Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Fakta Mengejutkan tentang Jupiter, Planet Raksasa

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita. Dia bisa disebut sebagai planet raksasa. Diameter planet Jupiter adalah 139.822 kilometer.

planet, jupiter, terbesar, raksasa, planet jupiter, planet raksasa
(Unsplash.com/Planet Volumes)

Sebagai planet raksasa, Jupiter memiliki ukuran yang sangat-sangat besar. Jika dibandingkan dengan bumi, butuh setidaknya sekitar 317 bumi agar bisa menyamai massa Jupiter.

Selain itu, butuh setidaknya 11 bumi yang dijejer dari satu sisi ke sisi yang lain untuk menyamai besarnya planet raksasa ini.

Jupiter memiliki berbagai macam informasi yang menarik dan mengejutkan. Kisanak bisa menyimak artikel ini sampai habis untuk menemukan hal-hal mengejutkan dan menakjubkan dari planet raksasa Jupiter ini.

Jupiter adalah planet yang terang

Selain matahari sebagai sistem pusat tata surya, ada beberapa planet yang sangat terang yang dapat dilihat dari bumi. Planet tersebut adalah Venus dan Jupiter.

Tapi cahaya Jupiter masih lebih redup jika dibandingkan dengan Bulan atau dengan Venus jika dilihat dari bumi. Saking terang dan besarnya, Jupiter adalah salah satu dari lima planet yang terlihat dengan mata dari Bumi.

Jupiter memiliki 67 bulan yang mengorbit

Bumi memiliki satu bulan tetapi planet raksasa Jupiter memiliki setidaknya 67 bulan yang dikonfirmasi. Bulan-bulan tersebut dibagi dalam tiga kelompok.

Bagian dalam

Ini adalah bulan milik Jupiter yang mengorbit paling dekat dengan planet dan kadang-kadang bulan-bulan tersebut disebut Amalthea. Nama-nama bulan bagian dalam Jupiter adalah Metis, Adrastea, Amlathea dan Thebe.

Bulan Galilea

Setidaknya ada empat bulan Jupiter di kelompok ini. Mereka adalah Io, Europa, Ganymede dan Callisto. Ini adalah bulan Jupiter terbesar yang pernah ditemukan oleh Galileo Galilei pada tahun 1610.

Bagian luar

Selanjutnyaq adalah kelompok bulan-bulan Jupiter yang mengorbit di bagian luar dan jauh dari planet. Mereka biasanya jauh lebih kecil dan memiliki jalur orbit elips yang tidak teratur.

Jupiter memiliki cincin

Cincin milik planet raksasa Jupiter adalah cincin yang samar. Sebagian besar cicin tersebut terdiri dari partikel debu. Sistem cincin samar milik Jupiter mulai sekitar 92 ribu kilometer di atas awan planet dan mencapai lebih dari 225 ribu kilometer dari planet tersebut. 

Cincin samat itu memiliki ketebalan antara 2.000 hingga 12.500 kilometer.

Atmosfer Jupiter terdiri dari hidrogen dan helium

Para ilmuwan telah meneliti atmosfer yang ada di planet raksasa Jupiter. Menurut mereka, kandungan atmosfer Jupiter terdiri dari 90 persen hidrogen dan 10 persen helium. Selain itu, ada juga sejumlah kecil gas lainnya seperti amonia, metana dan air.

Jupiter sangat dingin

Fakta lain dari Jupiter adalah bahwa hari-hari di planet tersebut sangat pendek. Satu hari di Bumi sama dengan 24 jam sedangkan di Jupiter, satu hari adalah 9 jam, 55 menit dan 30 detik. Hal ini disebabkan rotasi Jupiter yang sangat cepat.

Satu tahun di Bumi yang dihitung sekitar 365 hari, di Jupiter satu tahun adalah 4.333 hari atau sekitar 12 tahun Bumi.

Jupiter juga merupakan planet yang sangat dingin. Suhu permukaan di planet raksasa itu diperkirakan sekitar minus 108 derajat Celcius.

Jupiter tidak memiliki musim

Ada dua planet di tata surya yang setidaknya memiliki musim yakni Bumi dan Mars. Tetapi di Jupiter, planet raksasa itu tidak memiliki musim.

Hal itu dikarenakan sumbunya hanya miring 3,13 derajat.

Jupiter juga disebut oleh para ilmuwan sebagai planet yang memiliki medan magnet sangat kuat. Bahkan kekuatan medan magnet tersebut 14 kali lebih kuat dari yang ditemukan di bumi.

Jupiter memiliki aurora

Jika di bumi ada Aurora borealis dan Aurora australis di kutub utara dan kutub selatan, Jupiter juga memiliki aurora di kutubnya. Ini ditemukan pada tahun 1979 lalu.

Aurora milik Jupiter sangat misterius. Aurora tersebut dapat memancarkan sinar-X. Fenomena itu terpecahkan pada tahun 2017 ketika satelit Juno melakukan pengawasan selama puluhan jam.

Satelit Juno kemudian mengetahu bahwa Aurora itu merupakan fluktuasi medan magnet Jupiter yang menyebabkan sinar-X berdenyut secara berkala.

Ada delapan pesawat ruang angkasa sampai di Jupiter

Eksplorasi luar angkasa telah membuat para ilmuwan penasaran dengan Jupiter. Akhirnya dikirimlah pesawat ruang angkasa menuju planet raksasa tersebut.

Setidaknya ada delapan pesawat, mereka adalah Pioneer 10 dan 11, Voyager 1 dan 2, Galileo, Cassini, Ulysses, dan New Horizons.

Itulah kehebatan planet raksasa Jupiter dengan fakta-fakta yang mengejutkannya.

Posting Komentar untuk "9 Fakta Mengejutkan tentang Jupiter, Planet Raksasa"