Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Teknologi Honda Menguasai Dunia

Honda menjadi salah satu teknologi produsen kendaraan dari Jepang yang menguasai dunia. Honda berjaya dalam menjual mobil dan sepeda motor. Teknologi kendaraan Honda teruji bahkan sebagai kendaraan sports.


teknologi honda
Unsplash.com/Tom Strecker

Dibandingkan dengan raksasa teknologi produsen kendaraan Jepang lainnya, seperti Toyota misalnya, Honda terbilang sebagai perusahaan muda. Perusahaan teknologi penghasil kendaraan ini didirikan pada tahun 1946.

Soichiro Honda adalah sosok luar biasa yang mendirikan perusahaan Honda. Kegagalan yang sering ia dapatkan, tak membuatnya patah semangat.

Dia terus bangkit untuk melakukan berbagai inovasi teknologi sehingga membuat Honda bisa berjaya sampai saat ini.

Berikut ini adalah kisah teknologi produsen kendaraan Honda, salah satu produsen mobil dan motor dari Jepang.

Inovasi ditolak oleh Toyota

Yup, Toyota adalah perusahaan mobil yang jauh lebih tua dari pada Honda. Toyota telah memiliki kiprah sebagai perusahaan besar ketika Honda belum lahir.

Kisah Soichiro Honda membangun perusahaannya bermula dari sebuah bengkel kecil. Dia mengembangkan konsep ring piston yang rencannya ide inovasi teknologi itu nanti akan dijual ke Toyota.

Kerja keras terus dilakukan, bahkan sampai tidur di bengkel. Upaya itu demi menghasilkan sebuah produk teknologi yang layak. Tapi ketika dia menyelesaikan ring piston dan membawa sampel ke Toyota, produknya ditolak.

Soichiro Honda kemudian kembali ke sekolah dan bahkan disebut diejek oleh beberapa insinyur dan mentertawakan ring piston rancangannya. Tapi Soichiro menolak untuk menyerah dan kembali merancang ulang inovasinya.

Toyota memakai inovasi teknologi Honda

Soichiro Honda kemudian terus belajar dan menyempurnakan teknologi ring piston rancangannya. Dia melakukan perjalanan ke beberapa tempat untuk belajar, mencari pekerja terampil untuk menghasilkan teknologi ring piston kualitas tinggi.

Pada 1941, Soichiro kembali lagi ke Toyota dan menawarkan ring piston baru yang telah ia sempurnakan. Toyota terkesan dengan produk teknologi tersebut dan akhirnya dibelinya.

Ring piston rancangannya itu dibuat perusahaan yang ia dirikan bernama Tokai Seiki. Perusahaan itu berdiri pada 1937. Toyota membeli 40 persen saham perusahaan dan Soichiro dapat membangun hubungan bisnis yang langgeng dengan perusahaan teknologi penghasil mobil Toyota.

Namun beberapa bencana merusak sebagian besar perusahaan itu. Bom era perang dan gempa bumi yang bersusulan, memaksa Soichiro Honda menjual sisa perusahaan kepada Toyota. Pada 1946, dia mendirikan Honda Technical Research Institute yang akan menjual sepeda dengan mesin motor yang terpasang.

Produk utuh pertama sepeda motor Honda

teknologi honda
Unsplash.com/Hiroshi Tsubono

Dengan beberapa inovasi teknologi dan menjalin kerja sama dengan mitra, pada tahun 1949, perusahaan Honda mampu merilis produk pertama yang utuh bernama Model D.

Ini merupakan sepeda motor lengkap pertama yang dibuat Honda, dengan suku cadang mereka sendiri. Permintaan untuk kendaraan dengan harga rendah ini meningkat dan terus meningkat.

Honda menjadi merek sepeda motor terbesar di Jepang. Produk sepeda motor Honda bahkan laris di pasaran luar negeri khususnya di Eropa dan Amerika Serikat (AS). Di AS, Honda mendirikan Honda Motor Inc yang berpusat di Los Angeles pada 1959.

Pada tahun 1964, Perusahaan Honda adalah produsen sepeda motor terbesar di dunia. Perusahaan ini kemudian juga berkembang untuk memproduksi mobil. Nantinya, Honda juga akan memasuki lini motor dan mobil sports dan akan menjadi salah satu raja!

Perusahaan mobil Honda

Honda mengembangkan produk dan merambah ke sektor teknologi kendaraan roda empat. Pada tahun 1963, perusahaan ini membuat produk pertamanya yakni truk mini bernama T360. Ini disebut sebagai truk yang lumayan tangguh.

Ambisi Honda masih belum berhenti. Dia memiliki impian untuk menjadi raja jalanan dengan mobil cepat. Produk yang dihasilkan adalah mobil sport S500 yang handal pada masanya.

Pada tahun 1965, Honda meraih prestasinya di dunia balapan dengan Richi Ginther berada di belakang kemudi.

Pada tahun 1986, Honda merambah ke segmen mobil mewah. Perusahaan merilis Acura yang kemudian sukses dan laris di pasaran. Pada 1991, Honda NSX Supercar lahir dan merupakan kendaraan pertama dengan mesin V6. Inovasi teknologi Honda tak terbendung.

Bersama dengan McLaren, Honda berduet dan memenangkan F1 di tahun 1980an. Beberapa produk inovasi Honda juga terus bermunculan, baik itu di sepeda motor atau mobil. Perusahaan berkembang mencapai seluruh dunia dengan berbagai teknologi inovatifnya.

Honda era teknologi tinggi

Unsplash.com/Possessed Photography

Memasuki tahun 2000-an, Honda telah melakukan berbagai inovasi teknologi tinggi. Mereka juga melakukan pembaharuan untuk memikirkan kendaraan yang ramah lingkungan.

Bahkan di era ini, Honda melahirkan robot yang sangat terkenal yakni ASIMO (Advanced Step in Innovative MObility). Ini merupakan teknologi Honda yang menjadi selebriti karena rancangannya berbentuk robot humanoid.

Kendaraan ramah lingkungan Honda lahir pada tahun 2006, FCX Clarity. Itu merupakan mobil baru pertama Honda tanpa emisi yang bertenaga hidrogen dan tersedia secara komersial.

Pada tahun 2015, Honda semakin tak terbendung. Perusahaan yang awalnya dimulai dengan menjual ring piston kepada Toyota itu, mendirikan Honda Jet yang memproduksi pesawat. Pesawat jet enam penumpang itu memiliki kecepatan 782 km/jam.

Dari mulai sepeda motor kecil yang berisik sampai mobil balap dan kemudian pesawat jet, Honda telah menjadi salah satu raksasa teknologi produsen kendaraan di dunia. Honda menjadi raja di segmen sepeda motor, mobil dan kini mencoba di dunia pesawat terbang.

Posting Komentar untuk "Kisah Teknologi Honda Menguasai Dunia"