Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Isuzu, Raja Teknologi Mobil Diesel

Sejarah Isuzu terbentang panjang ke belakang. Perusahaan yang terkenal dengan mobil diesel tersebut adalah salah satu perusahaan tua di Jepang. Banyak produk mobil diesel legendaris yang diciptakan.

teknologi mobil diesel isuzu
Unsplash.com/Ryno Marais


Jepang adalah negara teknologi. Salah satu produk andalan negara ini adalah teknologi produksi mobil. Dan salah satu perusahaan yang memproduksi teknologi mobil adalah Isuzu.

Mungkin kamu tidak terlalu memperhatikan bahwa banyak mobil Isuzu yang berjalan di jalanan Indonesia, beberapa di antaranya adalah mobil favorit. Salah satunya mobil diesel Isuzu Panther.

Mobil diesel Isuzu Panther pernah mengklaim sebagai rajanya mobil diesel di Indonesia. Dan sampai saat ini, masih banyak orang yang ingin memiliki atau membeli mobil tersebut.

Tapi bagaimana Isuzu bisa membuat mobil yang disenangi oleh banyak orang meski kompetisinya ketat? Berikut ini adalah sejarah perusahaan teknologi mobil Isuzu.

Sejarah berdirinya Isuzu

Dibandingkan dengan Honda atau Suzuki, Isuzu adalah perusahaan yang jelas lebih tua. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1916 dan berkantor pusat di Tokyo Jepang.

Jika mau membandingkan dengan perusahaan teknologi produsen mobil Toyota, Isuzu juga lebih tua karena Toyota berdiri pada tahun tahun 1937. Meski begitu, Toyota saat ini adalah salah satu produsen mobil terbesar di dunia.

Isuzu dibentuk dari Tokyo Ishikawajima Shipbuilding and Engineering Co., dan Tokyo Gas and Electric Industrial Co. Mereka kemudian mulai membuat mobil pada tahun 1922 yang diproduksi dalam negeri Jepang. Model pertama yang dibuat adalah Wolseley A-9.

Kemudian pada tahun 1934, model standar pemerintah Jepang dari produk perusahaan ini memiliki nama "Isuzu."

Nama tersebut terinspirasi dari sungai ISUZU yang ada di area kuil Ise. Inilah yang jadi cikal bakal nama perusahaan yang kemudian menjadi Isuzu Motors Limited pada tahun 1949.

Sejarah Mobil Isuzu Elf

teknologi mobil diesel isuzu elf
Wikipedia.org

Jepang mengalami kemerosotan ekonomi setelah kalah pada Perang Dunia II. Namun Jepang kemudian bangkit dan berbagai industri teknologinya bergerak secara signifikan. 

Salah satu perusahaan yang gencar untuk berkembang adalah Isuzu yang kemudian mengedepankan produksi mobil diesel. Ini terutama membuat berbagai model truk ringan, truk berat hingga minibus dan bus. 

Truk kelas ringan dari Isuzu adalah Elf. Truk ini diluncurkan pada tahun 1959 dan tahun berikutnya menggunakan mesin diesel. Ini merupakan truk ringan pertama di Jepang dengan teknologi tersebut.

Inovasi berkembang yang berasal dari Isuzu Elf ini, dengan beberapa model seperti Flat Low, Wide Cab dan bahkan memenuhi standar emisi Jepang yang paling modern.

Produksi Isuzu Elf pada tahun 2004 di Jepang mencapai empat juta mobil. Dan pada tahun 2006, Isuzu Elf terus mengembangkan teknologi inovasi untuk tambil sebagai truk standar global.

Inovasi teknologi Isuzu dalam membuat kendaraan berat terus berlanjut dan berkembang. Ini membuat perusahaan tersebut terkenal dengan mobil tahan banting dengan teknologi dieselnya.

Teknologi mobil penumpang Isuzu

teknologi mobil diesel isuzu
Wikipedia.org/Bellett GT-R

Teknologi mobil diesel Isuzu saat ini lebih terkenal dengan produksi kendaraan berat seperti truk. Tapi Isuzu juga memiliki portofolio mobil penumpang meski tidak banyak.

Gebrakan Isuzu untuk pasar mobil penumpang terjadi pada 1960-an. Perusahaan teknologi mobil diesel ini membuat mobil penumpang pertama bernama Bellett. 

Di tahun 1974, Bellett lebih dikenal sebagai Bellett Gemini. Ini terjadi ketika General Motors, perusahaan AS, masuk ke Jepang dan membuat perjanjian ekspor dengan Isuzu.

Bellett ini berkembang menjadi beberapa model dan ada Bellett GT-R langka yang diproduksi secara terbatas. Bahkan Bellett juga memiliki purwarupa untuk mobil balap.

Tidak berhenti di Bellett, Isuzu juga membuat mobil lain yang keren seperti sedan Florian dan Piazza.

Isuzu truk dan SUV yang tangguh

Isuzu mulai menggenjot produksi truk dan SUV, menjauh dari kendaraan biasa pada era pertengahan 1990-an. Ini termasuk dari tekanan General Motors.

Beberapa inovasi dari produksi mobil ini sebut saja Trooper dan Rodeo. Mobil-mobil tersebut memenuhi jalanan Amerika Serikat. Meski begitu, Isuzu kemudian menarik diri dari pasar kendaraan penumpang khususnya di AS pada 2009. Bisnis di AS yang masih tetap bertahan saat ini adalah truk yang masih bertahan.

Sejarah mobil penumpang Isuzu Panther di Indonesia

Isuzu Panther
Wikipedia.org

Di Indonesia, Isuzu berdiri menjadi perusahaan patungan bersama dengan Astra International. Banyak produk SUV dan truk yang diproduksi serta menjadi andalan untuk pelaku bisnis.

Di sektor teknologi mobil diesel penumpang, produk legendaris dari Isuzu adalah Panther. Generasi pertama Isuzu Panther diperkenalkan pada 1991. Pada tahun 1996, Panther generasi pertama dibenahi dan mengalami desain ulang.

Panther tidak hanya khusus jadi mobil penumpang tapi juga mobil truk pickup. Sampai saat ini, Panther jenis truk pickup generasi pertama masih dijual hingga 2021. 

Di tahun 2000, Isuzu Panther generasi kedua diperkenalkan. Desainnya didasarkan pada Isuzu MU. Pada 2001, Isuzu Panther Touring juga diperkenalkan sebagai varian SUV.

Sampai saat ini, para penggila mobil diesel di Indonesia hampir pasti memberikan rekomendasi merek Isuzu jika ingin memilih mobilnya. Isuzu Panther tetap menjadi salah satu mobil diesel favorit di Indonesia.

Posting Komentar untuk "Sejarah Isuzu, Raja Teknologi Mobil Diesel"