Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pilih HP Murah RAM Besar Serta Daftar Rekomendasi

Salah satu jenis HP yang diincar oleh konsumen adalah yang memiliki RAM besar. Namun biasanya, kalian para konsumen yang ingin memilikinya, harus bayar dengan biaya yang tak murah. Kami memiliki cara atau tips membeli HP murah RAM besar sekaligus daftar rekomendasinya.

(Unsplash.com/Oppo)

Jika saat ini kamu sedang ingin beli atau ganti HP, maka tulisan ini cocok sekali untukmu. Jika kamu ingin punya HP murah RAM besar, tulisan ini juga cocok untukmu.

Tulisan ini bukan sedang jualan produk. Dalam tulisan ini, kami akan memberikan cara memilih HP murah RAM besar yang masih bagus dan direkomendasikan.

Penting untuk kalian pahami. Salah satu bagian utama dari HP adalah RAM atau Random Acces Memory. Banyak sekali orang yang sering mempercakapkan tentang RAM, tapi tahukah Kisanak apa kemampuan utama bagian ini?

RAM pada HP adalah salah satu yang krusial. RAM menyimpan berbagai foto, video dan aplikasi yang memiliki kemampuan membaca dan menulis jauh lebih cepat.

Ini berbeda dengan sistem penyimpanan biasa, yang kemampuan membacanya jauh lebih lambat. Oleh sebab itu, RAM dengan ukuran besar juga memiliki dampak signifikan terhadap kecepatan akses HP kalian.

Apalagi untuk kamu-kamu yang gemar bermain game online, RAM yang besar dapat membuat kerja HP jadi optimal.

Cara atau Tips memilih HP murah RAM besar

Tentu saja Kisanak bisa memilih antara HP baru atau bekas. Tapi harus diperhatikan terlebih dulu, elemen penting dari HP yang akan Kisanak pilih.

Jika ingin memilih HP dengan RAM besar, maka risiko utamanya adalah HP tersebut harganya mahal. Kisanak harus pandai-pandai memilih, menyesuaikan dengan budget yang ada di dompet tapi tidak kecewa dengan kemampuan HP tersebut.

Cari tahu Chipset yang digunakan

Pilihan pertama yang perlu diketahui jika ingin beli HP murah RAM besar adalah chipset atau prosesor yang digunakan. Ini karena Chipset memiliki peran sebagai otak utama dari sebuah HP.

Komponen Chipset memiliki peran penting menentukan kecepatan dan performa HP. Ada dua pilihan Chipset yang saat ini disebut-sebut paling mumpuni dalam industri ponsel, yakni Snapdragon dan Mediatek.

Sebagai contoh begini, jika kamu menemukan HP kelas flagship dengan Chipset Snapdragon 865, maka itu tetaplah HP yang bertenaga. Atau jika kamu menemukan HP dengan Chipset Mediatek Helio G90T, juga berarti HP itu bisa dipaksa untuk beragam aktivitas ponsel.

Kapasitas RAM dan Memory Internal

Secara umum, RAM yang bisa diklasifikasikan memiliki kapasitas besar adalah 6GB, 8GB dan di atasnya. RAM 2GB, 3GB atau 4GB adalah RAM yang telah umum digunakan di HP dengan keperluan standar.

Pilihan ini penting karena kapasitas RAM memiliki fungsi mendukung kinerha HP agar lancar saat digunakan, misalnya untuk bermain game atau aplikasi lain yang berukuran besar. 

Selain itu, kapasitas memori internal juga wajib untuk diperhatikan. Ini karena berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai data dan aplikasi. Jika memori penuh, maka kinerja HP akan lemot.

Maka HP murah RAM besar yang bisa jadi rekomendasi setidaknya memiliki kapasitas di atas 6GB dengan memori internal yang besar, misalnya hingga 128GB.

Kapasitas Baterai

Semakin keras kerja HP dengan performanya yang tinggi, maka HP itu juga akan dengan rakus mengonsumsi daya setrum. Maka tips pilih HP murah RAM besar selanjutnya adalah perhatikan kapasitas baterai.

Saat ini HP yang diproduksi biasanya dibekali dengan baterai antara 3.000 mAh hingga 5.000 mAh. Rata-rata untuk mendukung HP RAM besar, kapasitas baterainya 5.000 mAh.

