Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Mitsubishi, Tak Cuma Buat Mobil tapi Juga Roket

Mitsubishi lebih terkenal di Indonesia sebagai perusahaan teknologi pembuat kendaraan. Beberapa produknya sangat andal seperti L300, Pajero, Xpander, Lancer dan lainnya. Tapi Mitsubishi sebenarnya adalah multi perusahaan yang salah satunya membuat roket antariksa.

mitsubishi pajero
Unsplash.com/Sergio Gomez

Belum banyak orang yang tahu, lho, bahwa Mitsubishi adalah perusahaan teknologi pembuat mobil. Perusahaan Mitsubishi ini telah berkembang sejak lama dan menggarap berbagai sektor bisnis di berbagai bidang.

Di Indonesia, Mitsubishi terkenal sebagai merk mobil. Tapi sebenarnya perusahaan ini juga membuat roket antariksa dan bahkan pernah membuat pesawat tempur untuk Jepang.

Berikut ini adalah fakta kisah Mitsubishi, perusahaan raksasa mutli nasional yang awalnya berdiri di Jepang.

Pendiri Mitsubishi

Usia Mitshubishi itu sangat matang. Mitsubishi pertama kali berdiri pada tahun 1870. Pendirinya adalah Yataro Iwasaki.

Mitsubishi awalnya adalah perusahaan pelayaran dengan tiga kapal uap. Keluarga Iwasaki kemudian mengembangkan bisnis ini ke berbagai bidang dan meletakkan fondasi perusahaan grup Mitsubishi.

Beberapa pengembangan bisnis Mitsubishi termasuk pertambangan batu bara yang dibutuhkan untuk kapal. Lalu bisnis lain adalah membeli galangan kapal untuk digunakan memperbaiki kapalnya.

Lebih lanjut, Mitsubishi membuat pabrik besi untuk memasok galangan kapal. Dan tak cukup sampai di situ, Mitsubishi juga memulai bisnis asuransi laut untuk melayani pengiriman.

Berdasarkan penguasaan teknologi di bidang pembuat kapal, Mitsubishi berkembang ke bidang teknologi lain seperti pembuatan pesawat, peralatan dan kendaraan.

Jadi secara umum, Mitsubishi yang di Indonesia sering terkenal dengan produk mobil Pajero tersebut, adalah salah satu perusahaan utama yang memainkan peran sentral dalam perkembangan industri Jepang.

Tiga pembagian utama perusahaan Mitsubishi

Sebagai perusahaan yang tua dan perkembangannya yang hebat, Mitsubishi memiliki banyak cabang perusahaan yang bergerak di berbagai bidang.

Ada tiga bidang utama dari bisnis Mitsubishi, yakni perbankan, perdagangan dan teknologi industri berat.

Di perbankan, Mitsubishi mendirikan bak pada tahun 1919. Lalu perusahaan tersebut merger dengan Bank Tokyo pada tahun 1996 dan bergabung UFJ Holdings pada 2004. Kini Mitsubishi Bank adalah salah bank terbesar di Jepang.

Di perdagangan, ada Mitsubishi Corporation. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1950 dan menjadi salah satu perusahaan perdagangan umum terbesar di Jepang.

Selanjutnya ada Mitsubishi Heavy Industries atau perusahaan teknologi industri berat.

Perusahaan ini mencakup Mitsubishi Motors yang membuat mobil, Mitsubishi Atomic Industry sebagai perusahaan tenaga nuklir, Mitsubishi Chemical yang memproduksi bahan kimia dan Mitsubishi Power sebagai divisi sistem energi serta Nikon, perusahaan teknologi kamera dan optik.

Mitsubishi terlibat dalam Perang Dunia II

Sampai di sini, tentu kamu sudah tahu bagaimana raksasanya perusahan Mitsubishi ini.

Meski perdagangan mobil produk Mitsubishi di Indonesia kalah oleh Honda atau Toyota, tapi Mitsubishi adalah perusahaan raksasa yang tangguh.

Pada era Perang Dunia II, Mitsubishi yang menguasai banyak teknologi membuat pesawat militer bernama A6M Zero. Ini adalah pesawat tempur utama angkatan laut Jepang.

Sebagian besar pesawat ini digunakan oleh pilot dan untuk melakukan kamikaze atau serangan bunuh diri. Bahkan para pilot Jepang yang membawa pesawat Mitsubishi ini tercengah karena kemampuan manuvernya yang lihai.

