ketika era Perang Dingin. AS dengan Soviet saat itu terus berlomba untuk melakukan eksplorasi luar angkasa.

Para ilmuwan, baik dari AS maupun Soviet, beberapa kali telah mencatatkan sejarah sebagai yang pertama dalam beberapa terobosan antariksa. Termasuk untuk AS, adalah mengunjungi planet terdekat dengan matahari yang bernama Merkurius.

Planet Merkurius adalah planet yang masih sangat misterius. Bahkan sampai saat ini, hanya ada dua misi yang pernah mengunjungi planet tersebut. Misi pertama adalah Mariner 10, yang akan kita bahas khusus di kanal antariksa dalam artikel ini.

Pengiriman Mariner 10 ke Merkurius membuka cakrawala baru bagi para ilmuwan, ketika pesawat antariksa tersebut mampu mengambil ribuan gambar dan memetakan hampir separuh permukaan planet.

Mengenal Lebih Dekat Planet Merkurius

Planet Merkurius telah diketahui oleh astronom ribuan tahun sebelum masehi. Diketahui, sekitar abad ke-14 sebelum Masehi, astronom peradaban Asyur di dekat sungai Tigris telah mencatat planet Merkurius itu.

Sejak itu, sampai dua Perang Dunia terjadi pada era modern, hanya ada gambaran perkiraan mengenai planet tersebut.

Kemajuan yang didapat oleh para astronom dan ilmuwan dalam teknologi, membuat ambisi menuntaskan rasa penasaran mereka, apakah gambar perkiraan tentang Merkurius itu akurat.

Menurut NASA, Merkurius memiliki konsentrasi logam tinggi. Tapi komposisi inti logam itu apa dan bagaimana inti itu dapat disatukan selama awal pembentukan planet tersebut.

Karenanya, pada tahun 1973, NASA kemudian meluncurkan misi Mariner 10, yang memiliki tujuan untuk mengethaui dua planet sekaligus, yakni Venus dan Merkurius.

Baca juga: 5 Fakta tentang Satelit Pertama Amerika Explorer 1

Spesifikasi Mariner 10 untuk Misi Merkurius

wahana antariksa mariner 10
Sumber: Wikipedia.org

Wahana antariksa Mariner 10 adalah wahana serial misi eksploraasi luar angkasa. Beberapa wahana antariksa lain diluncurkan untuk misi seperti penjelajahan Mars dan Venus. Mariner 10 termasuk salah satunya.

Menurut NASA, wahana Mariner 10 memiliki bobot 502,9 kilogram. Wahana antariksa itu diluncurkan tepatnya pada 3 November 1973 dari Cape Canaveral, Florida, AS.

Wahana Mariner 10 membawa tujuh instrumen ilmiah yakni Dua Teleskop/Kamera, Radiometer Inframerah, Spektrometer Airglow Ultraviolet, Spektrometer Okultasi Ultraviolet, Magnetometer, Teleskop Partikel Bermuatan, dan Penganalisis Plasma.

Biaya proyek eksplorasi Mariner 10 menghabiskan dana sekitar 100 juta dolar saat itu.

Baca juga: NASA akan Kirim Dua Misi ke Venus

Mariner 10 Sampai di Venus Lalu ke Merkurius

Sejak penerbangannya dari Cape Canaveral, Mariner 10 terus melaju menuju tujuan pertama yakni planet Venus. Wahana antariksa itu sampai di orbit Venus pada tanggal 5 Februari 1974. 

Setelah melakukan pengamatan di planet Venus, Mariner 10 menggunakan gaya gravitasi planet tersebut untuk melanjutkan perjalanan mendekati tetangganya, yakni planet Merkurius. Mariner 10 sukses mendekati Merkurius untuk putara ketiga pada 16 Maret 1975.

Teknik menggunakan daya gravitasi planet lain untuk melanjutkan perjalanan wahana, baru pertama kali dibuar dan itu menggunakan Mariner 10. Aksi tersebut dilakukan bersandar pada teori yang dikeluarkan oleh ilmuwan Italia Giuseppe "Bepi" Colombo.

Dengan bahan bakar tinggal sedikit, Mariner 10 melakukan penerbangan melintasi Merkurius dan berhasil memotret permukaan planet tersebut, dan bahkan juga mendeteksi adanya medan magnet.

Baca juga: Al-Amal, Misi Pertama Mars dari Arab

Planet Merkurius Terlihat sebagai Planet yang Suram

planet merkurius, mariner 10, mariner
Permukaan Merkurius difoto oleh Mariner 10 (Sumber: Wikipedia.org)

Segera setelah Mariner 10 sukses mengorbit di Merkurius, wahana teknologi antariksa itu segera mengirimkan data berupa foto-foto permukaan planet tersebut.

Dari data gambar itu, terlihat Merkurius layaknya sebuah planet yang suram dengan kawah-kawah mirip dengan Bulan. Menurut Space, tapi teknologi Mariner 10 menemukan sebuah lereng curam, yang menurut para ilmuwan menunjukkan bahwa kerak planet mungkin telah menyusut pada suatu waktu selama sejarahnya.

Dalam laporan artikel dari badan antariksa Eropa (ESA), Mariner 10 juga menemukan medan magnet yang mirip dengan bumi. Sekitar 45 persen permukaan Merkurius juga mampu dipetakan atau diambil gambarnya oleh teknologi Mariner 10.

Pelacakan teknologi Mariner 10 juga menemukan fakta bahwa planet Merkurius memiliki lapisan atmosfer yang sangat tipis yang dikenal sebagai eksosfer.

Jika Kisanak ingin membaca lebih rinci mengenai lapisan eksosfer planet Merkurius, Kisanak dapat membacanya di artikel 12 Fakta Tentang Planet Merkurius.

Baca juga: Ukir Sejarah, Satelit Pertama Paraguay Masuki Orbit

Wahana Teknologi Antariksa Mariner 10 Sempat Mengitari Matahari

Dalam catatanNASA, wahana teknologi Mariner 10 meninggalkan Merkurius dan berputar mengelilingi matahari. Kemudian dia kembali lagi ke targetnya pada bula Mei dan Juli tahun 1974.

Pada 21 September, 1974, pada jarak sekitar 48.069 kilometer dari Merkurius, Mariner 10 merekam gambar wilayah kutub selatan planet. 

Lalu pada tanggal 16 Maret 1975, ini adalah upaya terakhir wahana teknologi antariksa Mariner 10 paling dekat dengan Merkurius, sehingga berjarak sekitar 327 kilometer saja. Setelah itu, kegagalan komunikasi terhadi pada 24 Maret dan wahana kehabisan bahan bakar.

Selama mengunjungi Merkurius, wahana teknologi antariksa Mariner 10 mengirim lebih dari 2.700 gambar. Setelah wahana teknologi antariksa Mariner 10, NASA kembali mengirim misi ke Merkurius dengan wahana MESSENGER pada tahun 2004.

Simak juga artikel menarik lain tentang antariksa yakni 5 Fakta Sputnik 2, Roket Pembawa Anjing ke Luar Angkasa


Posting Komentar untuk "Mariner 10, Teknologi Antariksa Pertama Jelajahi Merkurius"