Dukungan penting lainnya adalah fitur fast charging. Ini membuat pengisian setrum menjadi lebih singkat meski kapasitas baterainya jumbo.

Tiga hal itu penting untuk diperhatikan bagi kamu yang menginginkan HP RAM besar. Jika kamu abai, bisa jadi nanti akhirnya kamu salah pilih produk dan kemudian kecewa.

Namun, HP dengan RAM besar seringkali harganya mahal. Kami merekomendasikan daftar HP murah RAM besar berikut ini.

Deretan daftar ini dimulai dari HP murah RAM besar 6GB hingga 8GB

HP Murah RAM Besar 6GB

Realme 8i

 

HP murah RAM besar Realme 8i
(GSM Arena)
 

Daftar pertama HP murah RAM besar adalah Realme 8i. HP ini pertama kali diumumkan pada 9 September 2021 dan dirilis pada 14 September di tahun yang sama. 

HP Realme 8i didukung dengan prosesor Mediatek Helio G96 dengan CPU Octa-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55).

Secara umum, HP ini memiliki pilihan ukuran RAM, yakni 4GB dan 6GB. Bagi kamu yang butuh RAM 6GB, memori internalnya adalah 128 GB.

Kami telah mencari tahu tentang harga HP Realme 8i ini di beberapa toko marketplace populer. Harganya adalah antara Rp1,7 jutaan hingga Rp2 jutaan.

Tentu saja dengan harga segitu, Realmi 8i menjadi salah satu HP murah RAM besar yang amat sangat terjangkau.

HP Reame 8i juga didukung tiga kamera utama dengan masing-masing 50 MP, 2 MP dan 2 MP. Selain itu, kamu tidak usah khawatir persoalan daya. Ini karena HP murah RAM besar Realme 8i memiliki daya 5.000 mAh dan fitur fast charging.

Realme 9i

hp murah ram besar realme 9i
(GSM Arena)

HP murah RAM besar selanjutnya adalah Realme 9i. HP ini unggul dengan kapasitas RAM 6GB dengan layar yang luas dan tampilan yang mengagumkan. Pertama kali rilis pada Januari 2022.

Bagi kalian para pecinta gaming dan pengguna lain dengan aktivitas yang tinggi, Realme 9i ini merupakan pilihan yang sangat direkomendasikan. Realme 9i memiliki pilihan referesh rate mencapai 90 Hz.

Chipset atau prosesor yang ditanamkan didalamnya adalah Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm). Ini merupakan salah satu Chipset yang unggul.

Harga Realme 9i sebagai HP murah RAM besar ini berkisar antara Rp2,5 jutaan hingga Rp3 jutaan.

HP dibekali dengan triple kamera utama, dengan salah satu 50 MP. Ini tidak kalah kualitas dengan HP lainnya. Dukungan lain adalah baterai kapasitas 5.000 mAh dan punya kemampuan pengisi daya cepat dengan teknologi 33W dart charge.

Oppo A53

hp murah ram besar oppo a53
(GSM Arena)

 

Daftar rekomendasi lain yang layak kamu pilih adalah HP Oppo A53. HP ini memiliki pilihan RAM 6GB yang didukung dengan penyimpanan internal 128GB. Ini pertama kali rilis pada Agustus 2020.

Dengan rilis di tahun itu, mungkin di antara kamu sudah agak kesulitan untuk mendapatkan HP murah RAM besar Oppo A53 ini dalam pilihan baru atau bungkus plastik. Tapi di beberapa marketplace, ada yang menawarkan harga antara Rp1,6 jutaan hingga Rp2 jutaan.

Oppo A53 didukung oleh prosesor Qualcom Snapdragon 460 yang keren. HP murah RAM besar satu ini juga didukung dengan baterai 5.000 mAh dengan fitur pengisian cepat 18W.

Sistem operasinya versi Android 10 dan menawarkan tiga kamera utama yang masing-masing memiliki resolusi 13 MP, 2 MP dan 2 MP. HP ini patut untuk jadi pilihan bagi kamu yang ingin RAM besar harga murah.

