Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Kereta Tercepat di Dunia

Ada beberapa kereta inovasi yang tercipta dan melaju sangat cepat, yaitu kereta maglev. Kereta jenis inilah yang saat ini mendominasi sebagai kereta tercepat di dunia. Meski begitu kereta lain dengan roda juga ada yang memiliki kecepatan super cepat.
kereta cepat, kereta tercepat, kereta, kereta tercepat di dunia
Ilustrasi (Unsplash.com/Daniel Abadia)


Penemuan lokomotif uap pada tahun 1802 telah membuat kereta api menjadi salah satu teknologi transportasi andalan. Selain cepat, teknologi kereta api juga dapat membawa banyak orang sekaligus barang.

Kereta api yang berjalan di atas rel jelas jauh lebih cepat dibandingkan dengan transportasi darat lainnya. Jalur khusus rel yang dibuat, berhasil membuat lokomotif dan gerbong melaju tanpa hambatan.

Semakin maju teknologi, lokomotif uap juga semakin inovatif. Sumber tenaganya tidak hanya dari batubara, tetapi juga dari listrik atau dari sumber tenaga lainnya. Kecepatan kereta api juga semakin fantastis.

Jepang adalah negara pertama yang disebut mengembangkan kereta super cepat. Penduduk negara ini banyak yang bergantung dengan sistem transportasi kereta, sehingga kebutuhan teknologi itu sangat dibutuhkan.

Pada tahun 1964, Jepang menciptakan kereta peluru atau Shinkansen. Kereta ini adalah kereta berkecepatan tinggi pertama yang bisa melaju lebih dari 200 kilometer per jam. 

Inovasi selanjutnya telah membuat kereta cepat lain tercipta dengan teknologi magnet levitasi atau maglev. Berikut ini daftar kereta super cepat yang dibuat oleh manusia.

1. Maglev Seri L0 (Jepang)

kereta cepat, kereta tercepat, kereta, kereta tercepat di dunia
Ilustrasi (Pexels.com/Justin Brinkhoff)

Seri L0 adadalah kereta yang dikembangkan Central Japan Railway Company. Kereta ini diresmikan pada November 2012. Kereta ini disebut sebagai kereta tercepat di dunia.

Ciri khas Seri L0 adalah hidungnya yang sangat panjang, sekitar 15 meter. Tujuan dibuat hidung kereta sangat panjang adalah untuk membantu mengurangi hambatan, meningkatkan kecepatan dan mengurangi konsumsi energi.

Itu menjadi salah satu faktor yang membuat kereta ini menjadi kereta tercepat di dunia.

Kecepatan kereta Seri L0 adalah 603 kilometer per jam. Kereta tercepat di dunia ini akan mulai beroperasi secara komersial di jalur Tokyo dan Osaka. Kecepatan operasionalnya adalah 505 kilometer per jam. Saat ini ada 14 maglev Seri L0 pra-produksi yang sedang dibangun.

2. CRRC Qingdao Sifang (China)

kereta cepat, kereta tercepat, kereta, kereta tercepat di dunia
Ilustrasi (Unsplash.com/Geng Zhang)

Kereta tercepat di dunia kedua di dunia adalah buatan CRRC SRI China. Kereta ini dapat beroperasi pada kecepatan tertinggi 600 kilometer per jam di Qingdao, Provinsi Shandong.

Kereta maglev akan menempuh jarak antara Shenzhen Cina Selatan ke Shanghai dalam waktu sekitar 2,5 jam saja. CRRC SRI juga mengembangkan sistem rem sendiri.

Menurut perusahaan, sistem kereta maglev Qingdao ini dapat bekerja dengan lancar dari -25°C hingga 45°C dan menghadirkan kemampuan beradaptasi lingkungan yang baik.

Kereta dapat disambung dengan dua hingga sepuluh gerbong. Masing-masing gerbong dapat menampung 100 penumpang.

Kereta cepat tersebut juga disebut akan menyertakan koneksi 5G untuk sistem Wi-Fi dan juga menyediakan opsi pengisian baterai nirkabel untuk penumpang.

China dikabarkan sedang melakukan uji coba kereta maglev dengan kecepatan hingga 1.000 kilometer per jam. Jalur kereta tersebut sedang dalam proyek pembangunan.

