Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fakta Uranus, Planet Petualang Misterius

Planet Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari. Planet ini telah diamati dalam dunia modern sejak tahun 1700-an. Planet Uranus mememiliki nama lain sebagai Planet Petualang Misterius. Semisterius apa?

gambar planet uranus
Unsplash.com/Planet Volumes

Ada banyak misteri di sekitar kita, apalagi di seluru Bumi. Tapi masih lebih banyak lagi misteri yang ada di luar angkasa atau yang berada di antariksa.

Ilmuwan kuno telah melakukan pengamatan dan penilaian untuk membongkar banyak misteri dunia antariksa. Salah satunya adalah planet Uranus. Meski begitu, planet Uranus ini masih disebut memiliki banyak misteri.

Uranus juga merupakan planet yang berjuluk Sang Petualang Misterius. Tapi mengapa planet tersebut mendapatkan julukan seperti itu?

Kamu bisa mencari tahunya dengan membaca habis artikel menarik ini, yang dapat dibaca secara cepat dengan pemahaman yang cukup sederhana. Berikut ini 10 fakta tentang Uranus.

Uranus adalah planet terbesar ketiga

Dalam beberapa artikel sebelumnya, telah kami bahas tentang planet tebesar di tata surya yakni Jupiter dan terbesar kedua yaitu Saturnus.

Dan dalam artikel kali ini, kamu akan mendapatkan informasi tentang planet terbesar ketiga di tata surya. Itu adalah planet Uranus.

Uranus itu planet raksasa. Saking besarnya, meski ada 64 Bumi yang dimasukkan ke dalamnya, maka itu akan muat.

Diameter Uranus adalah empat kali diameter Bumi. Massa planet Uranus kira-kira 14,5 kali massa Bumi. 

Uranus awalnya dikira bintang dan bukan planet

Karena ukuran Uranus yang besar dan dapat dilihat dengan teleskop sederhana, awalnya planet ini dikira bintang. Butuh waktu selama beberapa dekade untuk menentukannya sebagai planet.

Awal sekali Uranus dimasukkan dalam klasifikasi bintang adalah oleh Hipparchos pada 128 SM. Lalu dimasukkan ke dalam kitab agung Almagest karya Ptolemy.

Beberapa ilmuwan di zaman modern terus melakukan pengamatan pada benda misterius di luar angkasa tersebut. Pada 1690, John Flamsteed mengamatinya enam kali. Lalu ada Charles Le Monnier yang mengamati Uranus sebanyak 14 kali antara 1750 hingga 1769.

William Herschel yang mengamatinya pada 13 Maret 1781 dengan teleskop kemudian memecahkan misteri tersebut. Dia menyimpulkannya sebagai planet dan karena temua itu, Herschel diberi hadiah oleh raha Inggris, George III.

Nama lain Uranus

Herschel yang menyimpulkan bahwa Uranus adalah planet pernah menamainya dengan sebutan Georgium Sidus untuk menghormati rajanya. Tapi keputusan itu tidak populer dan bahkan pernah dinamai menurut namanya sendiri, Herschel yang juga tidak populer.

Uniknya, Uranus pernah disebut sebagai Neptunus untuk menghotmari kemenangan Inggris selama Perang Revolusi Amerika.

Yang mengusulkan planet misterius itu dinamai Uranus adalah Johann Bode pada tahun 1782. Dia menyebutnya Uranus, versi Latin dari dewa langit Yunani, Ouranus.

Dukungan itu dikukuhkan oleh Martin Klaproth yang menamai unsur Uranium yang beru ditemukan. Pada 1850, Uranus menjadi nama planet yang universal.

Uranus tersusun atas besi yang dibungkus hidrogen

Di era modern, penelitian lebih lanjut tentang banda antariksa terus dilakukan. Ini tak terkecuali planet misterius Uranus.

Menurut para ilmuwan, struktur planet Uranus terdiri dari tiga lapisan utama. Pada lapisan inti, ada silikat atau besi dan nikel. Lapisan kedua ada lapisan es dan lapisan terluarnya adalah selubung gas hidrogen dan helium.

Lapisan es yang dimaksud di sini bukan dalam pemahaman es seperti biasa, tapi campuran cair yang panas dan padat yang terdiri dari air, amonia dan volatil lainnya.

Di Uranus diyakini, kerap terjadi hujan berlian akibat suhu dan tekanan ekstrem. Ini juga terjadi di planet lain seperti Jupiter dan Saturnus.

Saturnus punya 27 satelit

Untuk kamu yang penasaran dengan planet misterius ini, terutama dengan jumlah satelit atau bulan yang dimiliki, Uranus memiliki 27 satelit.