Oppo A76

hp murah ram besar oppo a76
(GSM Arena)

Oppo memiliki produk Oppo A76 yang dirilis pada Februari 2022. HP ini menggunakan teknologi jaringan LTE, berlayar tipe IPS LCD dengan resolusi 720 x 1612 pixels.

Prosesor untuk mendukung kinerja Oppo A76 adalah Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G dengan GPU Adreno 610.

HP Oppo A76 dengan RAM 6GB didukung memori internal 128GB dan baterai 5.000 mAh yang tidak perlu membuatmu khawatir akan kehabisan daya ketika memakainya.

Lalu berapa harga untuk mendapatkan HP murah RAM besar ini? Kalian cukup menyediakan dana antara Rp2,8 jutaan hingga Rp3 jutaan saja. Ini bisa menjadi HP RAM besar yang sangat direkomendasikan untuk dimiliki.

Infinix Note 11 NFC

hp murah ram be4sar infinix note 11
(GSM Arena)
 

Ini adalah HP yang masuk radar HP murah RAM besar yang sangat direkomendasikan. Infinix Note 11 NFC dirilis pertama kali pada Desember 2021.

Teknologi layarnya AMOLED dengan resolusi 1080 x 2400 pixels. Layarnya termasuk luas dan pengguna bisa dimanjakan dengan fasilitas ini. 

Prosesornya adalah MediaTek Helio G88 (12nm). Jika kamu pilih RAM 6GB, maka memori internal pendukungnya adalah 128GB.

Harganya di sekitar Rp2,4 jutaan. Bagi kalian yang memiliki budget mepet, HP Infinix Note 11 NFC ini masuk dalam rekomendasi.

 Dengan HP murah RAM besar, Infinix juga dibekali baterai 5.000 mAh dengan fitur fast charging 33W. Ini bisa jadi pilihan yang oke untuk kalian yang ingin HP murah RAM besar.

HP Murah RAM Besar 8GB

Realme 6 Pro

hp murah ram besar realme 6 pro
(GSM Arena)

 

HP murah RAM besar berikutnya adalah Realme 6 Pro. Ini memang bukan brand new karena rilis pertama pada Maret 2020. Meski begitu, HP ini masih menjadi rekomendasi andalan untuk kamu yang ingin HP murah RAM besar.

Realme 6 Pro memiliki jenis pilihan RAM 8GB dengan memori internal 128GB. Fitur NFC di dalamnya memberikan kemudahan melakukan transaksi sekali sentuh.

Teknologi jaringan HP ini LTE dengan bagian depan body adalah kaca yang dilindungi Gorilla Glass 5. Layarnya tipe IPS LCD dengan resolusi 1080 x 2400 pixels.

Prosesornya adalah Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm) yang didukung GPU Adreno 618. Ini termasuk chipset atau prosesor yang keren.

Harganya berkisar antara Rp2,8 jutaan hingga Rp3,2 jutaan. HP murah RAM besar satu ini juga dilengkapi dengan empat kamera utama, masing-masing memiliki resolusi 64 MP, 12 MP, 8 MP dan 2 MP. 

Sumber kehidupan Realme 6 Pro ini berasal dari baterai Li Po 4.300 mAh yang didung dengan fast charging 30W.

Poco M4 Pro

 

hp murah ram besar poco m4 pro
(GSM Arena)

Ini adalah rekomendasi HP murah RAM besar lainnya, yakni Poco M4 Pro. HP ini dirilis pada Maret 2022 dan ada jenis pilihan RAM 8GB dengan memori internal 256GB.

Prosesornya adalah MediaTek Helio G96 dengan teknologi jaringan LTE. Ini termasuk jenis HP dengan prosesor yang gahar.

Bagi kalian yang ingin bisa memiliki HP murah RAM besar ini, butuh setidaknya dana sekitar Rp3,2 jutaan. Terkadang, dengan beberapa promo di toko marketplace, harga bisa berkurang sedikit dari perkiraan.

Salah satu hal yang layak diunggulkan dari HP Poco M4 Pro RAM 8GB ini, selain karena ketangguhannya, juga dibekali layar AMOLED dengan resolusi yang luas, yakni 2400 x 1080 pixels.