3. TGV POS (Prancis)

kereta cepat, kereta tercepat, kereta, kereta tercepat di dunia
Ilustrasi (Unsplash.com/Pascar Bernardon)

TGV adalah singkatan dari bahasa Prancis Train à Grande Vitesse atau Kereta Berkecepatan Tinggi. Kereta TGV dengan teknologi listrik dengan nama TGV POS nomor 4402 mampu melaju di atas rel dengan kecepatan 574,8 kilometer per jam. 

Sejak tahun 1980-an, TGV telah mengembangkan kereta cepat dengan kecepatan tinggi. Bahkan TGV sejak itu telah mendapatkan beberapa penghargaan sebagai kereta tercepat di dunia. Pada tahun 1990, kecepatan kereta TGV telah mencapai lebih dari 500 kilometer per jam.

4. CRH380A Hexie (China)

kereta cepat, kereta tercepat, kereta, kereta tercepat di dunia
Ilustrasi (Unsplash.com)

Kemajuan ekonomi China telah merembet ke penelitian teknologi yang semakin canggih. China memiliki beberapa kereta cepat, salah satunya adalah CRH380A Hexie.

Kereta cepat ini dikembangkan oleh China South Locomotive & Rolling Stock Corporation (CSR) dan dapat melaju sampai kecepatan tertinggi 486 kilometer per jam.

Secara reguler, kereta cepat CRH380A Hexie beroperasi di jalur kereta api kecepatan tinggi Shanghai-Nanjing. Selain itu kereta cepat ini juga beroperasi di jalur kereta api kecepatan dinggi Shanghai-Hangzhou mulai tahun 2010.

Mulai Desember 2010, kereta cepat CRH380A Hexie dioperasikan setiap hari di sepanjang jalur kereta api kecepatan tinggi Wuhan-Guangzhou.

5. Shanghai Maglev (China)

kereta cepat, kereta tercepat, kereta, kereta tercepat di dunia
Ilustrasi (Unsplash.com/Alexander Schimmeck)
Kereta cepat Shanghai Maglev memiliki jalur yang membentang antara Stasiun Longyang Road di Shanghai Subway Line 2, ke Bandara Internasional Pudong. Dengan jarak 30 kilometer, kereta ini memakan waktu tidak lebih dari 8 menit.

Kecepatan Shanghai Maglev mendapai 431 kilometer per jam dan pada tahun 2003 pernah terdaftar oleh Guinness Records sebagai kereta tercepat di dunia.

6. HEMU-430X (Korea Selatan)

kereta cepat, kereta tercepat, kereta, kereta tercepat di dunia
Ilustrasi (Unsplash.com/Winston Chen)

Di posisi ke enam adalah kereta cepat HEMU-430X yang dibuat oleh Korea Selatan. Kereta ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 422 kilometer per jam.

HEMU-430X adalah singkatan dari High-Speed ​​Electric Multiple Unit 430 km/h eXperimental. Kereta ini dibangun oleh Hyundai Rotem dan dioperasikan oleh Korail.

7. Fuxing Hao CR400AF (China)

kereta cepat, kereta tercepat, kereta, kereta tercepat di dunia
Ilustrasi (Unsplash.com/Decry Yae)

Posisi selanjutnya yang menempati kereta tercepat di dunia adalah Fuxing Hao CR400AF milik China. Kereta cepat ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 418 kilometer per jam.

Kereta ini dibuat perusahaan China CRRC bekerja sama dengan China Railway dan dioperasikan oleh China Railway. Secara resmi kereta cepat ini diperkenalkan pada tahun 2017 di jalur Beijing-Shanghai.

8. Frecciarossa 1000 (Italia)

kereta cepat, kereta tercepat, kereta, kereta tercepat di dunia
Ilustrasi (Pexels.com/Ingo Joseph)

Kereta tercepat di dunia selanjutnya adalah Frecciarossa 1000 yang dibuat oleh Italia. Kereta cepat ini memiliki kecepatan tertinggi mencapai 394 kilometer per jam.

Kereta cepat Frecciarossa 1000 mulai dibangun pada tahun 2013 dan secara resmi mulai beroperasi pada tahun 2015 dengan perusahaan yang mengoperasikan adalah Trenitalia.

Itulah delapan kereta tercepat di dunia. Sebagian besar kereta tercepat itu telah didominasi oleh China. China juga masih berambisi untuk membuat kereta cepat lain yang jauh lebih cepat dari pada saat ini. Bahkan kecepatan yang diinginkan mencapai 1.000 kilometer per jam.

Posting Komentar untuk "8 Kereta Tercepat di Dunia"