Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Negara Terbesar Pemilik Tenaga Surya di 2021

Tenaga surya adalah salah satu sumber tenaga hijau. Tenaga surya adalah listrik yang dihasilkan dari sinar matahari. Banyak negara telah menggunakan tenaga surya untuk menggantikan energi kotor seperti batubara dan minyak bumi.

tenaga surya terbesar, tenaga surya, tenaga, surya, terbesar, negara
Unsplash.com/Nuno Marques

Tenaga surya adalah salah satu energi terbarukan yang terus dikembangkan oleh banyak negara. Tenaga surya didapatkan dari sinar matahari yang gratis, akan tetapi peralatannya masih terbilang cukup mahal.

Meski begitu, banyak negara saat ini telah memasang energi surya dalam kapasitas raksasa. Langkah itu dilakukan untuk menggantikan energi kotor yang dihasilkan oleh batubara dan minyak bumi. Energi kotor mengeluarkan lebih banyak karbon yang menyebabkan pemanasan global.

Pada tahun 2021 ini, meski dunia dicengkeram oleh wabah virus corona, banyak negara tetap mengalokasikan uangnya untuk memasang dan mengembangkan tenaga surya. Bahkan pabrik penyerap karbon juga berdiri di tahun 2021 ini.

Sejauh ini, sudah ada puluhan negara yang memanfaatkan teknologi tenaga surya tersebut. Berikut ini kami mendaftar 10 negara dengan tenaga surya terbesar di tahun 2021.

China

China adalah negara pemimpin yang saat ini tercatat memiliki energi surya terbesar di dunia. Kapasitas tenaga surya yang sudah terpasang di China, menyediakan listrik sebesar 254.355 megawaat.

Beberapa di antara tenaga surya yang dipasang di China, adalah teknologi PLTS terapung. Sel surya untuk menangkap panas matahari, dipasang di atas air di beberapa danau.

Sistem pembuatan dan pemasangan peralatan tenaga surya yang dipasang di atas air memiliki kelebihan karena sinar matahari tidak terhalang oleh pepohonan. Sinar matahari langsung menuju permukaan sel surya yang dipasang.

Beberapa tenaga surya China yang dipasang secara terapung, masuk dalam daftar PLTS terapung terbesar di dunia.

Amerika Serikat

Di belakang China, ada pesaing utama yakni Amerika Serikat. Selama puluhan tahun, Amerika Serikat telah menjadi pelopor dan pemimpin di berbagai teknologi. Tapi untuk pemasangan dan kapasitas tenaga surya, AS kalah dengan China.

Selama tahun 2021 ini, Amerika Serikat telah memasang sel surya untuk menghasilkan tenaga surya sebanyak 75.572 megawatt. Angka itu tidak ada separuhnya dari China. Meski begitu, Amerika Serikat terus mengebut untuk melakukan pembangunan tenaga surya.

AS memang kalah untuk tenaga surya jika dibandingkan dengan China. Tapi energi terbarukan Amerika Serikat sebagian besar difokuskan untuk tenaga angin atau PLTB.

Tenaga angin yang dibangun oleh AS mencapai 25,7 persen dari total energi terbarukan negara tersebut. Sedangkan tenaga surya hanya 10,7 persen dari total energi terbarukan AS.

Jepang

Negara Asia lainnya yang telah memasang energi surya terbesar adalah Jepang. Perlu diketahui Jepang mengimpor sebagian besar energi seperti minyak bumi dan batubara. Jepang tidak terlalu kaya akan sumber daya tersebut.

Karena itu, Jepang telah banyak mengembangkan energi alternatif seperti energi surya. Pada tahun 2021 ini, energi surya yang telah terpasang di Jepang menghasilkan listrik sebesar 67.000 megawatt.

Jerman

tenaga surya terbesar, tenaga surya, tenaga, surya, terbesar, negara
Unsplash.com/American Public Power Association

Posisi ke empat sebagai negara dengan tenaga surya terbesar di dunia diraih oleh Jerman. Jerman adalah negara dengan kekuatan ekonomi yang disebut paling mantap di Eropa. Kecerdasan orang Jerman soal mesin juga tak bisa direndahkan.

Jerman sampai tahun 2021 ini telah memasang sel surya yang menghasilkan listrik sebesar 53.783 megawatt. Jika dibandingkan dengan China, tenaga surya Jerman kalah jauh.