Kamera utamanya ada tiga, dengan masing-masing memiliki resolusi 64 MP, 8 MP dan 2 MP. Baterai sebagai sumber kehidupannya tipe Li-Po 5.000 mAh yang didukung fitur fast charging.

Oppo A91

 

hp murah ram besar oppo a91
(GSM Arena)

Ini juga produk lama, tapi masih layak untuk dipertimbangkan. Oppo A91 pertama kali rilis pada Desember 2019 dengan teknologi jaringan LTE.

Oppo A91 memiliki pilihan dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB. Prosesornya Mediatek MT6771V Helio P70 yang didukung GPU Mali-G72 MP3.

Rentang kisaran harga untuk HP murah RAM besar satu ini adalah dari mulai Rp2 jutaan hingga Rp3 jutaan.

Pilihan istimewa dari HP ini adalah tipe layarnya AMOLED dengan resolusi 1080 x 2400 pixels dan dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

HP murah RAM besar ini juga memiliki empat kamera utama dengan masing-masing resolusi 48 MP, 8 MP, 2 MP dan 2 MP.

Baterai sumber daya kehidupannya adalah tipe Li-Po 4.025 mAh. Meski tidak seperti HP lain yang memiliki baterai 5.000 mAh, tapi kemampuan ini masih cukup lumayan.

Samsung Galaxy A32 5G

 

hp murah ram besar samsung galaxy a32
(GSM Arena)
 

Pilihan HP murah RAM besar selanjutnya adalah Samsung Galaxy A32 5G. Seperti namanya, HP ini telah didukung dengan teknologi 5G yang cepat. HP ini dirilis pertama kali pada Januari 2021.

Prosesor sebagai otak pendukung kinerjanya adalah MediaTek MT6853 Dimensity 720 yang didukung oleh GPU Mali-G57 MC3.

Samsung Galaxy A32 5G memiliki banyak pilihan, tapi untuk RAM 8GB didukung memori internal 128GB.

Di beberapa toko daring, Samsung Galaxy A32 5G ini dibanderol dengan kisaran harga antara Rp3,5 jutaan hingga Rp3,9 jutaan. HP ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang menginginkan HP murah RAM besar.

Meski agak terlihat mahal bagi yang memiliki budget tipis, tapi jelas tidak rugi. Ini karena HP memiliki empat kamera utama masing-masing resolusi 48 MP, 8 MP, 5 MP dan 2 MP. HP murah RAM besar ini juga disebut bandel.

Baterai pendukung sebagai sumber daya kehidupannya adalah tipe Li-Ion 5.000 mAh dengan fitur fast charging 15W.

Xiaomi Redmi Note 10S

hp murah ram besar xiaomi redmi note 10s
(GSM Arena)
 

Pilihan rekomendasi terakhir untuk HP murah RAM besar adalah Xiaomi Redmi Note 10S. HP ini pertama kali rilis pada Maret 2021 dan dibekali dengan jaringan teknologi LTE. Harganya berkisar Rp2,5 jutaan.

Keunggulan HP ini, selain karena memiliki pilihan RAM 8GB dan memori internal 128GB, Xiaomi Redmi Note 10S memiliki teknologi IPS53 yang tahan debu dan cipratan air.

Keunggulan lainnya adalah tipe layar AMOLED yang dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Prosesor sebagai otak kinerjanya adalah Mediatek Helio G95 (12 nm) yang yahud.

Ada empat kamera utama yang masing-masing memiliki resolusi 64 MP, 8 MP, 2 MP dan 2 MP. Kamera depan untuk ngeksis memiliki resolusi 13 MP dengan fitur HDR.

Baterai yang dibekalkan di Xiaomi Redmi Note 10S adalah tipe Li-Po 5.000 mAh dengan fitur fast charging 33W.

HP dengan RAM besar jelas memiliki keunggulan kinerja dibandingkan dengan HP RAM kecil. HP jenis RAM jumbo kebanyakan dibuat untuk segmen kelas menengah ke atas. Namun 10 deretan HP RAM besar dalam daftar ini masih sangat terjangkau dan sangat direkomendasikan.

Posting Komentar untuk "Cara Pilih HP Murah RAM Besar Serta Daftar Rekomendasi"