Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Toyota, Produsen Teknologi Mobil dari Jepang

Toyota telah menjadi salah satu produsen teknologi mobil terbesar di dunia. Toyota yang berasal dari Jepang itu, telah menjadi raja dan bahkan mengalahkan produsen teknologi mobil lain dari Amerika Serikat dan Eropa.
Toyota
Unsplash.com/Austin Park


Di Indonesia, mobil Toyota berseliweran di jalanan dari mulai jenis sedan hingga mobil sport. Di negara lain pun sama, banyak sekali mobil Toyota yang ada di jalan raya mereka.

Perusahaan teknologi mobil dari Jepang itu, selama puluhan tahun telah melakoni hidup menjadi produsen mobil yang luar biasa. 

Berikut ini adalah kisah Toyota, produsen teknologi mobil dari Jepang yang awalnya berasal dari perusahaan alat tenun. Perusahaan itu berkembang dan termasyhur di jagad bumi.

Teknologi mobil yang berasal dari teknologi alat tenun

Sebelum menjadi produsen mobil, teknologi yang dikembangkan Toyota adalah teknologi alat tenun. Alat tenun yang dibuat itu otomatis berdasarkan prinsip Jidoka, yakni akan berhenti sendiri saat ada masalah yang muncul.

Prinsip Teknologi tersebut kemudian digunakan untuk mengembangkan mobil Toyota oleh Sakichi Toyoda, sang pendirinya.

SebelumToyota, Sakichi Toyoda mendirikan Toyoda Automatic Loom Works. Ini merupakan cikal bakal perusahaan teknologi otomotif yang nantinya akan sangat terkenal.

Kiichiro Toyoda, sang putra pendiri, menambahkan desain mobil ke dalam daftar perusahaan tersebut. Kiichiro melakukan perjalanan ke Eropa dan AS untuk belajar tentang dunia teknologi mobil, meneliti mesin bertenaga bensin dan meningkatkan pengetahuan tentang cara kerja teknologi mobil yang ada.

Departemen Otomotif di perusahaan Toyoda kemudian didirikan pada tahun 1933, yang kemudian merancang dan membangun mobil Toyoda Model AA Sedan, AB Phaeton dan GA. Pada tahun 1937, Toyota Motor Company kemudian berdiri sendiri dan terpisah dari Toyoda.

Hampir bangkrut usai Perang Dunia II

Toyota yang masih muda, berhasil melakukan produksi mobil dengan hebat sekitar tahun 1947, dua tahun persis setelah Jepang menyerah dalam Perang Dunia II. Di tahun itu, teknologi Toyota telah membuat 100 ribu kendaraan.

Perusahaan pendukung lain kemudian berdiri seperti perusahaan baja, perusahaan teknologi manufaktur mobil listrik dan perusahaan karet.

Tapi periode setelah perang itu membuat Toyota tersandung masalah keuangan. Perusahaan mengurangi staf untuk tetap bertahan. Bahkan, Toyota pernah didera mogok massal, melakukah PHK dan menggaji staf lebih rendah.

Perusahaan Toyota dengan teknolgi produksi mobilnya, pernah hampir bangkrut saat militer AS memberi perintah agar perusahaan memberikan 5.000 kendaraan untuk digunakan dalam Perang Korea.

Beberapa strategi untuk tidak bangkrut dilakukan seperti membuat perusahaan penjualan secara terpisah. Ini membuat produk teknologi dari Toyota memiliki rantai penyalur, meningkatkan ekspor dan bahkan menjual mobilnya di AS.

Pada 1957, mobil Toyota Crown adalah mobil Jepang pertama yang tiba di AS dan itu menandai awal yang panjang dari kesuksesan para pembalap Amerika dengan menggunakan mobil buatan pabrik Jepang, Toyota.

Teknologi buatan Toyota berkembang dan memasuki Australia

Seiring berjalannya tahun, pada 1960-an, perusahaan Toyota terus berkembang. Mereka menjalin hubungan dengan Eropa dan berhasil menjual hasil teknologinya di sana. Di Australia, produk teknologi Toyota juga terjual laris.

Bahkan saat itu, Australia menjadi pasar ekspor terbesar Toyota.

Di tahun 1965, Toyota melahirkan mobil Sports 800, teknologi mobil sport yang diproduksi pertama kalinya oleh perusahaan itu. Di tahun 1960-an ini, Toyota juga membuat Corolla yang nanti akan jadi mobil penumpang terlaris sepanjang masa.

Pada tahun 1979, perusahaan Jepang yang berawal dari produsen alat tenun itu telah berhasil mengekspor 1 juta produk teknologi mobilnya ke seluruh dunia.

Ini menempatkan perusahaan menjadi salah satu yang terkemuka di dunia otomotif.

Toyota meraih kesuksesan di zaman modern

Beberapa model terbaru dari teknologi Toyota terus dibuat, salah satunya adalah Celica. Ini mobil pendahulu Supra yang penjualannya mencapai jutaan unit pada tahun 1975.

Produk itu berhasil membuat Toyota menggilas pesaingnya, terutama Volkswagen yang sebelumnya menjadi jawara.

Pada tahun 1980-an, Camry muncul dari Toyora dan membuat penjualan melonjak. Pada 1989, perusahaan Jepang ini membuat merek mewah yakni Lexus. Dua tahun setelah dibuat, AS menetapkan Lexus menjadi barang impor mewah teratas.

Kemajuan Toyota tidak melambat tetapi justru terus berjalan cepat. 

Pada tahun 1990-an, RAV4, Prius, dan Toyota Avalon mencapai penjualan lebih dari 3 juta unit per tahun di luar negeri. 10 tahun kemudian, Prius yang dihasilkan teknologi Toyota itu terjual lebih dari 1 juta unit dan Camry tetap jadi salah satu sedan populer yang tersedia.

Lexus GS dan IS juga sangat populer di kalangan kelas atas.

Teknologi Toyota terus melahirkan produk terbaru. Di awal tahun 2000-an, mereka melahirkan Yaris yang hemat bahan bakat. Ini membuat pemiliknya berpikir tentang tanggung jawab lingkungan.

Toyota Tacoma
Unsplash.com/Dusty Barnes

Pada 2010, FJ Cruiser, Tacoma dan Tundra memperluas produk teknologi Toyota. Mereka adalah jenis pick up menengah dan FJ jadi salah satu mobil off-road favorit.

Inovasi teknologi Toyota saat polusi meraja lela

Semakin bertambahnya tahun, bumi memiliki masalah perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global. Polusi dari teknologi transportasi turut menyumbang hal itu.

Toyota kemudian mengembangkan teknologi hibrida yang menggunakan bahan bakar hidrogen. Toyota juga membantu AS mendirikan sejumlah stasiun pengisian bahan bakar ramah lingkungan itu.

Mirai menjadi salah satu inovasi teknologi Toyota demi kendaraan dengan bahan bakar alternatif. Di Jepang sendiri, pesanan Mirai melebihi target awal.

Dalam teknologi bahan bakar hidrogen, Toyota telah menjadi salah satu yang terdepan sebagai pemimpin. Perusahaan ini juga terus mengembangkan teknologi lain yakni listrik dan campuran antara listrik dan bensin.

Toyota terus memiliki komitmen untuk menjadi salah satu inovator teknologi transportasi, yang sampai saat ini namanya menjulang bersama dengan produsen mobil lain dari Eropa dan AS.

Posting Komentar untuk "Kisah Toyota, Produsen Teknologi Mobil dari Jepang"