Di era Perang Dunia II ini, Mitsubishi juga mengaku memanfaatkan tentara tawanan perang AS dan Sekutu untuk menjalankan kerja paksa membuat peralatan militer.

Tidak cuma dari AS, mereka juga menggunakan tawanan perang China dan Korea. Di China, bahkan Mitsubishi juga disebut terlibat dalam perdagangan opium, salah satu era kelam China.

Industri berat Mitsubishi

roket mitsubishi
Wikipedia.org/roket Mitsubishi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pada bagian ini kamu akan dibawa ke dalam perkembangan Mitsubishi yang bergerak dalam industri berat.

Di bidang ini, ada Mitsubishi Heavy Industries (MHI) yang memproduksi banyak teknologi hebat dan canggih.

MHI membuat roket peluncur antariksa yang digunakan oleh JAXA, badan antariksa Jepang. MHI juga membuat komponen otomotif dan mobil, lalu membuat pendingin udara dan elevator.

Belum cukup sampai di situ, MHI juga memproduksi truk forklift, peralatan hidrolik, mesin cetak, rudal bahkan tank.

Kalau kamu membaca lebih lanjut, pasti kamu nanti bakal tercengang. Ini karena MHI juga membuat sistem tenaga untuk kapal, membuat kapal, membuat pesawat terbang dan juga membuat kereta api.

Mitsubishi membuat roket antariksa, pesawat dan peralatan tempur

Pada tahun 1950-an, Mitsubishi memasuki bisnis sektor dirgantara. Perusahaan membuat NAMC YS-11, pesawat pertama Jepang setelah Perang Dunia II. Ini kemudian berkembang menjadi pesawat Mitsubishi MU-2.

Mitsubishi bidang MHI membuat jet tempur dan helikopter anti kapal selam untuk Angkatan Bela Diri Jepang. Perusahaan juga membuat mesin, rudal balistik serta torpedo.

Di bidang antariksa, MHI membuat roket peluncur bernama H-IIA dan H-IIB. Ini merupakan roket utama milik Jepang yang menyediakan layanan peluncuran antariksa untuk institusi dan perusahaan nasional di seluruh dunia.

MHI juga membuat komponen pesawat, membuat pesawat jet penumpang dan juga membuat mesin turbin kecil untuk melayani industri kecil.

Sejarah Mitsubishi di Indonesia

mitsubishi lancer
Unsplash.com/Matteo Balzanelli

Di Indoensia, Mitsubishi masuk dengan produk mobilnya. Mereka bekerja sama dengan Krama Yudha Tiga Berlian Motors pada tahun 1970.

Ada tiga produk utama yang dipasarkan di Indonesia dari mobil buatan Mitsubishi. Tiga produk itu adalah kendaraan komersial, kendaraan komersial ringan dan kendaraan penumpang.

Mitsubishi Fuso, Colt Diesel dan Tractor Head

Di bidang kendaraan komersial, Mitsubishi menjual produk truk kapasitan berat seperti Fuso dan Colt Diesel serta Tractor Head.

Colt Diesel telah menjadi pemimpin pasar sejak pertama kali dipasarkan pada 1976 sampai saat ini.

Mitsubishi L-300, T120 SS dan Triton

Lalu di sektor kendaraan komersial ringan, produk Mitshubishi adalah L-300, T120 SS dan Triton. Ketiga produk ini yang kerap dikenal sebagai pick up, merupakan kendaraan favorit para pelaku industri.

Khusus L-300, ada versi pick up dan penumpang. Versi pick up L-300 adalah salah satu pick up perkasa yang banyak menjadi idaman banyak orang.

Mitsubishi Pajero, Lancer dan Xpander

Untuk kendaraan penumpang, produk Mitsubishi Indonesia juga terkenal karena ketangguhan dan keawetannya. 

Sebut saja ada Pajero, Pajero Sport, Delica, Outlander Sport dan Mirage serta Lancer. Yang terbaru dan menjadi pujaan banyak orang, Mitsubishi membuat Xpander untuk menyaingi produk Toyota seperti Avanza dan Xenia. Pajero Sport telah menjadi raja di kelas Medium SUV.

Kalau kamu mau beli produk Mitsubishi yang mana? Yang roket peluncur antariksa atau yang truk Fuso yang perkasa, atau Mitsubishi Xpander yang banyak digandrungi generasi muda?

Posting Komentar untuk "Fakta Mitsubishi, Tak Cuma Buat Mobil tapi Juga Roket"