Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renault Twizy, Mobil Listrik Mungil

Pabrikan Renault mengeluarkan produk mobil listrik bernama Twizy. Mobil listrik itu bentuknya mungil dan untuk dua penumpang. Renault Twizy sudah masuk pasaran Indonesia dan Kisanak sudah dapat memilikinya.

 

kendaraan listrik renault twizy
Sumber: teknolemper.com/Kidung Pamungkas

Renault adalah produsen kendaraan dari Prancis. Perusahaan itu berdiri sejak tahun 1899. Berbagai teknologi Renault telah menjadi dasar bagi perkembangan perusahaan-perusahaan kendaraan lain setelahnya.

Kini, ketika modernisasi telah membuat banyak negara menjadi maju, Renault harus bersaing dengan perusahaan produsen kendaraan lain khususnya dalam teknologi kendaraan listrik.

Di jenis kendaraan yang ramah lingkungan tersebut, Renault juga tak mau kalah dan terus menghadirkan inovasi yang ciamik. Salah satu produknya adalah Renault Twizy.

Renault Twizy adalah kendaraan mungil yang terlihat sangat imut. Tenaga yang jadi sumber tenaga kendaraan itu adalah murni listrik. Meski begitu, Renault Twizy kurang tepat disebut sebagai mobil tapi quadricycle.

Si Mungil Renault Twizy

Renault Twizy yang disebut quadricycle pada dasarnya adalah kendaraan antara mobil dan motor. Maksudnya, Twizy lebih kecil dari mobil tapi lebih besar dari motor.

Kendaraan berkapasitas dua penumpang seperti sepeda motor, tapi desainnya memiliki empat roda dan memiliki setir layaknya mobil pada umumnya.

Posisi duduk pengendara dan penumpangnya juga seperti sepeda motor, yang depan adalah pengendara dan penumpangnya berada di belakang. Meski seperti mobil, tapi penumpang tidak duduk bersebelahan.

Panjang kendaraan listrik Renault Twizy adalah 2,3 meter. Sedangkan lebarnya adalah 1,4 meter. Kendaraan listrik murni tersebut cocok untuk jalanan kota dan memiliki keuntungan dapat melewati jalanan yang sempit.

Baca juga: F-150 Lightning, Truk Listrik Pertama Ford

Renault Twizy Sudah Terlihat Sejak Tahun 2009

Di Indonesia, kendaraan listrik Renault Twizy mulai dijual sekitar tahun 2021. Namun sebenarnya, kendaraan listrik mungil tersebut telah diproduksi sejak tahun 2012 dan bahkan memulai debutnya dalam bentuk konsep sejak tahun 2009.

Kemunculan Renault Twizy pertama terlihat di pameran otomotif Frankfurt Motor Show. Perancang kendaraan listrik tersebut adalah Francoise Leboinne dan Luciano Bove.

Pada tahun 2011, secara resmi Renault kemudian mengumumkan akan memproduksi Twizy secara massal dan pelanggan dapat mulai melakukan pemesanan.

Rilis pertama Renault Twizy adalah di konsumen Prancis pada Maret 2012. Kemudian beberapa negara Eropa lainnya menyusul. Saat itu, Twizy dibanderol sekitar 7.000 euro atau sekitar Rp116 juta hingga 8.500 euro atau sekitar Rp141 juta. 

Baca juga: Mobil Terbang Aircar

Performa Renault Twizy

Secara umum, Renault Twizy memiliki model yang menarik dan futuristis. Model pintu kendaraan listrik itu adalah gunting, meski dalam keluaran awal, kendaraan itu tidak berpintu sehingga pengendara tetap mendengar keberisikan jalanan.

Dengan tubuh yang mungil itu, Renault Twizy dibekali dengan baterai 6,1 kWh. Dengan daya tersebut, jarak jangkauan maksimumnya sekitar 90-100 kilometer.

Jika Kisanak ingin memilikinya, maka sebelum mencapai jarak maksimum tersebut, ada baiknya Kisanak mengisi setrum baterainya. Perlu waktu tiga jam agar setrum baterai penuh.

Kecepatan Renault Twizy yang mungil mampu mencapai 80 kilometer per jam. Untuk anak-anak muda yang suka kebut-kebutan, mungkin ini tidak terlalu cocok. Tapi kalau untuk menjalankan aktifitas pekerjaan di kota, kendaraan listrik ini sangat memadai.

Dalam ulasan tim What Car, ketika dalam kecepatan "tinggi" kendaraan listrik Renault Twizy bisa dibilang kurang nyaman. Hal ini karena ukuran roda yang kecil dan jika melintasi lubang jalanan kota, itu sangat terasa. Berbeda dengan mobil yang sesungguhnya.

Keamanan Renault Twizy

Karena di Eropa Renault Twizy diklasifikasikan sebagai quadricycle, sepeda motor empat roda, maka sebenarnya secara hukum tidak memerluka perlengkapan keselamatan apa pun seperti layaknya mobil.

Tapi jelas bahwa Renault Twizy telah memberikan kelebihan bagi pelanggannya. Kendaraan listrik tersebut menawarkan peluang lebih baik ketika kecelakaan. Ada body yang kuat, sabuk pengaman bahkan juga aribag.

Baterainya yang berat dan dipasang di bagian bawah, membuat kendaraan listrik itu lebih stabil dan tidak akan terguling seperti yang mungkin Kisanak bayangkan.

Baca juga: Ioniq 5, Mobil Listrik Hyundai yang Siap Meluncur

Harga Renault Twizy

Pada tulisan awal sudah disinggung berapa harga kendaraan listrik dari Renault ini. Pada awalnya, harga Renault Twizy kisaran Rp150 juta. Tapi kini, harga kendaraan listrik mungil itu sudah naik.

Saat ini, di Eropa, khususnya di Inggris, harga Renault Twizy berada di kisaran 11.000 poundsterling atau Rp213 jutaan sampai 12.000 poundsterling atau Rp232 jutaan.

Di Indonesia, Kisanak bisa membeli Renault Twizy dengan harga Rp 408 juta. Jika Kisanak membeli kendaraan listrik tersebut lewat Tokopedia, Kisanak akan mendapatkan diskon Rp18 juta sehingga harganya Rp390 jutaan.

Jika Kisanak berpikir bahwa Renault Twizy seperti layaknya sepeda motor, maka ini adalah sepeda motor yang mahal. Tapi jika Kisanak berpikir bahwa Renault Twizy adalah sebuah mobil listrik murni, maka harga tersebut tergolong murah dibandingkan dengan mobil listrik lain yang ada di pasaran Indonesia.

Simak ulasan menarik lain tentang Mobil Listrik Hyundai, Spesifikasi dan Harganya

Posting Komentar untuk "Renault Twizy, Mobil Listrik Mungil"