Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Bandara Terbesar di Dunia, Lebih Luas Dibanding Singapura!

Bandara adalah salah satu gerbang utama penghubung antar negara atau wilayah. Karena itu bandara dapat dianggap etalase. Bandara dirancang dengan bagus dan dilengkapi fasilitas canggih. Beberapa bandara memiliki luas wilayah yang fantastis. Berikut ini ada sembilan bandara terbesar di dunia.

Ilustrasi (Unsplash.com/Anna Gru)


Sebagai sebuah pos terdepan transportasi, bandara memiliki peran vital. Memang ada banyak bandara perintis dengan fasilitas utama landasan pacu saja. Namun untuk bandara utama sebuah negara, mereka membangun tempat tersebut dengan keunggulan dan kecanggihan.

Bandara utama sebuah negara menjadi etalase yang memperlihatkan kondisi terbaiknya. Untuk negara yang maju dan memiliki kesibukan bisnis global, kapasitas bandara menjadi hal yang penting. Karena itu, beberapa bandara dibangun di atas luas wilayah yang besar.

Berikut ini adalah bandara-bandara terbesar di dunia, yang beberapa di antaranya bahkan memiliki luas ratusan kilometer persegi.

1. Bandara King Fahd International

Ilustrasi (Unsplash.com/Olivia Anne Snyder)

Bandara terbesar di dunia saat ini adalah King Fahd International. Letak bandara itu berada di dekat kota Dammam, Arab Saudi. Karena itu, bandara terbesar di dunia ini juga kadang disebut Bandara Internasional Dammam.

Total luas bandara King Fahd adalah 780 kilometer persegi. Untuk membandingkannya agar lebih mudah diperkirakan, luas bandara tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan negara Bahrain. Negara Bahrain memiliki luas 765,3 kilometer persegi.

Jika masih sulit untuk membayangkan betapa luasnya bandara King Fahd International, Kisanak bisa membayangkan luas negara Singapura. Penting Kisanak ketahui, luas wilayah negara Singapura yang kaya itu adalah 728,6 kilometer persegi. Jadi jelas, Bandara King Fahd bahkan lebih luas dibanding Bahrain dan Singapura.

Bagaimana dengan Jakarta? Luas Jakarta adalah 661,5 kilometer persegi. Jadi Bandara King Fahd jauh lebih luas jika dibandingkan dengan Jakarta!

2. Bandara Denver International

Ilustrasi (Unsplash.com/Skyler Smith)

Bandara terbesar kedua di dunia adalah bandara Denver. Bandara ini berada di Amerika Serikat. Luas bandara Denver adalah 135,7 kilometer persegi.

Bandara ini dibuka pada tahun 1995 lalu. Bandara mempekerjakan lebih dari 35.000 karyawan dan menjadikannya sebagai perusahaan terbesar di seluruh negara bagian Colorado, Amerika Serikat.

Lebih dari 23 maskapai penerbangan beroperasi dari Bandara Denver. Perusahaan maskapai penerbangan yang berbasis di bandara ini adalah Southwest Airlines.

3. Bandara Internasional Dallas/Fort Worth

Ilustrasi (Unsplash.com/Jeremy Bezanger)

Bandara terbesar ketiga masih di Amerika Serikat, yakni Bandara Internasional Dallas atau Fort Worth. Luas bandara ini adalah 69,8 kilometer persegi.

Luasnya bandara Dallas membuatnya memiliki layanan darurat dan kode pos tersendiri. Ini secara teknis bisa disebut sebagai kota itu sendiri.

Rute tersibuk internasional bandara Dallas adalah menuju Bandara Heathrow, di London, Inggris. Maskapai American Airlines menganggap Bandara Internasional Dallas sebagai rumahnya.

4. Washington Dulles International

Ilustrasi (Unsplash.com/ppeng)

Posisi keempat sebagai bandara terbesar di dunia adalah Bandara Washington Dulles International. Luasnya mencapai 52,6 kilometer persegi. Bandara ini diberi nama berdasarkan pejabat AS yakni George Washington dan John Foster Dulles.

