Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Harga, Spek dan Keunggulan Realme 9 Pro

Realme 9 Pro jadi perbincangan banyak kalangan. Ponsel Realme 9 Pro tersebut dikenal berharga murah tapi dengan kualitas jempol. Berikut ini ulasannya, lengkap dengan harga dan spesifikasi Realme 9 Pro.

realme 9 pro
Realme 9 Pro/ GSM Arena

Dengan banyaknya produsen ponsel saat ini, kamu mungkin akan bingung memilih mana yang pas atau bagus buat kamu gunakan.

Jika kamu mencari ponsel dengan harga tiga jutaan, ponsel Realme 9 Pro amat sangat patut untuk dipertimbangkan. Ini karena ponsel Realme 9 Pro memiliki banyak keunggulan dibanding pesaingnya.

Pada kesempatan kali ini, Teknolemper akan fokus membahas ponsel Realme 9 Pro yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan.

Nantinya, dalam artikel yang ditayangkan Teknolemper ini, akan dibeberkan spesifikasi, keunggulan atau kelebihan Realme 9 Pro, serta apakah harganya pantas untuk spesifikasi tersebut.

Desain Realme 9 Pro yang Kece

Realme 9 Pro adalah ponsel flagship atau ponsel unggulan dari produsen Realme. Realme 9 Pro dirilis pada April 2022 dengan dibekali teknologi jaringan yang mumpuni, yaknit LTE.

Berat ponsel Realme 9 Pro hanya sekitar 178 gram, cukup ringan. Layarnya tipe Super AMOLED yang istimewa dengan rate 120Hz dan kecerahan hingga 430 nits.

Resolusi layarnya 1080 x 2400 pixels dengan perbandingan rasio 20:9 ratio. Ini sangat nyaman untuk digenggam dan dilihat. Layar kian istimewa karena dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Bagian belakang Realme 9 Pro dipoles glossy yang berkilau dengan efek hologram yang menawan. Jika dilihat dari sudut tertentu, terlihat kerlip-kerlip memukau. Lensa kamera yang simetris membuat desain semakin terlihat keren.

Paling unik dari desain belakang Realme 9 Pro adalah bisa berubah warna sesuai dengan paparan sinar matahari. Ini bernama Light Shift yang dimiliki Realme 9 Pro varian warna Sunrise Blue.

Pengatur volumenya ditempatkan di sisi kiri bersana dengan dua slot kartu SIM hybrid. Sisi kanan ditempati tombol power yang mudah ditemukan oleh jemari.

Mikrofon sekunder ada di sisi atas Realme 9 Pro dan sisi bawah ada jack audio 3.5 mm, mikrofon, port USB C dan speaker tunggal.

Secara umum, body Realme cukup bagus meskipun materialnya terbuat dari bahan plastik polikarbonat.

Prosesor Unggul dengan Sistem Operasi Terbaru

Banyak pujian yang diberikan kepada ponsel Realme 9 Pro. Sistem operasi pada ponsel ini adalah Android 12 dengan dukungan Realme UI 3.0

Prosesornya dipercayakan pada Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm) yang memiliki banyak keistimewaan.

Prosesor Realme 9 Pro ini merupakan kategori kelas menengah. Dilengkapi dengan GPU Adreno 610, kinerja ponsel ini cukup baik. Ponsel Realme 9 Pro untuk kinerja sanggup bersaing dengan Realme 8 5G dan Samsung Galaxy A32 5G.

Dengan pilihan RAM 6GB dan 8GB, performa Realme 9 Pro sangat lancar jika hanya untuk penggunaan sehari-hari. Tapi ponsel ini juga memiliki kinerja bagus untuk bermain game.

Beberapa game yang lancar digunakan bermain dengan Realme 9 Pro adalah Asphalt 9 dan Garena Free Fire Max. Tapi, kadang tersendar saat memainkan Genshin Impact dengan meningkatkan grafis ke medium-high.

Game lain seperti Call of Duty juga dapat dimainkan dengan lancar di Realme 9 Pro tanpa ada overheating yang signifikan dan mengganggu kinerja. Pengaturan grafis standar, tetap membuat permainan dengan Realme 9 Pro lancar jaya.

realme 9 Pro tidak mengalami perubahan spesifikasi kamera jika dibandingkan dengan realme 8. realme hanya menghilangkan sensor kedalaman yang andilnya memang tidak signifikan.

Kamera Realme 9 Pro Cukup Baik Dikelasnya

Ada tiga kamera utama yang ada di belakang ponsel Realme 9 Pro. Tiga kamera tersebut adalah 64 MP, bukaan f/1.79 dan autofokus. Selanjutnya ada kamera ultra-wide 8 MP dengan aperture f/2.2. Terakhir ada kamera makro 2 MP, f/2.4, yang mampu mengunci fokus pada jarak 4 cm.

Kamera depan 16 MP dengan bukaan f/2.1, mampu merekam video hingga resolusi Full HD. 

Berbagai fitur ditanamkan di kamera Realme 9 Pro, seperti AI Night Mode, Pro Photo, Movide Mode (Pro Video), Portrait Mode dan Dual View Video. Hasil jepretan Realme 9 Pro cukup baik untuk kelasnya, terkhusus untuk kamera utama.

Realme 9 Pro dengan Baterai Besar

Ponsel unggulan untuk saat ini khusus di kelas menengah, bianya memasang baterai besar dengan daya 5.000 mAh. Ini juga yang dijejalkan oleh Realme 9 Pro di dalamnya.

Prosesor 6nm baru memainkan peran penting dalam penghematan baterai. Kamu dapat mengharapkan perangkat bertahan sekitar 2 hari dengan penggunaan rata-rata.

Tapi jika kamu adalah pengguna berat ponsel, Realme 9 Pro mungkin tidak akan bisa bertahan sepanjang hari. Apalagi jika dipaksa untuk bekerja keras bermain game secara kontinyu.

Pengisian daya hanya 30 menit dapat membuat Realme 9 Pro mendapatkan hingga 50 persen. Kamu dapat mengisi daya baterai sampai penuh dari 0 hingga 100 persen sekitar satu jam saja.

Ringkasan Spesifikasi dan Harga Realme 9 Pro

Ulasan Realme 9 Pro tersebut akan menjadi lebih lengkap jika kamu melihat ringkasan spesifikasi secara rinci di bawah ini.

  • Layar: 6,6 inci, resolusi 1080 x 2400 piksel, tipe Super AMOLED.
  • Prosesor dan OS: Snapdragon 695 5G dengan GPU Adreno 619 dan sistem operasi Android 12, Realme UI 3.0
  • Varian: Memori  6GB RAM + 128GB ROM dan 8GB RAM + 128GB ROM 
  • Kamera utama: Triple 64MP, f/1.8, 26mm (wide); 8MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide); 2MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera depan: Single camera 16MP, f/2.5, (wide)
  • Baterai: Fast charging 33W

Harga Realme 9 Pro ini dibanderol sekitar Rp3,6 jutaan hingga Rp3,7 jutaan.

  • 6GB/128GB: Rp 3.599.000
  • 8GB/128GB: Rp 3.799.000

Kesimpulan Realme 9 Pro

Secara umum, dengan penjelasan dan ulasan tersebut, Teknolemper menilai bahwa Realme 9 Pro sebagian besar adalah ponsel kelas menengah unggulan.

Memang ponsel ini tidak terlalu sempurna, tapi Realme 9 Pro memiliki banyak keunggulan tapi dengan banderol harga yang terjangkau untuk kualitas keren tersebut.

Posting Komentar untuk "Ini Harga, Spek dan Keunggulan Realme 9 Pro"