Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Mobil Toyota yang Aneh dan Tidak Laku

Toyota adalah perusahaan teknologi pembuat mobil terkemuka. Bahkan Toyota telah menjadi salah satu produsen mobil terbesar di dunia. Tapi tidak semua mobil buatan Toyota laku di pasaran. Beberapa bahkan memiliki model yang aneh.

toyota aneh
Unsplash.com/Christina Telep

Inovasi semua produk teknologi adalah hal yang ditunggu oleh konsumen. Ini termasuk dalam inovasi teknologi dalam produksi kendaraan, beberapa di antaranya aneh dalam desain.

Inovasi tersebut bisa lewat mesin, fitur, atau desain. Tapi dari banyak mobil dengan inovasi yang baru, ada kalanya konsumen bahkan menganggapnya aneh sehingga tidak tertarik dan akhirnya tidak mau membelinya.

Inovasi teknologi seperti itu juga pernah beberapa kali melanda Toyota, pabrik mobil asal Jepang yang saat ini telah menjadi salah satu raja di industri otomotif dunia. 

Berikut ini adalah 11 mobil buatan Toyota dengan desain aneh dan beberapa di antaranya tidak laku di pasaran karena tidak menarik minat beli konsumen.

Mobil kupu-kupu Toyota Sera

toyota aneh

Pada tahun 1990-an, Toyota membuat mobil coupe bernama Sera. Mobil itu diproduksi dari tahun 1990 sampai 1995 untuk pasar dalam negeri. Ini termasuk mobil dengan desain yang benar-benar baru bagi orang Jepang.

Toyota Sera memiliki pintu gunting seperti sayap kupu-kupu. Setiap pintunya memiliki dua engsel yang terletak di kaki bawah dan diatap mobil. Desain ini terlihat futuristik pada masanya.

Toyota Sera tidak terlalu laku di pasaran dalam negeri. Ini juga akibat dampak lain yakni ekonomi Jepang yang terjun bebas pada tahun 1991. Sera pernah tampil di serial televisi Jepang Super Rescue Solbrain dan anime Patlabor. Ini salah satu desain mobil Toyota aneh tapi futuristik.

Raksasa Toyota Mega Cruiser

toyota aneh

Saat melihat pertama kali mobil Toyota Mega Cruiser, maka kita akan melihat mobil raksasa karena panjangnya 5 meter. Penampilannya mirip kendaraan yang digunakan oleh militer.

Dijual pada tahun 1996, desain Toyota Mega Cruiser adalah salah satu desain Toyota aneh. Mobil ini menggunakan tenaga penggerak 4X4 dan memang dimaksudkan untuk segmen militer.

Sekitar 3.000 unit Mega Cruiser dibangun Toyota untuk penggunaan militer di bawah model BXD10 untuk mengangkut pasukan infanteri. Toyota juga menjual Mega Cruiser untuk masyarakat umum di bawah model BXD20 dan hanya dijual di Jepang lewat Toyota Store. Ini Toyota aneh yang kedua.

Toyota Classic yang unik

toyota aneh

Pada tahun 1996, Toyota mengeluarkan mobil dengan desain lawas yakni Toyota Classic. Mobil itu dibuat untuk memperingati ulang tahun ke-60 mobil pertama mereka yakni Model AA. Ini merupakan Toyota aneh ketiga dalam daftar.

Model Toyota Classic adalah wagon dengan sasis Toyota Hilux, penggerak roda belakang, rem dan suspensi juga dari Toyota Hilux.

Ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa Toyota Classic adalah desain Toyota yang terbang ke masa lalu. Hanya ada 100 unit yang pernah dibuat untuk mobil ini.

Toyota Will Vi yang lucu

toyota aneh

Toyota pernah bekerja sama dengan Matsushita Electrical Industrial, sebuah perusahaan yang saat ini dikenal dengan nama Panasonic. Mereka berdua membuat mobil yang bernama Toyota Will Vi, Toyota aneh yang keempat.

Tujuan utama mobil ini dibuat untuk menarik segmen pasar anak-anak muda di usia 20 tahun hingga 30 tahun.

Mobil ini diluncurkan pada tahun 2000 tetapi tidak benar-benar dapat menarik perhatian para pemuda. Meski desainnya terlihat aneh dan lucu, tapi mobil Toyota Will Vi disebut memiliki tempat duduk yang nyaman.

Toyota Tundrasine, bersatunya truk dan limo

toyota aneh

Pada tahun 2015, Toyota mengeluarkan Tundrasine, sebuah kendaraan mewah yang terlihat penggabungan antara truk dengan limosin. Mobil Toyota satu ini memiliki desain unik dan menjadi mobil Toyota aneh kelima dalam daftar ini.

Toyota Tundrasine memiliki delapan pintu dengan bagian terbuka seperti truk di belakang. Bobot kendaraan dengan desain yang terlihat cukup aneh ini hampir empat ton.

Ide Toyota dalam membuat Tundrasine ini adalah menawarkan fleksibilitas dan kekuatan pickup dengan tambahan kemewahan dan kenyamanan limosin. Ini dibuat berdasarkan Toyota Tundra yang keren dan gagah.

Toyota Scion iQ yang kecil

toyota aneh

Salah satu desain unik dan lucu dari Toyota adalah Scion iQ. Mobil ini terbilang kecil dengan dua pintu kanan-kiri dan bergaya hatchback. Toyota menjual mobil ini dulu hampir seharga Toyota Corolla yang membuat produk ini kurang laku.

Scion iQ dibuat dengan dilengkapi fitur kemudahannya dalam parkir. Tapi ketika dibawa ke pasar AS, mobil ini mengalami kegagalan ketika orang-orang di negara itu lebih suka mobil besar dan perkasa. Ini membuat Scion iQ dianggap oleh calon konsumennya kurang aman.

Scion iQ adalah Toyota aneh keenam atau terakhir dalam daftar ini.

Scion iQ dibuat sebagai respon terhadap naiknya segmen mobil mikro yang pintar dengan sumber tenaga listrik. Tapi produk Toyota Scion iQ ini tidak dapat meraih kesuksesan.

Aston Martin kemudian juga memproduksi mobilnya berdasarkan Scion iQ, yang bernama Aston Martin Cygnet. Tapi nasibnya juga tidak lebih baik dari Scion iQ dan bahkan mencetak sejarah sebagai mobil produksi terpendek kedua dalam sejarah Aston Martin.


Posting Komentar untuk "6 Mobil Toyota yang Aneh dan Tidak Laku"