Sebagian besar nama-nama satelit itu diambil dari karya sastrawan Shakespeare dan Alexander Pope. Ada lima satelit utama yang menonjol: Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon.

Mengapa Uranus disebut planet petualang misterius?

Secara umum, semua planet di tata surta bergerak dengan berotasi secara horisontal sambil mengelilingi Matahari. Tapi Uranus berbeda dari yang lain.

Uranus berputas seperti gasing yang terguling-guling. Karena hal itu, Matahari kadang berada tepat di atas kepala kutub, tapi kadang juga tidak.

Setiap kutub planet Uranus memiliki musim dingin dan musim panas sekaligus yang berlangsung selama 21 tahun. Ini membuatnya menjadi tempat terpanas sekaligus terdingin di planet ini.

Gaya rotasi Uranus terhadap tidak horizontal tapi hampir tegak lurus dengan orbitnya dengan kemiringan 87,77 derajat. Ilmuwan memperkirakan ini dikarenakan tabrakan objek yang seukuran bumi dalam ratusan atau ribuan tahun yang lalu.

Ketidaknormalan yang misterius itu masih ditambah lagi. Uranus berotasi berlawanan dari kebanyakan planet lain yakni dari timur ke barat. Satu planet yang sama dengan rotasi Uranus adalah Venus.

Satu hari di Uranus adalh 17 jam di bumi. Sedangkan satu tahun di Uranus sama dengan 84 tahun di Bumi.

Uranus punya cincin seperti Saturnus

Dalam pengamatan dan penelitian para ilmuwan, Uranus memiliki cincin seperti Saturnus. Setidaknya ada 13 sistem cincin yang berbeda. Mereka diperkirakan terbentuk sekitar 600 juta tahun yang lalu.

Cicin sekitar Uranus tersebut unik karena tidak seterang milik Saturnus.

Ada sembilan sistem cincin yang awalnya ditemukan pada tahun 1978. Lalu pada 1986 kembali ditemukan dua sistem cincin di Uranus. Pada 2003-2005, ada dua sistem cincin tambahan.

Cincin Uranus terdiri dari es air dengan beberapa bahan organik yang diproses dengan radiasi gelap. Benda-benda yang membentuk cincin itu tidak tembus pandang dan terdiri dari benda dengan diameter sekitar 0,2 sampai 20 meter.

Uranus terlihat berwarna biru

Jika dimatai dengan teleskop dari Bumi, Uranus tampak terlihat berwarna biru. Kadang ada yang menyebutnya berwarna aquamarine seperti biru bening laut, ada juga yang mengatakan cyan atau biru muda kehijauan.

Hal yang membuat Uranus berwarna biru adalah kandungan hidrogen dan helium serta metana. Metana inilah yang menyebarkan cahaya biru. 

Menurut Sarah Kuta dari Smithsonian, kabut keputihan tebal yang terbentuk dari lapisan metana pada Uranus yang menjadi aktor penentu mengapa planet ini berwarna birus secara keseluruhan.

Uranus tidak dapat ditinggali

Meski memiliki lapisan es dan air yang tebal, tapi Uranus bukanlah planet yang bisa kamu tinggali. Lingkungan Uranus sangat tidak kondusif untuk kehidupan.

Suhu di Uranus yang ekstrem, tekanan yang juga ekstrem dan material penyusun pembentuk planet Uranus sama sekali tidak mendukung kehidupan.

Jika kamu pernah bermimpi hidup di planet lain, jangan pernah bermimpi hidup di planet Uranus karena menurut para ilmuwan, itu tidak mungkin.

Hanya satu pesawat antariksa yang pernah mengunjunginya

Jauhnya Uranus menimbulkan tantangan tersendiri bagi pengembangan teknologi pesawat antariksa untuk mengunjunginya. Sampai saat ini, hanya ada satu pesawat antariksa yang pernah mendekatinya yakni Voyager 2 milik NASA pada 1986.

Penelitian dan penyelidikan planet Uranus dilakukan selanjutnya dilakukan dengan cara berbeda seperti pengamatan menggunakan teleskop bumi atau teleskop yang mengorbit di luar angkasa.

NASA telah merekomendasikan untuk menjadikan Uranus sebagai salah satu proyek utama selanjutnya dalam survei luar angkasa. Peluang peluncuran yang menguntungkan adalah pada 2031 dan 2032.

Jika peluncuran dilakukan pada tahun itu menggunakan ketapel gravitasi Jupiter, maka bisa mempersingkat waktu perjalan ke Uranus menjadi 13 tahun. Ya, betul, 13 tahun. Itu tidak salah ketik. Itu adalah waktu tersingkat.

Posting Komentar untuk "10 Fakta Uranus, Planet Petualang Misterius"