Letak bandara Dulles berada di negara bagian Virginia, Amerika Serikat. Arsiteknya adalah Eero Saarinen. Ada lima landasan pacu di bandara Dulles, tapi yang satu masih dalam pengembangan. Tempat parkirnya di bandara ini mampu memuat sekitar 24.000 kendaraan.

5. Bandara Internasional Orlando

Ilustrasi (Unsplash.com/Pascal Meier)

Bandara ini salah satu bandara tersibuk di dunia. Rute tersibuk bandara ini menuju Bandara Heathrow di London, Inggris, sama seperti bandara Dallas. Bandara ini dibuka pada tahun 1981 lalu dan melayani ratusan tujuan ke seluruh dunia.

Luas Bandara Internasional Orlando adalah 51,0 kilometer persegi. Maskapai yang bermarkas di bandara ini adalah Silver Airways.

6. Bandara Internasional Beijing Daxing

Terminal bandara Beijing Daxing (Unsplash.com/Hao Wen)

Bandara Beijing Daxing  terbilang sebagai bandara yang masih baru. Bandara ini dibuka pada tahun 2019 lalu. Ada tiga maskapai utama yang menjadikan bandara ini sebagai pusat penerbangan utama yakni Air China, China Southern Airlines dan China Eastern Airlines.

Bandara Daxing mempunyai terminal terbesar di dunia dalam satu bangunan tunggal. Diperkirakan, terminal ini digunakan oleh sebagian besar dari 170 juta penumpang yang diproyeksikan akan mendatangi Beijing pada tahun 2025.

Bangunan tunggal terminal itu tampak seperti bintang laut raksasa jika dilihat dari langit. Ada empat landasan pacu di bandara ini.

7. George Bush Intercontinental

Ilustrasi (Unsplash.com/Bao Menglong)

Posisi ketujuh sebagai bandara terbesar di dunia ditempati oleh Bandara George Bush Intercontinental. Luas bandara tersebut mencapai 44,5 kilometer persegi. Awalnya bandara ini bernama Bandara Interkontinental Houston. Kemudian pada tahun 1997 diubah menjadi Bandara Houston George W Bush Intercontinental.

Bandara ini memiliki lima terminal penumpang dengan ratusan gerbang. Gerbang-gerbang ini juga terhubung dengan jalur kereta cepat yang bisa digunakan oleh puluhan juta penumpang setiap tahunnya.

8. Shanghai Pudong International Airport

Ilustrasi (Unsplash.com/Bao Menglong)

Bandara Sanghai Pudong adalah salah satu bandara utama hub Asia Timur. Bandara ini menjadi salah satu bandara terbesar yang menopang arus penumpang dari dan menuju ke China untuk berbagai kepentingan mereka.

Luas wilayah bandara Sanghai Pudong adalah 40 kilometer persegi. Letaknya sekitar 30 kilometer dari pusat kota Shanghai. Ada dua terminal di bandara Sanghai Pudong yang dapat menangani lebih dari 79 juta penumpang. Ada empat landasan pacu di bandara tersebut.

9. Cairo International Airport

Ilustrasi (Unsplash.com/Alex Duffy)

Luas bandara internasional Kairo adalah 37 kilometer persegi, yang menjadikannya sebagai bandara terbesar ke-9 di dunia. Bandara mulai dibuka pada tahun 1963 lalu, dengan pembangunan dan pengembangan yang dilakukan secara bertahap.

Mesir yang kaya akan warisan sejarah, telah menjadi salah satu negara tujuan utama para turis asing. Selain itu, bandara Mesir juga menjadi bandara penghubung untuk negara-negara di Afrika Utara dan lainnya.

Di Indonesia memang tidak ada bandara yang termasuk dalam daftar bandara terbesar di dunia. Tapi perlu diketahui, langit Indonesia adalah salah satu jalur langit tersibuk di dunia. Banyak sekali bandara kecil atau bandara perintis yang menghubungkan daerah-daerah terpencil dengan pesawat-pesawat kecil.

Posting Komentar untuk "9 Bandara Terbesar di Dunia, Lebih Luas Dibanding Singapura!"