India

Di Indonesia, warganet sering melabeli India sebagai Vrindavan. Ini karena film kartun yang diimpor dari India dan ditayangkan di salah satu stasiun televisi Indonesia.

Tapi warganet Indonesia jarang menyadari bahwa negara Hindustan tersebut, adalah salah satu pemimpin dalam bidang industri energi terbarukan. India termasuk sebagai salah satu negara dengan energi surya terbesar di dunia.

Sampai tahun 2021 ini, sel surya yang telah dipasang di India mampu menghasilkan 39.211 megawatt, lebih dari separuh dari Amerika Serikat. Tapi India terus melakukan pengembangan pemasangan tenaga surya seperti PLTS terapung.

Beberapa PLTS terapung milik India bahkan masuk dalam daftar PLTS terapung terbesar di dunia.

Italia

Di Eropa, Italia berada di belakang Jerman dalam industri tenaga surya. Negara Italia sampai tahun 2021 ini, telah memasang sel surya yang menghasilkan tenaga surya sebanyak 21.600 megawatt. Angka ini hampir separuh dari yang dihasilkan oleh Jerman.

Di Eropa, Italia termasuk adalah negara terdepan dalam inovasi pemasangan sel surya untuk secara bertahap menggantikan energi kotor di negara tersebut.

Australia

tenaga surya terbesar, tenaga surya, tenaga, surya, terbesar, negara
Unsplash.com/Raphael Cruz

Selanjutnya ada negara Kanguru atau Australia. Negara tetangga Indonesia ini adalah salah satu negara penghasil batubara terbesar di dunia. Meski begitu, mereka juga memiliki beberapa proyek ambisius energi terbarukan seperti tenaga surya.

Australia sampai tahun 2021 ini telah memasang sel surya yang menghasilkan energi tenaga surya sebanyak 17.627 megawatt. Mereka juga masih memiliki beberapa proyek untuk dimulai atau dikembangkan untuk meningkatkannya.

Vietnam

Vietnam adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memiliki kapasitas sel surya terpasang terbesar. Vietnam juga masuk dalam daftar pemilik tenaga surya terbesar di dunia.

Sampai tahun 2021 ini, Vietnam telah memasang sel surya yang menghasilkan energi surya sebanyak 16.504 megawatt. Jumlah itu hanya sedikit dibawah Australia.

Industri Vietnam telah bergerak maju, bahkan di sektor digital, mereka terus melakukan berbagai pengembangan sehingga mampu bersaing dengan Indonesia, Malaysia dan Thailand.

Korea Selatan

Setelah Vietnam, ada Korea Selatan. Negara yang terkenal dengan budaya KPop ini sampai tahun 2021 telah memasang banyak sel surya yang menghasilkan energi tenaga surya sebanyak 14.575 megawatt. Meski begitu, Korea Selatan memiliki investasi besar untuk sektor energi terbarukan lain.

Sektor energi terbarukan yang dikembangkan oleh negara Korea Selatan adalah tenaga angin. Mereka sudah siap membangun salah satu pembangkit listrik tenaga angin terbesar di dunia, yang melibatkan beberapa perusahaan dalam negeri dengan biaya proyek yang fantastis.

Spanyol

Terakhir dalam urutan ke-10, negara yang memiliki tenaga surya terbesar di dunia adalah Spanyol. Negara ini, sampai tahun 2021, telah memasang banyak sel surya yang menghasilkan energi tenaga surya sebanyak 14.089 megawatt.

Angka tersebut sedikit berada di belakang Korea Selatan. Spanyol juga menjadi salah satu negara terdepan di Eropa yang memiliki terobosan untuk menghasilkan energi tenaga surya.

Itulah 10 daftar negara yang memiliki tenaga surya terbesar di tahun 2021. Pada tahun 2022, ketika ekonomi mulai membaik dan wabah virus corona semoga saja dapat selesai, kemungkinan akan lebih banyak lagi pembangkit listrik tenaga surya yang dibangun. Ini adalah sektor yang menguntungkan dan tidak menghasilkan karbon seperti pembangkit listrik minyak atau batubara.

Posting Komentar untuk "10 Negara Terbesar Pemilik Tenaga Surya di 2021"