Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nikola Tre, Truk Bertenaga Listrik

Selain mobil, kendaraan listrik juga sudah merambah di sepeda motor dan truk. Truk menjadi tantangan tersendiri karena kendaraan satu ini harus membawa beban yang banyak. Nikola, salah satu perusahaan rintisan, membuat truk dengan tenaga murni listrik. Truk itu bernama Nikola Tre.

truk, listrik, truk nikola, truk listrik, truk listrik nikola
Truk listrik Nikola Tre (Kidung Pamungkas)

Nikola adalah perusahaan Amerika Serikat (AS). Sejak tahun 2016, perusahaan rintisan tersebut telah menjanjikan akan menghadirkan kendaraan tanpa emisi. Salah satu produknya adalah truk yang bernama Nikola Tre.

Selain truk bertenaga listrik, Nikola juga berencana akan membuat truk berbahan bakar hidrogen. Hidrogen dan listrik telah digadang-gadang menjadi sumber tenaga kendaraan masa depan, yang menghasilkan nol emisi karbon.

Berikut ini adalah profil truk listrik Nikola yang bernama Nikola Tre. Model percontohan truk Nikola Tre telah muncul dan dikirimkan ke sebuah perusahaan di California.

Perusahaan Nikola

Nama perusahaan Nikola diambil sebagai penghormatan untuk intelektual Nikola Tesla. Pendirinya adalah Trevor Milton pada tahun 2014 di Utah, AS.

Milton memilih nama Nikola untuk perusahaan tersebut, karena pada dasarnya nama Tesla sudah digunakan oleh Elon Musk untuk perusahaan mobil listrik yang telah meraih banyak popularitas di seluruh dunia.

Nikola kemudian Go Public pada tahun 2020. Misi utama perusahaan tersebut adalah membuat kendaraan tanpa emisi untuk masa depan. Karena itu, semua produk yang dijanjikan adalah kendaraan nol emisi dengan sel bahan bakar hidrogen dan tenaga listrik.

Nikola Tre

truk, listrik, truk nikola, truk listrik, truk listrik nikola
Truk Nikola (nikolamotor.com)

Nikola Tre hanyalah salah satu konsep kendaraan semi-truk yang akan dibuat oleh Nikola. Perusahaan itu dirancang pada tahun 2018 dan rencananya akan menggunakan bahan bakar hidrogen.

Pada tahun 2019, perusahaan mengumumkan bahwa Nikola Tre juga akan dibuat versi tenaga listriknya. Bahkan kemudian mereka menjanjikan akan mulai mengirimkan truk listrik percontohan pada tahun 2021.

Spesifikasi Truk Nikola Tre

Nikola Tre bertenaga murni listrik memiliki kemampuan baterai 753,0 kWh. Total tenaga yang dihasilkan adalah 645 tenaga kuda. Dengan kemampuan tersebut, truk dapat melaju dengan kecepatan yang mencapai 75 mph atau sekitar 120 kmh.

Perusahaan mengatakan bahwa pengisian daya baterai listrik dapat dilakukan antara selama dua jam, dari mulai 10 ke 80 persen daya listrik. Pengisian bersumber dari listrik bertenaga 240 kW.

Jarak yang dapat ditempuh oleh truk listrik tersebut dengan baterai penuh daya sampai habis, sekitar 565 kilometer. Ini terbilang bahwa truk tersebut perkasa karena melakukan dapat melakukan perjalanan jarak jauh.

Nikola Tre lebih hemat

Menurut klaim perusahaan yang ditampilkan di laman web resminya, desain Nikola Tre terlihat sangat mulus dan futuristis.

Selain itu, daya baterai yang tinggi juga dapat membuat truk melakukan perjalanan jarak jauh, bersaing dengan Cybertruck yang dibuat oleh Tesla.

Dalam informasi resmi perusahaan, keunggulan baterai yang menghasilkan tenaga kuat, juga dapat memabwa beban yang ketika melakukan perjalanan jarak jauh, akan lebih hemat jika dibandingkan dengan truk diesel konvensional.

Dalam kemampuan menanjak, truk Nikola Tre disebut dapat melaju hingga kecepatan 36 mph atau sekitar 57,9 kmh.

Pengiriman pertama Nikola Tre

Seperti janjinya, truk Nikola Tre bertenaga murni listrik akan mulai dikirim pada tahun 2021. Janji itu terlaksana tepatnya pada tanggal 17 Desember 2021.

Pengiriman dilakukan kepada Total Transportation Service (TTSI) yang ada di pelabuhan California. Menurut Car and Driver, kemungkinan truk yang dikirim adalah dua, yang akan berjalan di California dan Long Beach.

Nikola memiliki perjanjian uji coba dengan TTSI di mana, perusahaan rintisan itu akan mengirimkan sebanyak 100 truk listrik digabung dengan truk bertenaga hidrogen (FCEV). Tapi sejauh ini, belum ada informasi kapan truk FCEV Nikola Tre akan dikirimkan.

Pada tahun 2022 mendatang, Nikola menjanjikan akan mengirim 30  Nikola Tre listrik dan pada tahun 2023 akan mengirimkan 70 Nikola Tre FCEV.

Selain dengan perusahaan TTSI, Nikola juga menjalin kerja sama dengan mitra Eropa, yakni otoritas pelabuhan Hamburg Jerman. Perjanjian yang dibuat, Nikola akan mengirimkan truk listrik itu sebanyak 25 buah pada tahun 2022 mendatang.

Sampai saat ini, belum ada rincian yang lebih jauh tentang truk listrik Nikola Tre. Bahkan spesifikasi panjang dan lebarnya juga masih dirahasiakan oleh perusahaan.

Tapi, truk Nikola Tre disebut memiliki GCWR (Gross Combined Weight Rating) seberat 82.000 pon. GCWR adalah angka yang ditetapkan pabrik untuk menarik beban trailer kontainer. 82.000 pon hampir setara dengan 37 ton.

Posting Komentar untuk "Nikola Tre, Truk Bertenaga Listrik"